Bakal Segera Buka Serentak, Ini 8 Tips Nonton Bioskop Aman Saat Era New Normal
SerbaSerbi

Diumumkan bahwa jaringan bioskop di seluruh Indonesia serentak akan beroperasi kembali mulai 29 Juli 2020. Meski sudah menerapkan beberapa protokol kesehatan, hal ini akan sia-sia jika pengunjung tak ikut menjaga kebersihan dan kesehatan.

WowKeren - Pasca new normal diterapkan di Indonesia di tengah pandemi COVID-19 ini, beberapa sektor ekonomi mulai di buka kembali. Bioskop dan karaoke menjadi salah satu sektor yang akan kembali dibuka namun tetap menerapkan panduan kesehatan agar virus tak makin menyebar.

Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) mengumumkan bahwa jaringan bioskop di seluruh Indonesia serentak akan beroperasi kembali mulai 29 Juli 2020. Pengusaha bioskop membutuhkan waktu 2-3 minggu untuk menyiapkan penerapan protokol kesehatan di dalam bioskop di masa new normal ini.

Namun meski sudah menerapkan beberapa protokol kesehatan, hal ini akan sia-sia jika pengunjung tak ikut menjaga kebersihan dan kesehatan mereka. Oleh karena itu, berikut tim WowKeren rangkum 8 tips aman menonton bioskop di era new normal saat pandemi. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Gunakan Pembayaran Digital


Gunakan Pembayaran Digital
Pixabay

Untuk meminimalisir kontak, pihak bioskop menetapkan peraturan untuk hanya akan menerima pembayaran digital. Proses transaksi akan diarahkan menggunakan digital payment atau e-Wallet saja. Peraturan tersebut diterapkan untuk mencegah sentuhan fisik antar-pengunjung dan karyawan.

Selain itu, ada baiknya juga jika kalian membeli tiket dari rumah. Kalian dapat menggunakan aplikasi untuk memesan tiket film bioskop dan tentu saja pembayarannya dengan uang digital. Dengan begitu, dapat meminimalisir antrean maupun transaksi berhadapan dengan petugas.

2. Tetap Gunakan Masker Dengan Benar


Tetap Gunakan Masker Dengan Benar
Pixabay

Hal yang enggak boleh dilupakan adalah masker. Pastikan kalian selalu menggunakan masker selama di bioskop. Cara ini efektif untuk meminimalisir penyebaran virus yang diakibatkan oleh droplet. Hindari membuka masker selama di dalam studio.

Kalian dapat sesekali membukaya saat ingin makan atau minum namun usahakan sebelum kalian masuk ke studio. Pastikan juga masker yang kalian gunakan benar yakni menutupi hidung dan mulut secara keseluruhan ya.

3. Jangan Berbicara Saat Menonton


Jangan Berbicara Saat Menonton

Saat sudah masuk ke studio, pastikan kalian tenang dan hanya fokus pada film saja. Jangan berbicara atau mengajak bicara orang di sekitar kalian. Hitoshi Oshitani, seorang ahli virologist dari Tohoku University mengatakan jika kebanyakan cluster baru muncul di gym, pub, tempat karaoke, cafe.

Ini merupakan lokasi di mana banyak orang yang kumpul, bernyanyi, saling bersentuhan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, usahakan agar tidak berbicara saat di dalam studio bioskop agar tidak ada cipratan droplet yang menyebabkan penularan COVID-19.

4. Tetap Hindari Kerumunan


Tetap Hindari Kerumunan
Pixabay

Bioskop adalah tempat umum yang pasti padat pengunjung. Oleh karena itu, jika kalian berniat menonton bioskop saat new normal pastikan kalian selalu menghindari kerumunan. Lebih baik ke tepi dan menunggu antrian reda daripada harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

Pihak bioskop juga juga menerapkan pembatasan jumlah penonton. Hal ini karena adanya peraturan jeda satu kursi, jumlah penonton tiap satu studio menjadi dibatasi. Sudah pasti jumlah penonton nantinya tidak akan 100 persen kapasitas auditorium.

5. Usahakan Tidak Makan Dalam Studio


Usahakan Tidak Makan Dalam Studio

Usahakan untuk tidak makan di dalam studio. Tangan yang kotor dan penuh bakteri dapat menyebabkan risiko penyebaran virus yang tidak kalian sadari. Kalian tidak tahu apa saja yang kalian pegang dan apa yang ada di sana. Siapa tahu ada virus hinggap di permukaan yang kalian sentuh.

Selain itu, saat makan kalian akan membuka mulut. Hal ini membuat resiko droplets keluar atau masuk menjadi lebih besar. Untuk itu usahakan tidak makan di dalam studio demi kebaikan bersama. Usahakan sudah makan dan kenyang sebelum kalian menonton film ya.

6. Jaga Jarak Dengan Penonton Lain


Jaga Jarak Dengan Penonton Lain
Financial Times

Usahakan untuk jaga jarak di dalam studio. Hindari nonton di jam padat. Pilih jam yang sepi dan sebisa mungkin tidak masuk ke dalam studio yang penuh. Dengan cara ini, maka kita bisa menikmati film favorit dengan lebih aman.

Selain itu, jaringan bioskop juga akan menerapkan physical distancing antara penonton di dalam studio. Mereka akan menerapkan social distance seating yakni pengunjung akan diberi jarak satu kursi di dalam studion. Pihak bioskop memastikan untuk selalu mengikuti prosedur dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

7. Bawa Hand Sanitizer


Bawa Hand Sanitizer
Pixabay

Selain penerapan kursi yang berjarak minimal 1 meter, pihak bioskop juga menyiapkan hand sanitizer di setiap area bioskop. Petugas dan pengunjung wajib selalu menjaga kebersihan tangan, karenanya mereka menyiapkan hand sanitizer di area bioskop dan sabun cuci tangan yang selalu tersedia di toilet bioskop.

Namun enggak ada salahnya jika kalian juga turut membawa hand sanitizer sendiri. Dengan begitu kalian bisa mnsterilkan tangan kalian di mana pun dan kapan pun kalian mau.

8. Kenakan Pakaian Tertutup Dan Bawa Jaket


Kenakan Pakaian Tertutup Dan Bawa Jaket

Kenakan juga pakaian yang tertutup saat menonton bioskop. Hal ini untuk mencegah agar virus tak langsung menempel di tubuh. Selain itu, beberapa orang alergi dengan ruangan ber AC, yang menyebabkan bersin. Tentunya hal ini membuat tak nyaman pengunjung lainnya. Untuk menghindari kedinginan, baiknya menggunakan jaket saat nonton bioskop ya.

Simak juga yuk beberapa tips bepergian aman naik ojek online saat new normal dalam artikel ini. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips kembali bekerja di kantor selama new normal agar terhindar dari virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru