Legenda Bulu Tangkis Lin Dan Gantung Raket, Intip Harta Kekayaan dan   Gelarnya yang Fantastis
Instagram/lindan.world
Dunia

Lin Dan yang telah menjuarai Olimpiade sebanyak dua kali tersebut merasa sudah cukup berkarier selama dua dekade belakangan ini. Ia juga mengungkapkan alasannya gantung raket dalam sebuah pesan perpisahan.

WowKeren - Legenda bulu tangkis asal Tiongkok, Lin Dan, mengumumkan masa pensiunnya pada Sabtu (4/7) hari ini. Dalam pesan perpisahannya, Lin Dan mengungkapkan alasannya memutuskan untuk gantung raket.

"Saya telah mendedikasikan segalanya untuk olahraga yang saya cintai," tutur Lin Dan dilansir Reuters. "Keluarga, pelatih, rekan setim, serta para penggemar saya telah menemani saya dalam suka dan duka. Sekarang saya sudah 37 tahun dan kondisi fisik serta rasa sakit tidak memungkinkan saya untuk bertarung melawan rekan-rekan setim saya."


Lin Dan yang telah menjuarai Olimpiade sebanyak dua kali tersebut merasa sudah cukup berkarier selama dua dekade belakangan ini. "Sejak 2000 sampai 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit sebetulnya mengumumkan hal ini," lanjut Lin Dan.

Selama berkarier di Timnas Bulu Tangkis Tiongkok, Lin Dan telah mencetak sejumlah rekor yang mengagumkan. Ia merupakan pebulutangkis tunggal putra pertama dan satu-satunya yang berhasil menyelesaikan pencapaian gelar Grand Slam di usianya yang ke-28 tahun.

Saat berusia 28 tahun, Lin Dan telah sukses meraih dua medali emas Olimpiade, lima medali emas Kejuaraan Dunia, lima medali emas Asian Games, lima trofi Piala Sudirman, enam trofi Piala Thomas hingga empat medali Kejuaraan Asia. Ia tercatat sebagai pemain bulu tangkis tersukses di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, dengan menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mengoleksi lima medali emas dan dua medali perunggu.

Tak heran jika atlet dengan julukan Super Dan ini memiliki harta kekayaan yang menakjubkan. Melansir Sportseon, bayaran Lin Dan pada 2019 menembus USD 10 juta atau sekitar Rp 140 miliar (kurs Rp 14.000 data Februari 2019).

Lin Dan pun menjadi pebulutangkis dengan bayaran tertinggi kedua di dunia, hanya di bawah Lee Chong Wei dari Malaysia. Menurut networthleaks.com, kekayaan bersih Lin Dan mencapai sekitar USD 41 juta atau setara Rp 594 miliar.

Selain bermain bulu tangkis, Lin Dan juga mendapatkan uang dari sponsor yang meliputi beberapa merek terkenal. Di antaranya adalah Yonex, FedEx dan RedBull.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts