Cegah Penularan Corona di Sel, 8 Ribu Napi di California Akan Dibebaskan
Dunia
Pandemi Virus Corona

Sekitar 8.000 tahanan akan dibebaskan dari penjara California, Amerika Serikat untuk menekan penyebaran virus corona. Mereka yang memenuhi syarat dijadwalkan bebas pada awal hingga akhir Agustus.

WowKeren - Kasus baru akibat virus corona (COVID-19) terus betambah tiap harinya. Bahkan di sejumlah negara yang telah "bersih" dari wabah pun masih terancam adanya gelombang kedua virus mematikan tersebut.

Amerika Serikat (AS) merupakan negara yang berada di posisi pertama dengan total kasus virus corona terbanyak di dunia. Hingga Senin (13/7), worldofmeters mencatat jumlah kasus COVID-19 di Negeri Paman Sam berjumlah 3.413.995 dengan jumlah korban meninggal 137.782.

Demi menekan penyebaran virus corona yang makin tak terkendali, sekitar 8.000 tahanan akan dibebaskan dari penjara California, AS. Narapidana yang memenuhi sejumlah syarat akan mulai dibebaskan pada awal hingga akhir Agustus.


Pembebasan ini merupakan yang kedua kalinya terjadi di negara bagian California setelah pada Maret lalu, pemerintah setempat memutuskan untuk membebaskan 10 ribu napi. "Tindakan ini diambil untuk menyediakan keselamatan dan kesehatan narapidana dan staf di lapas," kata sekretaris Departemen Pemulihan dan Rehabilitasi California, Ralph Diaz dalam sebuah pernyataan dilansir AFP.

Sepekan setelah dibebaskan, para tahanan ini akan menjalani tes virus corona untuk mengetahui kemungkinan terinfeksi. Kabar ini sendiri telah mendapat respons positif di tengah melonjaknya pasien COVID-19 di Amerika Serikat.

Perlu diketahui California menjadi salah satu negara bagian yang mencatat kasus dan kematian tertinggi akibat corona di Negeri Paman Sam tersebut. Lebih dari 300 ribu kasus corona dan 7.027 orang meninggal dari akibat corona di California.

Gubernur negara bagian California, Gavin Newsom mengatakan pembebasan tahanan menjadi salah satu fokus utama setelah lebih dari 1.000 napi dinyatakan positif terinfeksi virus. Lembaga pemasyarakatan San Quentin menjadi salah satu lokasi yang mencatat setengah dari total kasus corona di penjara di AS. Saat ini ada sekitar 113 ribu tahanan di penjara AS.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait