Melanie Subono Akui Cara Jerinx SID Salah, Sindir Pendukung yang Buat Tagar Dibebaskan
Instagram/melaniesubono
Selebriti
Konspirasi Corona Jerinx

Melanie Subono mengutarakan pendapatnya terkait kasus penangkapan Jerinx atas dugaan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian. Meski mengaku sebagai teman, Melanie mengaku tak suka dengan cara Jerinx berpendapat.

WowKeren - Kabar penangkapan Jerinx SID atas kasus pencemaran nama baik terhadap IDI (Ikatan Dokter Indonesia) ternyata juga mendapat sorotan dari musikus sekaligus aktivis, Melanie Subono. Melanie mengaku berteman baik dengan Jerinx SID. Namun untuk masalah yang saat ini terjadi, ia tidak setuju dengan cara yang dipilih Jerinx.

"Banyak yang nanya kok gue ga ikutan Bersama JRX? Oh cuma karena gw ga post, dianggap ga ikutan? Dia temen gue, tapi kali ini gue ga sepakat dengan CARA ngomongnya (cara, bukan Isi nya)," tulis Melanie di Instagram-nya pada Kamis (13/8).

Dalam postingannya tersebut, Melanie juga menyindir Jerinx yang kerap menggunakan kata-kata kasar di media sosial untuk berpendapat. Menurut Melanie, jika seseorang membalas komentar dengan kasar dan menantang artinya mereka juga membungkam orang lin. "Jadi jangan keberatan dibungkam," lanjutnya.

Di sisi lain, Melanie juga menyoroti pasal UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transkasi Elektronik yang menjerat Jerinx. Ia mengatakan jika pasal tersebut belum memiliki tolok ukur yang jelas.

"Anyway karena gue keberatan dengan pasal pasal karet, maka hashtag yang bener buat gue itu: GUE BERSAMA KEBEBASAN BERPENDAPAT YANG BAIK, dan gue sering kok protes dan bela orang terbungkam, walaupun mereka gak terkenal," ujarnya lagi.

Melanie pun menyindir berbagai pihak yang sebenarnya tidak mengerti akar permasalahannya namun ikut membela karena hubungan pertemanan. "Yang gue bingung, mendadak banyak gerakan muncul tapi gak kebaca apa mereka bener paham konteks atau sekedar solidaritas karena kali ini TEMEN nya aja yang kena," sindirnya.


Melanie Subono Akui Cara Jerinx SID Salah, Sindir Pendukung yang Buat Tagar Dibebaskan

Instagram

"Pertama, banyak dari yang solider itu adalah orang sama yang KOMPLEN dan Gak mau ikutan kalau kita protes, bikin petisi, atau turun kejalan soal HAK dan bersuara padahal yang maksudnya untuk mencegah hal hal gini kejadian," sambung Melanie.

Menurut Melanie Subono, Jerinx beruntung karena terkenal, memiliki banyak teman dan pengikut di media sosial. "BANYAK loh seniman lain + Orang kecil GAK terkenal yang ditangkap dengan cara lebih kasar dari nangkep Jrx, karena hal lebih konyol ... kira kira pada mau bersuara ga ya?" tulisnya.

Melanie menduga kalau kemunculan #bebaskanjrxsid yang viral di Twitter dan petisi merupakan ulah buzzer. Ia pun menilai petisi pembebasan Jerinx hanya sebagai solidaritas antar teman. Karena jika seseorang yang kurang terkenal tertimpa masalah sama seperti Jerinx belum tentu akan dibela seperti itu.

"Akankah kalian berani buka mulut dan mengakui kalau teman kalian atau pujaan kalian sendiri melakukan hal salah?" katanya lagi.

Di akhir unggahannya, Melanie mengingatkan kepada pendukung Jerinx yang tidak berani menunjuk kesalahan teman sendiri untuk tidak lagi membahas mengenai hak. Meski begitu, Melanie tetap memberikan semangat kepada Jerinx untuk tegar melalui hari-hari di dalam tahanan.

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts