Luna Maya Pilih Sepedaan Tanpa Masker Tuai Pro Kontra, Ini Kata Dokter
Instagram/lunamaya
Selebriti

Luna Maya membagikan diskusinya bareng dokter spesialis olahraga dan para pesepeda. Salah satunya mengenai Luna yang bersepeda tanpa menggunakan masker.

WowKeren - Luna Maya belakangan hobi bersepeda dan sering dibagikannya melalui media sosial. Hobi sepedaan Luna ternyata menuai pro-kontra. Salah satunya karena Luna tak pernah terlihat mengenakan masker saat bersepeda.

Untuk menjawab pro-kontra tersebut, Luna membagikan vlog bareng dokter dan para pesepeda. Kepala dari Tim Kedokteran Timnas di Asian Games, dr. Adi Kurniawan, menjelaskan soal penularan Covid-19 yang masih terus berkembang. Penularan tersebut berkaitan dengan kegiatan bersepeda yang belakangan tengah digemari.

"Ya sebenernya ketika bicara di pandemi ini kan memang serba salah. Pertama, Corona ini menyebar melalu droplet atau melalui udara atau aerosol sampai detik ini pun WHO masih bingung," ujar dr. Adi. "Karena terus berkembang, yang pasti droplet. Di rumah sakit ketika ada suction dan segala macem jadi aerosol."


"Trus ada penelitian yang Belgia, yang menyatakan bahwa ternyata kalo naik sepeda, droplet itu bisa ketiup angin sehingga harus 20 meter dengan jarak di depannya," lanjutnya. "Itu kan enggak mungkin banget di Indonesia."

Para dokter spesialis olahraga rupanya merekomendasikan untuk berolahraga tanpa masker. Namun rekomendasi tersebut kini tak lagi disarankan untuk menyesuaikan dengan karakteristik orang Indonesia. Oleh sebab itu, berolahraga kini disarankan tetap menggunakan masker.

"Ketika kita mau bikin rekomendasi dari perhimpunan kita, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, kita meniru yang Singapur. Kalo olahraga sebaiknya masker dilepas, kalo pulang dari olahraga, maskernya dipakai lagi," jelas dr. Adi. "Tapi melihat karakteristik orang Indonesia, kita harus trik nih. Olahraga harus pake masker, gitu. Case by case."

Di akhir vlognya, Luna memberikan pesan untuk masyarakat Indonesia yang aktif berolahraga di era New Normal. "Selalu listen to your body, jangan memaksakan. Kalau emang pake masker enggak kuat, olahraganya sendiri aja. Tapi kalau misalkan kuat dan ngerasa sanggup untuk pakai masker dan berolahraga, ya silakan juga," pungkas Luna.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru