Terapkan Sekarang Juga, Berikut 7 Tips Aman Berkendara Menggunakan Motor di Era New Normal
SerbaSerbi

Ada beberapa tips aman yang bisa Anda lakukan saat berkendara menggunakan motor di era new normal. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Sejumlah daerah di Indonesia secara perlahan memulai tatanan kenormalan baru atau yang biasa disebut dengan new normal. Di era ini, masyarakat diizinkan untuk beraktivitas seperti biasa namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19 agar terhindar dari virus Corona.

Karena itulah sebagian masyarakat mulai kembali pergi ke kantor, pasar tradisional maupun berbagai ruang publik lainnya. Mobilitas ini dapat dilakukan menggunakan moda transportasi umum maupun kendaraan pribadi.


Jika ingin mencari opsi yang lebih aman, menggunakan kendaraan pribadi seperti motor akan lebih baik daripada angkutan umum. Sebab dengan begitu, kita dapat mencegah interaksi dengan orang lain dan meminimalisir penularan virus Corona.

Nah, bagi Anda yang menggunakan motor setiap hari di era new normal, sebaiknya perhatikan artikel berikut ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips aman berkendara menggunakan motor di era new normal. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Pastikan Badan dalam Keadaan Sehat Sebelum Berkendara


Pastikan Badan dalam Keadaan Sehat Sebelum Berkendara

Sebelum memutuskan untuk berkendara ke luar rumah, pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat. Sebab jika Anda sedang sakit, sistem kekebalan tubuh akan menurun. Kondisi ini membuat Anda lebih rentan terserang berbagai macam penyakit dan virus, termasuk virus Corona.

Selain itu, usahakan juga untuk mengecek suhu tubuh Anda. Jika suhu tubuh menunjukkan angka 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tetap di rumah saja dan jangan berkendara keluar. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir penularan virus Corona dengan lebih baik.

2. Cek Kondisi Motor Sebelum Berangkat


Cek Kondisi Motor Sebelum Berangkat

Selain tubuh, kondisi motor juga harus diperhatikan sebelum digunakan berkendara di luar rumah. Terutama jika motor Anda sudah lama tidak digunakan selama Pandemi Corona. Cek kondisinya secara ringan, seperti apakah ada kebocoran oli atau tidak, perhatikan kondisi dan tekanan ban, sistem pengereman, kopling dan sebagainya.

Selain itu, pastikan juga kelengkapan surat-surat kendaraan Anda. Jangan lupa untuk meletakkan SIM dan STNK di dalam dompet dan pastikan masa berlakunya belum habis. Selain di dompet, Anda juga bisa menyimpannya di bagasi motor agar tetap aman saat dompet tertinggal di rumah.

3. Gunakan Masker dan Sarung Tangan


Gunakan Masker dan Sarung Tangan

Menggunakan masker adalah sesuatu yang wajib kita lakukan saat beraktivitas di luar rumah demi mencegah penularan virus Corona. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menggunakan masker setiap Anda berkendara ke luar rumah untuk melindungi diri dari droplet.

Selain masker, usahakan juga untuk menggunakan sarung tangan demi mencegah jari-jari dan telapak tangan Anda terkontaminasi virus. Dan jika Anda menginginkan perlindungan yang lebih baik, gunakan juga pakaian lengan panjang atau jaket untuk menghindari kontak kulit dengan orang lain yang mungkin tak sengaja terjadi saat berkendara.

4. Disiplin dalam Menjaga Jarak dengan Pengendara Lain


Disiplin dalam Menjaga Jarak dengan Pengendara Lain

Menjaga jarak dengan orang lain harus selalu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona, termasuk saat berkendara menggunakan motor. Jika terpaksa harus berboncengan, pastikan hanya dengan orang terdekat atau anggota keluarga yang tinggal serumah.

Selain itu, usahakan juga untuk menjaga jarak dengan pengendara yang lain minimal satu meter jika kondisi jalanan sedang sangat ramai. Selain itu, pastikan Anda menutup kaca helm dalam situasi ini untuk mencegah terkena droplet.

5. Jangan Bertukar Helm dengan Orang Lain


Jangan Bertukar Helm dengan Orang Lain

Di era new normal, kita diimbau untuk tidak saling meminjam barang dengan orang lain. Hal ini dikarenakan virus Corona dapat bertahan hidup di berbagai permukaan benda. Sehingga jika kita sering bertukar barang dengan orang lain, risiko penularan virus ini akan semakin besar.

Oleh sebab itu usahakan untuk tidak bertukar atau saling meminjam helm dengan orang lain, bahkan dengan orang terdekat sekalipun. Namun jika memang Anda harus saling meminjam helm, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan setelah memegangnya. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan helm Anda agar selalu terhindar dari kuman, virus maupun bakteri.

6. Terapkan Safety Riding


Terapkan Safety Riding

Tips berikutnya yang tak kalah penting diperhatikan adalah menerapkan safety riding untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Dengan menerapkan hal ini, kita dapat menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain. Hal ini berarti kita harus mengendarai motor dengan aman dan nyaman, baik untuk diri sendiri untuk orang lain.

Di antara poin-poin safety riding yang harus Anda perhatikan adalah memenuhi kelengkapan kendaraan bermotor dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan juga untuk menggunakan berbagai perlengkapan yang safety, seperti sarung tangan, jaket, helm, sepatu dan sebagainya. Terakhir, Anda juga harus selalu memahami dan mematuhi peraturan lalu lintas agar tidak sampai melakukan pelanggaran.

7. Hindari Berkendara di Kawasan Zona Merah


Hindari Berkendara di Kawasan Zona Merah

Saat berkendara ke tempat tujuan, usahakan untuk tidak melintasi wilayah yang menjadi pusat pandemi atau ditetapkan sebagai zona merah. Agar lebih aman, sebaiknya cari jalur alternatif lainnya yang minim kasus positif COVID-19. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir penularan virus Corona saat berkendara.

Demikian tujuh tips aman berkendara menggunakan motor di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menggunakan transportasi umum agar terhindar dari penularan virus Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman kembali bekerja di era new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru