Tanpa Promosi dan Rilis Dadakan, Album 'Folklore' Taylor Swift Terjual 1,3 Juta Copy dalam 24 Jam
YouTube/Taylor Swift
Musik

Pada Rabu (22/7), Taylor diketahui mengumumkan album kedelapan miliknya, 'Folklore', akan rilis pada Kamis (23/7) waktu setempat, 15 jam setelah pengumuman tersebut dibagikan.

WowKeren - Taylor Swift rupanya sekali lagi menunjukkan dominasinya sebagai salah satu musisi paling populer di industri musik dunia. Pasalnya, album barunya "Folklore" tercatat telah terjual 1,3 juta copy hanya dalam kurun waktu 24 jam.

Dilansir dari Variety pada Senin (27/7), prestasi ini disampaikan secara langsung oleh label rekaman yang menaungi si pelantun "ME!" tersebut, yakni Republic Records. Prestasi ini tentunya sangat membanggakan, mengingat album "Folklore" dirilis secara dadakan dan tanpa ada materi promosi sama sekali, termasuk teaser.

Seperti yang diketahui, Taylor Swift secara mengejutkan mengumumkan pada Rabu (22/7) bahwa album kedelapan miliknya, "Folklore", akan rilis pada Kamis (23/7) waktu setempat, 15 jam setelah pengumuman tersebut dibagikan.

Pelantun "Look What You Made Me Do" tersebut juga tercatat memecahkan sejumlah rekor lainnya dari album ini. Republic Records mengatakan "Folklore" telah memecahkan rekor streaming album di hari pertama oleh musisi perempuan di Spotify. Di layanan streaming itu, album "Folklore" berhasil mendapatkan 80,6 juta stream.

Selain itu, "Folklore" juga menjadi album pop paling didengar secara streaming di Apple Music dalam 24 jam" dengan perolehan 35,47 juta stream. "Folklore" juga memecahkan rekor streaming di Amazon Music Indie/Alternative Streaming Record untuk Amerika Serikat dan global, meski tak disebutkan secara detail angka stream yang diperoleh.


Album alternative pertama Tayloe Swift setelah merilis tiga album pop sebelumnya ini diproyeksikan menjadi album dengan debut terbesar pada 2020 di Amerika Serikat. Proyeksi "Folklore" tersebut akan menggeser gelar yang sebelumnya dipegang oleh album anumerta "Legends Never Die" milik Juice WRLD hingga pekan lalu.

Sebagai informasi tambahan, album "Folklore" Taylor Swift dirilis pada Kamis (23/7) dini hari waktu Amerika atau Jumat (24/7) waktu Indonesia. Bertepatan dengan perilisan album ini, Taylor juga melepas lagu berjudul "Cardigan" beserta video musik yang disutradarai oleh dirinya sendiri.

"Folklore" berisi 16 lagu dan satu bonus track. Di antaranya adalah "The 1", "Cardigan", "The Last Great American Dynasty", "Exile" (feat Bon Iver), "My Tears Richochet", "Mirrorball", "Seven", "August", "This is Me Trying", "Illicit Affairs", "Invisible String", "Mad Woman", "Ephiphany", "Betty", "Peace", "Hoax", dan bonus track "The Lakes".

"Folklore" menjadi album studio kedelapan pelantun "Shake It Off" tersebut, mengikuti "Taylor Swift" (2006), "Fearless" (2008), "Speak Now" (2010), "Red" (2012), "1989" (2014), "Reputation" (2017), serta "Lover" (2019).

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait