Ada Wabah COVID-19, Nasib Penjaga Ikonik Menara London di Ujung Tanduk
SerbaSerbi
Pandemi Virus Corona

Petugas penjaga kastil atau bangunan bersejarah di London, Yeomen Warders terancam diberhentikan karena adanya wabah COVID-19. Pasalnya, pendapatan negara tersebut telah menurun lebih dari 85% akibat lockdown.

WowKeren - Ketika berada di London, tentunya para wisatawan tak asing lagi dengan keberadaan para penjaga berseragam hitam-merah. Mereka adalah Yeomen Warders atau beefater yang biasanya bertugas menjaga kastil atau bangunan bersejarah di London.

Selain menjaga bangunan bersejarah, Yeomen Warders menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan saat berkunjung ke Menara London. Dilansir Lonely Planet, pandemi virus corona membuat para penjaga Menara London tersebut terancam diberhentikan.


Historic Royal Place, yayasan yang mengelola situs bersejarah Menara London, Istana Hampton Court, dan Banqueting House berencana untuk memberhentikan Yeomen Wraders atau penjaga ikoniknya tersebut. Hal ini dikarenakan mereka telah kehilangan pendapatnya lebih dari 85 persen akibat lockdown yang diberlakukan di London.

Ditutupnya beberapa tempat wisata di London, termasuk Menara London selama tiga bulan berdampak pada kurangnya pendapatan mereka. Kondisi itu makin dipersulit karena organisasi tersebut tidak memenuhi syarat pendanaan bisnis dari pemerintah Inggris, karena statusnya sebagai badan amal.

Sehingga mereka mengandalkan pendapatnya dari penjualan tiket, keanggotaan, acara, dan sponsor. Bahkan sebelumnya, karena keterbatasan dana, mereka juga terpaksa memotong gaji para karyawan akibat kurangnya pendapatan.

GMB London yang merupakan sebuah serikat umum dengan lebih dari 600 ribu anggota termasuk beberapa penjaga di Menara London, meminta pemerintah untuk turun tangan dan menyelamatkan pekerjaan ratusan karyawan.

"Sementara kami sangat memperhatikan potensi kerusakan yang lebih luas pada industri budaya kami, anggota kami di Historic Royal Palaces dan keluarga mereka adalah prioritas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan perhiasan dan batu bata ataupun martir yang berusia berabad-abad yang mereka jaga," kata Mick Ainsley, Regional Organizer GMB London, dalam sebuah pernyataan.

Sekedar informasi, Yeomen Warders telah menjaga Menara London dan Permata Mahkota sejak abad ke-15 serta tinggal di lokasi. Meski peran mereka saay ini sebagian besar hanya sebagai seremonial, tetapi mereka sebelumnya telah mengabdi untuk Angkatan Laut Inggris selama 22 tahun.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts