Jauhi Virus Corona! Terapkan 7 Tips Ini Saat Bepergian Menggunakan Kereta Api di Era New Normal
Getty Images/NurPhoto
Travel

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar terlindung dari virus Corona saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Sejak kebijakan new normal diberlakukan, masyarakat kembali diizinkan beraktivitas seperti biasa dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Karena itulah kita harus senantiasa waspada saat beraktivitas di luar rumah, salah satunya ketika bepergian menggunakan transportasi umum seperti kereta api.

PT KAI sendiri telah menerapkan berbagai prosedur agar masyarakat bisa bepergian dengan aman, nyaman dan selamat sampai tujuan selama melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Meski demikian, kita tidak boleh hanya bergantung pada layanan yang telah mereka sediakan saja. Sebab ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar tetap terlindung dari virus Corona saat menggunakan moda transportasi ini.

Berkaitan dengan hal itu, WowKeren telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin melakukan perjalanan dengan kereta api. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Membeli Tiket Secara Online


Membeli Tiket Secara Online
Virustravelling

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemesanan tiket secara online. Hal ini penting dilakukan guna menghindari berdesak-desakan di stasiun dengan calon penumpang lain. Sebab jika hal itu sampai terjadi, risiko penularan virus Corona menjadi lebih besar.

Untuk melakukan itu, Anda tinggal memanfaatkan aplikasi KAI Access untuk melakukan pembelian tiket dengan metode non tunai. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi kontak fisik dengan orang lain sekaligus meminimalisir penggunaan uang tunai yang rentan menjadi media penularan virus Corona.

2. Datang ke Stasiun Lebih Awal


Datang ke Stasiun Lebih Awal
Pxhere

Jika biasanya Anda datang ke stasiun menjelang waktu pemberangkatan, sebaiknya mulai tinggalkan kebiasaan tersebut. Sebab di era new normal ini akan selalu dilakukan proses pemeriksaan persyaratan, sehingga calon penumpang diimbau datang lebih awal. Usahakan datang seawal mungkin, selambat-lambatnya 30 menit sebelum jam keberangkatan.

Selain itu, petugas di stasiun juga akan memberikan instruksi terkait protokol kesehatan COVID-19 kepada calon penumpang. Pastikan untuk mematuhi segala instruksi tersebut agar Anda terhindar dari penularan virus Corona saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

3. Selalu Gunakan Masker dan Face Shield


Selalu Gunakan Masker dan Face Shield
/Tokujin Yoshioka

Menggunakan masker adalah hal yang wajib dilakukan saat beraktivitas di luar rumah selama Pandemi Corona. Cara ini tak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

Selain itu, lengkapi perlindungan Anda dengan menggunakan beberapa alat pendukung lainnya seperti face shield, topi hingga kacamata. Bila perlu, gunakan jaket atau pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain saat berada di stasiun atau di dalam kereta.

4. Bawa Hand Sanitizer dan Starter Pack Lainnya


Bawa Hand Sanitizer dan Starter Pack Lainnya
dhakatribune.com

Agar selalu terlindung dari virus Corona, ada beberapa barang yang harus Anda bawa saat beraktivitas di luar rumah. Barang tersebut dapat Anda gunakan sewaktu-waktu untuk melindungi diri dari virus Corona.

Barang pertama adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebesar 70 persen yang bisa Anda gunakan setelah memegang berbagai benda maupun jika tak sengaja berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa tisu basah dan kering, masker cadangan hingga disinfektan travel size.

5. Pastikan Untuk Disiplin Menjaga Jarak


Pastikan Untuk Disiplin Menjaga Jarak
Getty Images

Karena transportasi umum seperti kereta api bisa menjadi tempat yang cukup berisiko dalam penularan virus Corona, kita harus patuh dalam menerapkan aturan social distancing. Pastikan untuk selalu menjaga jarak aman dengan penumpang yang lain minimal satu atau dua meter.

Hal ini tak hanya berlaku di dalam kereta, namun juga ketika Anda berada di stasiun. Begitupun ketika Anda harus antre dengan penumpang lain, pastikan untuk selalu menjaga jarak secara tertib. Dengan bersikap waspada dan hati-hati, Anda bisa menurunkan risiko tertular virus yang menyerang sistem pernafasan tersebut.

6. Usahakan Tidak Berbicara dengan Penumpang Lain atau Bertelepon


Usahakan Tidak Berbicara dengan Penumpang Lain atau Bertelepon
Pxhere

Selain disiplin menjaga jarak, hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah meminimalisir interaksi dengan penumpang lain guna menghindari kemungkinan penyebaran droplet. Meskipun sudah menggunakan masker, peluang jatuhnya cairan dari mulut ke tempat lain tetap ada. Oleh sebab itu usahakan untuk tidak bertelepon atau berbicara dengan penumpang lain jika memang tidak ada sesuatu yang benar-benar penting.

Selain itu, pastikan untuk selalu menerapkan etika batuk dan bersin saat berada di dalam kereta api atau stasiun. Etika batuk dan bersin yang tepat adalah menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan. Jika tidak ada tisu atau sapu tangan, tutupi batuk dan bersin dengan lengan bagian dalam. Jangan menggunakan jari-jari tangan, apalagi jika tidak segera mencucinya dengan sabun. Setelah itu bersihkan tangan Anda menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer.

7. Tunjukkan Surat Keterangan Bebas COVID-19 atau Dokumen Pendukung Lainnya


Tunjukkan Surat Keterangan Bebas COVID-19 atau Dokumen Pendukung Lainnya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, petugas stasiun akan melakukan pemeriksaan persyaratan kepada semua calon penumpang. Agar bisa lolos, Anda harus menunjukkan beberapa dokumen penting sehingga sebaiknya persiapkan hal ini sebelum berangkat.

Pertama tunjukkan identitas diri yang sah dan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku selama 7 hari. Opsi lainnya Anda bisa menunjukkan surat keterangan uji rapid test dengan hasil non reaktif yang berlaku tiga hari pada waktu keberangkatan.

Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan surat keterangan bebas gejala influenza yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau puskesmas setempat. Opsi ini berlaku bagi penumpang dari daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan atau rapid test. Sedangkan jika Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh dan menengah, Anda harus menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19.

Demikian tujuh tips melakukan perjalanan menggunakan kereta api yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips traveling di era new normal agar liburanmu berlangsung aman dan menyenangkan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips bepergian aman menggunakan pesawat di tengah pandemi Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait