Kehadiran Nyamuk di Rumah Bikin Harimu Enggak Nyaman? Usir Saja dengan 8 Bahan Alami Ini
Pixabay
SerbaSerbi

Sebagian orang merasa tidak nyaman saat kawanan nyamuk bersarang di dalam rumah karena gigitannya dapat menyebabkan gatal dan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan delapan bahan alami berikut ini untuk menjauhkannya dari rumah.

WowKeren - Nyamuk merupakan salah satu serangga yang dibenci oleh banyak orang. Kehadirannya bisa sangat mengganggu seisi rumah, apalagi jika sudah menggigit. Selain merasa gatal dan kesakitan, kita berisiko menderita berbagai penyakit serius seperti malaria dan demam berdarah. Jika sudah demikian, nyawa yang menjadi taruhan.

Meski demikian, sebaiknya tak perlu risau berlebihan. Sebab ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir nyamuk. Salah satunya adalah menggunakan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan di dalam rumah. Pemakaian bahan alami sendiri cenderung lebih aman dan ramah bagi tubuh manusia, karena tidak mengandung racun dan meninggalkan residu.

Hal ini tentu berbeda dengan penggunaan obat nyamuk bakar yang bisa menyebabkan sesak nafas jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Nah, apa kamu penasaran bahan alami apa saja yang ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Ampas Kopi


Ampas Kopi

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk di rumah adalah ampas kopi. Aroma khas yang dimiliki oleh ampas kopi dipercaya sangat tidak disukai nyamuk. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa nyamuk betina tidak bertelur di permukaan air yang mengandung ampas kopi. Pasalnya ampas kopi dinilai tidak baik bagi perkembangan telur yang akan dilepaskan oleh nyamuk betina tersebut.

Cara penerapannya sangat mudah. Sebab kamu hanya perlu menuang ampas kopi di area yang rawan dan sering menjadi sarang nyamuk. Tapi ingat, tetap jaga kebersihan rumah dengan rutin membersihkan tempat bekas siraman ampas kopi tersebut ya.

2. Kulit Jeruk


Kulit Jeruk
Pixabay

Setelah memakan buah jeruk, sebaiknya jangan buang kulitnya begitu saja karena kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengusir nyamuk. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat mengurangi intensitas nyamuk untuk berkembang biak. Hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung senyawa lemonen yang dapat merusak zat pelindung sistem pernafasan serangga, termasuk nyamuk.

Caranya cukup mudah, yakni letakkan kulit jeruk yang masih segar di beberapa area yang disukai nyamuk, seperti di tempat tidur dan berbagai sudut ruangan. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan kulit jeruk sebagai pengusir nyamuk hanya bertahan selama 24 jam. Setelah itu kulit jeruk akan layu dan membusuk yang justru mengundang nyamuk untuk bersarang.

3. Kemangi


Kemangi
Pixabay

Kemangi yang biasa kita makan sebagai lalapan ternyata juga berfungsi untuk mengusir nyamuk karena senyawa alami yang dimilikinya. Kemangi mengandung zat geraniol yang bisa memunculkan bau menyengat yang tidak disukai nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk dengan kemangi, kamu bisa menggunakannya sebagai lulur. Pertama tumbuk beberapa lembar daun kemangi sampai halus lalu balurkan ke bagian tubuh yang biasa digigit nyamuk, seperti di tangan, kaki dan beberapa bagian terbuka lainnya. Selain sebagai lulur, kamu juga bisa meletakkan daun kemangi di berbagai tempat yang menjadi sarang nyamuk.

4. Bawang Putih


Bawang Putih
Pixabay

Bawang putih yang ada di dapur biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap berbagai masakan. Selain itu, bawang putih ternyata juga dapat digunakan sebagai pengusir alami nyamuk yang ada di rumah. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung nicotinic acid dan aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir nyamuk dengan bawang putih. Pertama, letakkan irisan bawang putih di berbagai tempat yang biasa didatangi nyamuk, terutama tempat gelap dan lembab. Cara kedua, masukkan air rebusan bawang putih ke dalam botol semprot. Setelah itu kamu bisa menyemprotkannya ke berbagai sudut rumah yang menjadi sarang nyamuk.

5. Serai


Serai
Pixabay

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk secara alami adalah serai. Di dalam daun serai terdapat sitronela dan atsiri yang menghasilkan aroma yang dibenci oleh nyamuk. Oleh karena itulah daun serai sering digunakan sebagai bahan utama dalam beberapa produk pengusir nyamuk.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir nyamuk menggunakan serai. Pertama bakar salah satu ujung daun serai dan letakkan di tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk. Kedua, langsung potong beberapa daun serai lalu sebar di berbagai sudut rumah yang gelap dan lembab. Cara ketiga, gunakan air rebusan daun serai untuk mengepel lantai secara menyeluruh. Usahakan untuk mengepel saat malam agar aromanya bertahan sampai malam ketika kita sedang beristirahat.

6. Kayu Manis


Kayu Manis
Pixabay

Bahan alami lainnya yang tak kalah ampuh dalam mengusir nyamuk adalah kayu manis. Bumbu dapur satu ini mengandung senyawa cinnamaldehyde yang sangat dibenci oleh nyamuk demam berdarah. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan jika kayu manis dapat membunuh telur-telur nyamuk dan mencegahnya berkembang biak.

Untuk mengusir nyamuk menggunakan kayu manis, caranya sangat mudah. Pertama, taburkan bubuk kayu manis ke berbagai sudut ruangan yang biasa dijadikan sarang nyamuk. Selain itu, kamu juga bisa menyemprotkan air rebusan kayu manis ke berbagai area yang kerap didatangi nyamuk di rumah.

7. Minyak Lemon


Minyak Lemon
Stylecraze

Minyak lemon merupakan bahan alami berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk menjauhkan nyamuk dari dalam rumah. Penelitian menunjukkan bahwa minyak lemon dapat mengusir nyamuk selama tiga jam pemakaian.

Cara mengusir nyamuk dengan minyak lemon sangatlah mudah. Pertama, tuangkan minyak lemon ke dalam botol semprot yang telah disterilkan. Setelah itu semprotkan pada kulit tubuh yang rawan digigit nyamuk, seperti lengan, kaki, leher dan lain sebagainya. Meski demikian, usahakan untuk tidak mengaplikasikan minyak lemon pada kulit anak di bawah usia tiga tahun ya.

8. Minyak Kayu Putih


Minyak Kayu Putih

Bahan alami terakhir yang WowKeren rekomendasikan untuk kalian adalah minyak kayu putih karena aromanya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu menyemprotkan minyak kayu putih ke berbagai sudut ruangan yang biasa didatangi nyamuk. Jika ingin lebih irit, kamu juga bisa mencampurnya dengan air sebelum menyemprotkannya ke seisi rumah.

Demikian delapan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk di rumah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengusir tikus. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi vagina yang gatal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait