Luhut Siap Resmikan Pembukaan Kembali Sektor Pariwisata di Dua Wilayah RI Ini
Nasional

Menurut Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, pemulihan sektor pariwisata yang terkena imbas pandemi dan instabilitas politik akan membutuhkan waktu rata-rata 10 bulan.

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan meresmikan pembukaan kembali pariwisata pada pekan ini. Yang pertama di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Rabu (29/7), dan yang kedua di Bali pada Kamis (30/7).

"Rabu saya akan buka lagi, bersama Menteri Pariwisata, wisata di Banyuwangi," jelas Luhut dilansir Tirto pada Senin (27/5). "Tanggal 30 (Juli) kita (buka) di Bali, dan terus bertahap di beberapa tempat yang ada itu kita mulai tingkatkan."

Sektor pariwisata ini akan dibuka secara bertahap selama pandemi corona. Menurut Luhut, pemulihan sektor pariwisata yang terkena imbas pandemi dan instabilitas politik akan membutuhkan waktu rata-rata 10 bulan.

Dengan dibukanya kembali sektor pariwisata, Luhut menilai tenaga kerja akan terserap lebih cepat. "Karena orang juga sudah bosan di rumah, pingin ke Bali, Jogja, Banyuwangi atau kemana lagi," ujar Luhut.

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan bahwa saat ini pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, sudah mencapai sekitar 45 persen. Angka tersebut didasarkan pada laporan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.


"Bertahap kami naikkan. Itu dua minggu lalu sekitar 20 persen," ungkap mantan Menko Polhukam tersebut. "Sekarang meningkat, kami berharap kalau semua keadaan terkendali, bisa akan 50 persen dalam beberapa hari ke depan."

Sementara itu di lingkup Kemenko Maritim dan Investasi sendiri sudah ada kebijakan perjalanan dinas. Adapun perjalanan dinas ini diklaim dilakukan demi mendorong serapan anggaran, menggerakkan ekonomi, dan juga mendukung industri penerbangan.

"Ada yang mengkritik terkait perjalanan dinas sekarang," pungkas Luhut. "Namun bila tidak dilakukan itu, pariwisata tidak akan jalan."

Di sisi lain, Bali baru akan membuka sektor pariwisata untuk turis domestik pada 31 Juli 2020 mendatang setelah sempat terhantam pandemi corona. Sedangkan untuk turis mancanegara, wisata Bali baru dibuka kembali pada 11 September 2020 mendatang.

Untuk mempersiapkan dibukanya kembali destinasi Pulau Dewata tersebut, Pemerintah Daerah telah mengeluarkan protokol agar pelaksanaan kegiatan pariwisata bagi masyarakat lokal dan wisatawan memenuhi aspek kesehatan, kenyamanan dan keamanan. Lalu terakhir, pada tahap ke 3 Bali akan membuka pintu masuk untuk wisatawan mancanegara pada 11 September 2020.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait