Heboh Akun Twitter Bill Gates Cs Diretas, Hacker Diduga Sekelompok Anak Muda
Dunia

Beberapa waktu lalu akun Twitter sejumlah orang ternama seperti Bill Gates, Barack Obama dan lainnya telah diretas. Diketahui jika pelaku peretasan ini dilakukan oleh sekelompok remaja.

WowKeren - Beberapa waktu terakhir akun Twitter sejumlah orang terkenal hingga tokoh dunia seperti Bill Gates, Elon Musk, [cBarack Obama] dan lainnya diduga mengalami peretasan. Pasalnya, akun-akun tersebut memposting cuitan yang mengajak pengikutnya mengirim bitcoin ke suatu alamat.

Peretasan tersebut bahkan melibatkan Federal Bureau of Investigation (FBI) untuk melakukan investigasi. Kekinian, pelaku peretasan diketahui tak memiliki hubungan dengan negara atau kelompok kejahatan yang terorganisir. Dalam laporan Times diperoleh informasi bahwa peretasan berawal dari obrolan antar peretas di platform Discord, sebuah layanan obrolan pemain gim.

Dikutip dari AFP, Times berhasil mewawancarai empat orang yang terlibat dalam peretasan. Dalam kesempatan itu, peretas juga berbagi log dan potongan gambar tentang apa yang terjadi.

"Wawancara menunjukkan bahwa serangan itu bukan hasil kerja satu negara seperti Rusia atau kelompok peretas yang canggih," kata laporan Times. Dalam laporan diketahui bawah peretas merupakan sekelompok anak muda.


Bahkan, salah satu dari mereka masih tinggal bersama ibunya. Kepada Times, para anak muda itu mengaku seorang pengguna platform Discord misterius yang menggunakan nama "Kirk" memprakarsai rencana peretasan.

Kirk disebut mengirim sebuah pesan dan mengaku orang yang memiliki akses ke akun Twitter. Para anak muda itu juga mengaku berhenti mengikuti komando Kirk setelah mengetahui bahwa target peretasan adalah para tokoh besar.

Akibat peristiwa peretasan ini membuat publik mempertanyakan keamanan Twitter yang selama ini berfungsi sebagai corong bagi para politisi berkampanye menjelang pemilu AS pada bulan November 2020. "Berdasarkan apa yang kami ketahui saat ini, kami percaya sekitar 130 akun menjadi sasaran para penyerang sebagai bagian dari insiden itu. Untuk sebagian kecil dari akun ini, para peretas bisa mendapatkan kendali atas akun tersebut dan kemudian mengirim Tweet dari akun itu," cuit Twitter.

Dalam aksinya, peretas mencoba menipu orang untuk mengirim bitcoin mata uang virtual lewat akun resmi Apple, Uber, Kanye West, Bill Gates, Barack Obama dan yang lain. Mereka mengirim pesan bahwa semua orang punya waktu 30 menit untuk mengirim Bitcoin senilai USD 1.000 dan menjanjikan mereka akan menerima dua kali lipat sebagai balasannya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait