Pandemi Virus Corona Bikin Enggak Bisa Pulkam? Terapkan 8 Tips Ini Untuk Mengatasi Homesick
Rawpixel/McKinsey
SerbaSerbi

Selama pandemi virus Corona, sebagian orang yang tak bisa pulang ke kampung halamannya bisa merasakan homesick. Meski terdengar sepele, homesick bisa berakibat buruk jika tak segera ditasi. Karena itulah simak beberapa tips ini untuk mengatasinya.

WowKeren - Pandemi virus Corona telah menimbulkan beragam dampak di hampir seluruh bidang kehidupan. Misalnya, anak-anak dan sebagian pekerja diharuskan beraktivitas di rumah, sejumlah aktivitas masa dibatasi, ruang publik ditutup dan masih banyak lagi.

Selain itu, bagi kalian yang tinggal di tanah rantau di area zona merah juga mungkin tak bisa sering-sering pulang kampung seperti biasanya. Banyak dari mereka yang mengkhawatirkan kesehatan keluarga di rumah jika pulang dengan membawa risiko virus Corona.


Situasi ini tentu dapat menyebabkan seseorang merasa homesick atau kangen berat dengan kampung halaman. Selain berdampak pada psikologis, beberapa orang bisa mengalami keluhan fisik akibat homesick, seperti sakit perut, sulit tidur dengan nyenyak, sakit kepala, mudah merasa lelah dan lain sebagainya.

Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda. Oleh sebab itulah penting untuk segera mengatasi homesick yang Anda rasakan dengan beberapa tips yang telah WowKeren rangkum berikut ini.

(wk/eval)

1. Telepon atau Video Call dengan Keluarga di Rumah


Telepon atau Video Call dengan Keluarga di Rumah
Rawpixel/Teddy

Tetap berhubungan dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman adalah tips ampuh dalam mengatasi homesick. Cara ini terbukti efektif, karena saat kita menghadapi situasi sulit, mendengar suara atau nasihat dari orangtua bisa lebih menguatkan dan menenangkan.

Kamu bisa menjalin komunikasi sederhana seperti bertukar pesan, melakukan telepon atau panggilan video. Tanyakan kabar keluarga di kampung halaman, sapa mereka setiap pagi atau malam dan ceritakan tentang aktivitas yang kamu lalui dalam sehari itu. Dengan rajin berkomunikasi, rasa kangen kamu pada keluarga di rumah akan terobati meski belum bisa bertemu.

2. Masak Menu Rumahan


Masak Menu Rumahan
Unsplash/Kevin McCutcheon

Bagi kamu yang rindu masakan rumah, sebaiknya coba buat makanan rumahan untuk melampiaskan homesick. Kalian bisa menanyakan resepnya pada keluarga di rumah atau membeli makanan tersebut jika enggan memasak.

Bila perlu, minta keluarga di rumah untuk memasak makanan yang sama dan lakukan panggilan video saat kalian sedang makan. Dengan begitu, kamu akan merasa seolah sedang makan makanan yang sama dengan keluarga di rumah.

3. Melihat Foto Keluarga dan Buat Pengingat Momen Spesial


Melihat Foto Keluarga dan Buat Pengingat Momen Spesial
Rawpixel/kaboompics

Tips berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan melihat kembali foto keluarga. Cara ini bisa menjadi obat manjur untuk mengatasi kerinduan yang kamu rasakan. Kamu bisa membuka galeri smartphone dan memandang wajah mereka lekat-lekat. Bila perlu, bingkai foto keluarga lalu letakkan di kamar agar bisa dilihat kapan saja.

Selain itu, usahakan untuk membuat daftar pengingat berbagai momen spesial keluarga. Mulai dari momen ulang tahun, hari jadi pernikahan hingga hari ibu atau ayah. Jika hari itu tiba, kirimkan rekaman video atau nyanyian ucapan selamat pada keluarga di rumah. Meski terkesan sederhana, cara ini penting dilakukan untuk menjaga kualitas hubungan dengan keluarga di kampung halaman.

4. Cari Kesibukan Baru


Cari Kesibukan Baru
Rawpixel/marinemynt

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh American Camp Association, salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa rindu rumah adalah dengan membuat diri kamu sesibuk mungkin. Carilah kesibukan baru yang menyenangkan atau lakukan hobi yang positif. Usahakan kegiatan tersebut benar-benar baru karena salah satu pemicu homesick adalah rasa bosan terhadap rutinitas harian.

Berbagai kegiatan tersebut misalnya melukis, bernyanyi, menonton film, mengikuti diskusi online atau webinar dan masih banyak lagi. Bila perlu, bergabunglah dengan klub atau kursus online untuk menyibukkan dirimu. Kegiatan semacam ini tak hanya akan mengusir rasa jenuh dan mengatasi homesick, namun juga untuk memperluas koneksimu.

5. Mendekorasi Kamar Tidur Jadi Senyaman Mungkin


Mendekorasi Kamar Tidur Jadi Senyaman Mungkin

Bagi anak rantau, kamar tidur tak hanya digunakan sebagai tempat istirahat, namun juga sebagai tempat untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Karena itulah kamar yang nyaman bisa membuat kalian lebih betah, terhindar dari stres dan homesick.

Untuk itu, sebaiknya dekorasi ulang kamar kosmu menjadi senyaman atau semirip mungkin dengan kamarmu di rumah. Kamu juga bisa meletakkan berbagai benda yang bisa mengingatkanmu pada kampung halaman. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih tenang dan nyaman seperti di rumah sendiri.

6. Temukan Hal Positif dari Tanah Rantau


Temukan Hal Positif dari Tanah Rantau
Pexels/Engin_Akyurt

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi homesick adalah dengan berusaha nyaman hidup di tanah rantau. Ketika sedang senggang, coba renungkan hal-hal positif apa saja yang telah kamu dapatkan selama tinggal di tanah rantau. Menemukan hal-hal positif ini mampu menenangkan pikiranmu yang sedang kalut dan membuatmu menyadari bahwa tidak selamanya sesuatu yang baru dan asing itu buruk.

Untuk melakukan itu, kamu bisa memikirkan hal baik apa yang kamu dapatkan selama tinggal di tanah rantau. Misalnya kini kamu lebih bebas berkumpul dengan teman untuk bermain atau menyelesaikan tugas, bisa menikmati kemodernan kota atau merasakan indahnya tanah pegunungan dan lain sebagainya.

7. Curhat ke Sesama Anak Rantau


Curhat ke Sesama Anak Rantau
Rawpixel/kaboompics

Bila rasa rindu pada kampung halaman sampai membuatmu bersedih, sebaiknya jangan ditahan. Menangislah sampai kamu merasa lebih lega, karena beradaptasi di tanah rantau memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, kamu bisa curhat pada seseorang yang kamu percayai misalnya sesama anak rantau yang satu kos denganmu. Ceritakan kerinduanmu pada kampung halaman dan mintalah saran untuk mengatasi homesick pada mereka. Kamu juga harus ingat bahwa di luar sana ada banyak orang yang senasib denganmu, sehingga kamu tidak sendirian.

8. Konsultasi Pada Psikolog


Konsultasi Pada Psikolog
Rawpixel/McKinsey

Meski terkesan sepele, homesick tingkat parah dapat menurunkan semangat yang berimbas pada produktivitas harian serta mempengaruhi suasana hati dan kondisi psikis seseorang. Jika kamu merasa tujuh cara di atas tak begitu ampuh mengatasi homesick, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini pada psikolog.

Di tengah pandemi virus Corona, manfaatkan fitur konsultasi secara online agar kamu tak perlu pergi ke rumah sakit. Luapkan semua emosimu pada psikolog, agar mereka dapat memberikan solusi terbaik yang sesuai dengan permasalahanmu. Dengan begitu, psikolog juga bisa membantu mengatasi gejala-gejala depresi yang mungkin muncul akibat homesick.

Demikian delapan tips mengatasi homesick di tengah Pandemi virus Corona yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips tetap sehat di era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa benda yang wajib dibawa setiap beraktivitas di luar rumah saat new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait