Ringan Namun Penuh Pesan Moral, Berikut 10 Rekomendasi Drama Korea Bergenre Slice Of Life
tvN
TV

Drama yang mengangkat tentang slice of life ini biasanya memiliki kisah tentang lika-liku kehidupan yang sangat 'relatable' di keseharian. Drama ini cenderung ringan yakni berkutat dalam permasalahan keluarga, sekolah atau persahabatan.

WowKeren - Banyak orang yang mengira bahwa drama Korea atau yang kerap disebut drakor sarat akan nuansa romantis. Memang benar, banyak sekali drakor yang mengusung kisah percintaan romantis dan penuh liku-liku yang membuat penonton ikut hanyut dalam jalan ceritanya. Namun, genre drakor saat ini sudah sangat berkembang.

Banyak sekali hal-hal yang berhasil diangkat dalam sebuah drama Korea. Genre yang menyorot tentang misteri hingga politik pun sudah banyak disuguhkan kepada audiens. Salah satunya yang selalu laris adalah drama Korea yang bergenre slice of life.


Drakor yang mengangkat tentang slice of life ini biasanya memiliki kisah tentang lika-liku kehidupan yang sangat "relatable" dalam keseharian para penonton. Drama ini cenderung ringan yakni berkutat dalam permasalahan keluarga, sekolah atau persahabatan. Namun setiap dialognya memiliki makna dan pesan moral yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penasaran dengan genre ini? Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 10 judul drama bergenre slice of life yang bisa kalian nikmati baik bersama keluarga atau teman terdekat. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Age Of Youth


Age Of Youth
JTBC

"Age Of Youth" yang sejauh ini telah memiliki 2 season merupakan drama segar yang cocok untuk kalian para mahasiswa yang merantau. Drama Korea tentang persahabatan ini menyorot tentang keseharian anak kuliahan yang tak saling kenal dan tinggal di kos yang sama. Yoon Jin Myung, Jung Ye Eun, Song Ji Won, Kang Ina, dan Yoo Eun Jae adalah mahasiswi yang menuntut ilmu di kampus yang sama.

Kelima mahasiswi dengan latar belakang kehidupan yang berbeda satu sama lain itu tinggal di kos yang sama dan berbagi fasilitas. Mereka berlima dihadapkan dengan permasalahan keluarga masing-masing penghuninya. Drama ini diangkat dari masalah-masalah yang sering dihadapi para gadis yang masih muda dan juga pentingnya dukungan dari sahabat untuk mengatasi masalah.

2. Because This Is My First Life


Because This Is My First Life
tvN

Untuk para penikmat drakor yang sudah menginjak usia 30-an, drama satu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi. "Because This Is My First Life" merupakan drama yang menceritakan soal permasalah hidup orang-orang di usia 30-an mulai dari masalah tempat tinggal, pekerjaan, karier, hingga masalah pernikahan.

Drama ini cukup mengangkat isu sensitif di Korea yakni soal kesetaraan gender, namun drama ini tetap dibalut dalam alur yang ringan. "Because This Is My First Life" bisa mengajarkan kalian tentang cara bagaimana harus berjuang untuk menggapai mimpi, meski banyak rintangan terutama jika kalian adalah wanita. Selain itu penonton juga akan melihat bagaimana orang dewasa seharusnya menjalani kehidupan tanpa selalu mengeluh.

3. Be Melodramatic


Be Melodramatic
JTBC

Masih mengangkat isu soal rintangan hidup bagi orang dewasa yang berusia 30-an, "Be Melodramatic" merupakan drama yang mengisahkan tentang kehidupan tiga cewek berusia 30 tahun yang bersahabat sejak kuliah. Dikarenakan suatu hal, mereka pun hidup dalam satu rumah yang sama.

Ketiganya memiliki latar belakang pekerjaan, karakter, sifat, dan kehidupan yang berbeda. "Menjadi dewasa adalah omong kosong" adalah premis yang kuat dari kisah di drakor ini. Berbagai isu sosial berhasil diangkat dalam drama ini seperti kesehatan mental, single parent, dan misoginis. Drama ini mengajarkan bahwa selalu ada hikmah dalam hidup yang sering berjalan tidak sesuai rencana.

4. My Mister


My Mister
tvN

"My Mister" yang diperankan oleh IU sempat menuai kontroversi sesaat pasca dirilis, namun bagi beberapa orang hal tersebut justru membuat semakin penasaran. "My Mister" sendiri mengangkat kehidupan dua orang yang memiliki latar bertolak belakang, namun sebuah beban hidup yang kurang lebih sama.

Lee Ji An adalah perempuan muda yang hidup menderita dalam kemiskinan dan memiliki pandangan sinis pada dunia. Kesulitan alam hidup yang membuatnya tumbuh menjadi pribadi yang dingin, cuek, dan rela melakukan apa pun demi menafkahi dirinya. Ia tak keberatan untuk melakukan pekerjaan licik dan bahkan melakukan kekerasan. Sementara Park Dong Hoon adalah seorang manajer dengan idealisme tinggi namun memiliki tekanan dalam hidup. Meski tampak berbeda, namun masalah yang serupa membuat tokoh ini saling berkaitan.

5. Prison Playbook


Prison Playbook
tvN

Sesuai namanya "Prison Playbook" menceritakan kehidupan pada narapidana di balik dinding penjara. Pemeran utama dari drama ini adalah Kim Je Hyeok yang merupakan salah satu pemain baseball terbaik di Korea. Berniat menyelamatkan adiknya yang akan diperkosa, justru Jae Hyeok dijerat hukuman penjara selama 1 tahun.

Tak disangka, temannya yang bernama Lee Joon Ho adalah sipir di lapas tempatnya ditahan. Jae Hyeok pun harus beradaptasi dengan lingkungan penjara yang baru buatnya. Tak disangka, kehidupan penjara yang awalnya disangka menakutkan, justru berubah menjadi tempat yang menyuguhkan berbagai cerita tersendiri bagi para penghuninya. Suguhan banyak kisah slice of life yang menyentuh pun siap membuat penontonnya mengucurkan air mata.

6. Reply Series


Reply Series
tvN

Jika berbicara soal drama bergenre slice of life, kalian enggak boleh melewatkan drama "Reply Series". Reply merupakan series drama yang tayang di saluran televisi kabel tvN. Series ini memiliki ciri khas berupa kisah yang memiliki alur maju-mundur antara masa sekarang dan masa lalu saat masing-masing tokoh berusia remaja.

Sejauh ini sudah ada 3 drama dalam series ini dengan tahun latar yang berbeda. Drama itu yakni "Reply 1997", "Reply 1994", dan "Reply 1988". Bukan keluarga kaya, kisah yang ditampilkan dalam ketiga Reply Series ini biasanya adalah tentang keluarga sederhana yang hangat dan menyenangkan.

7. Misaeng


Misaeng
tvN

"Misaeng" merupakan sebuah tayangan produksi channel tvN yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Kisah dalam drama ini sangat cocok untuk kalian yang pekerja kantoran karena ceritanya menitikberatkan pada perjuangan para karyawan di sebuah kantor perdagangan internasional.

"Misaeng" sama sekali tidak menyajikan kisah cinta di antara para tokohnya. Cerita dalam drama ini fokus pada perjuangan para tokohnya untuk menghadapi semua tekanan di tengah kehidupan perkantoran Korea. Penggambaran tiap-tiap karakternya juga terasa sangat dekat dan nyata. Para tokoh dalam "Misaeng" diceritakan sebagai masyarakat kelas menengah yang berjuang dengan karier dan pekerjaannya.

8. Hospital Playlist


Hospital Playlist
tvN

Mendengar judulnya, kalian mungkin akan terkecoh dengan mengira "Hospital Playlist" merupakan drama bergenre medis. Drama ini merupakan drama slice of life yang sarat akan pelajaran hidup. Serial yang diramu oleh produser Shin Won Ho dan penulis naskah Lee Woo Jeong ini mampu membuat penggemar setianya terhibur dengan setiap kesenangan dan konflik yang hadir.

Drama yang tayang di Netflix dan tvN pada 2020 ini mengisahkan tentang lima sekawan yang bekerja di rumah sakit yang sama. Kenal sejak menjadi mahasiswa baru di jurusan kedokteran, Lee Ik Joon, Ahn Jong Won, Kim Joon Wan, Yang Seok Hyung, dan Chae Song Hwa tetap berteman baik hingga usia mereka menginjak 40-an hingga menjadi dokter spesialis. Di tengah kesibukan menjadi dokter spesialis dan kisah romansanya masing-masing, mereka berlima juga berkomitmen untuk nge-band dan menyanyikan lagu favoritnya.

9. Drinking Solo


Drinking Solo
tvN

Masih mengusung tema konflik kehidupan orang dewasa, jalan cerita "Drinking Solo" fokus pada kehidupan dan kegiatan sehari-hari berbagai profesi di Korea. Cerita drama ini berfokus para guru, siswa, dan staf sebuah instansi swasta yang menawarkan jasa bimbel untuk orang-orang yang mempersiapkan ujian pegawai negeri.

Sesuai judulnya, tokoh dalam drama ini digambarkan sering menghabiskan waktu usai bekerja dengan minum minuman alkohol seorang diri. Tayang pada tahun 2016, "Drinking Solo" sempat mencuri perhatian karena jalan ceritanya yang ringan dan penuh komedi. Dibintangi oleh Ha Seok Jin dan Park Ha Sun ini juga menarik karena terasa dekat dengan kehidupan masyarakat Korea.

10. Dear My Friends


Dear My Friends
tvN

Siapa bilang pesahabatan hanya boleh terjalin oleh para anak muda saja,para orang tua juga berhak memiliki sahabat sejati. Kisah inilah yang diangkat di serial berjudul "Dear My Friends" yang tayang di Netflix dan tvN pada 2016 lalu. Tentu saja ada banyak nama aktor dan aktris senior yang muncul di layar kaca ini.

Park Wan adalah seorang wanita muda yang tinggal serumah dengan ibu dan neneknya, Joo Hee Ja. Kedekatan wanita tiga generasi ini ternyata membuat Wan juga dekat dengan beberapa sahabat neneknya. Meski sudah berusia senja, mereka selalu menyempatkan waktu di sela-sela kesibukan untuk bertemu dan berbagi cerita.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait