Butuh Inovasi Dan Kreatifitas, Ini 7 Ide Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Saat Era New Normal
Kuliner

Banyak pekerja di Indonesia harus kehilangan pekerjaannya dalam situasi seperti ini. Hal ini banyak orang yang banting setir dengan membuka usaha sendiri. Bisnis kuliner kini menjadi salah satu sektor ekonomi yang menjanjikan.

WowKeren - Pandemi virus COVID-19 yang melanda Indonesia tentu memepengaruhi berbagai aspek termasuk ekonomi. Banyak pekerja di Indonesia harus kehilangan pekerjaannya dalam situasi seperti ini. Hal ini banyak orang yang banting setir dengan membuka usaha sendiri.

Bisnis kuliner kini menjadi salah satu sektor ekonomi yang menjanjikan. Apalagi di era new normal, beberapa tempat seperti mal, pasar, restoran, akan dibuka kembali tetapi dengan syarat harus memenuhi peraturan protokol kesehatan. Hal ini membuat beberapa orang ingin merubah pola hidup agar bisa tetap kuat berhadapan dengan virus corona.


Untuk itu berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis usaha kuliner menjanjikan dan bisa kalian coba saat new normal. Tak memerlukan modal yang besar, bisnis berikut cukup menghasilkan untuk besar jika ditekuni. Apa saja? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Catering Makanan Sehat Gizi Seimbang


Catering Makanan Sehat Gizi Seimbang

Selama pandemi, banyak orang yang gencar menerapkan pola hidup sehat. Untuk itu kebiasaan mengonsumsi menu makanan sehat pun semakin banyak dilirik. Menu makanan sehat untuk diet tertentu seperti diet mayo atau diet karbo. Kalian bisa persiapkan paketan menu katering dengan jenis diet yang paling populer saat ini.

Tidak sedikit orang-orang yang ingin tetap menjaga tubuh tetap ideal atau memanfaaatkan momen bekerja di rumah untuk melakukan diet sehat. Persiapkan juga paketan bahan makanan untuk dimasak dirumah. Seperti paket memasak sayur lodeh, sayur asem, sup kaldu ayam dan jenis lauk lain yang banyak jadi favorit orang Indonesia.

2. Berbagai Jenis Salad


Berbagai Jenis Salad

Masih berkaitan dengan peminat makanan sehat, bisnis berbagai jenis salad juga diprediksi akan semakin eksis. Jika higienis dengan rasanya beda dari yang lain bisnis salad bisa berkembang baik. Makanan sehat booming, pasti salad akan juga akan tren.

Namun bisnis ini juga memiliki tantangan loh. Tantangan dari bisnis salad ini yakni mempertahankan kualitas sayur agar tetap segar. Kalian wajib memperhatikan berbagai sayur atau buah dari supplier kalian. Atau jika memungkinkan, kalian bisa belajar menanam sayuran sendiri agar terjaga kualitasnya.

3. Frozen Food


Frozen Food

Bekerja dari rumah dalam waktu yang lama dan ketakutan akan keluar rumah membuat beberapa orang lebih memilih untuk membeli makanan beku. Hal ini karena frozen food awet lebih lama dari makanan lain sehingga bisa mengurangi frekuensi keluar rumah untuk berbelanja.

Keuntungan lain yang membuat orang senang membeli frozen food adalah harganya yang lebih murah serta penyajiannya praktis dan mudah. Kalian bisa mulai usaha frozen food ini dengan mengambil barang jadi dari supplier atau bahkan membuatnya sendiri. Dengan begitu, kualitas dan rasa produk kalian akan tetap terjaga.

4. Bisnis Makanan Segar Siap Masak


Bisnis Makanan Segar Siap Masak

Meski frozen food kini sedang digandrungi, namun bukan berarti peminat makanan segar berkurang loh. Kini sudah banyak konsumen yang mencari makanan yang lebih bernutrisi dan mulai meninggalkan makanan kemasan kaleng atau makanan beku. Banyak orang juga yang gemar beraktivitas di dapur dan senang mencoba masak sendiri.

Ini bisa jadi kesempatan bagi kalian untuk membuat usaha menu makanan sehat yang mudah disiapkan dan bisa dimasak sendiri oleh konsumen. Buat menu sehat yang isinya bahan baku lengkap dengan bumbu menu kalian. Jangan lupa kemaslah bahan-bahan tersebut dengan baik dan higienis dan sertakan informasi cara memasak serta resep seru yang mudah diikuti konsumen.

5. Catering Makanan Untuk Vegetarian


Catering Makanan Untuk Vegetarian

Selama pandemi berlangsung, banyak yang mendapat informasi bahwa sumber pembawa COVID-19 adalah hewan. Hal ini memunculkan potensi besarnya minat makanan yang terbuat dari sayur-sayuran segar sebagai pengganti makanan bersih. Konsumen vegetarian pun kini melonjak dan bisa menjadi peluang kalian

Membuka usaha catering makanan vegetarian pun bisa jadi pilihan. Pahamilah berbagai resep makanan vegetarian yang nikmat namun juga terjaga kandungan gizinya dengan seksama. Adanya kesadaran akan menjaga kesehatan akan membuat konsumen mengurangi konsumsi makanan kurang sehat dan lebih memprioritaskan produk seperti suplemen yang dapat meningkatkan imunitas.

6. Minuman Herbal


Minuman Herbal

Selain makanan, bisnis jamu atau minuman herbal bisa jadi ide usaha di new normal yang menggiurkan. Hal ini karena masyarakat kin berusaha untuk mengambil tindakan untuk waspada sehingga mengutamakan pencegahan.

Terbukti, pada saat karantina lalu minuman herbal atau jamu mengalami lonjakan pembelian yang pesat. Kelonjakan ini diperkirakan akan terus meningkat hingga masa new normal. Selagi minuman herbal naik daun, kalian bisa menjadikan kesempatan ini menjadi peluang bisnis.

7. Berbagai Dessert


Berbagai Dessert

Ketika pandemi berlangsung, berbagai hal yang buruk dan berat menimpa banyak masyarakat. Masa-masa berat ini membuat konsumen cenderung stres dan mencari hiburan untuk diri sendiri, salah satunya dengan memesan dessert atau makanan kesukaan mereka.

Berbagai data menunjukkan bahwa seiring bertambahnya tingkat stres para konsumen, berbagai "comfort food" seperti es krim, coklat, snack, dan makanan sejenisnya mengalami peningkatan jumlah penjualan. Antusiasme konsumen terhadap comfort food ini bisa jadi kesempatan kalian untuk mengembangkan usaha dessert atau bahkan mengembangkan kreasi variasi baru.

Intip juga yuk beberapa ide pekerjaan online yang cocok untuk freelancer di tengah pandemi ini dalam artikel berikut. Simak juga beberapa tips untuk mempertahankan bisnis kalian di tengah pandemi dalam artikel berikut.

You can share this post!

Related Posts