Birthday Spotlight: Happy Song Joong Ki Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas riwayat hidup dan perjalanan karier aktor tampan Song Joong Ki yang berulang tahun pada hari ini, Sabtu (19/9). Bintang drama 'Arthdal Chronicles' ini berusia 35 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Kali ini, tim redaksi akan mengulas tentang riwayat hidup dan perjalanan karier aktor tampan Song Joong Ki yang berulang tahun pada hari ini, Sabtu (19/9).

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Song Joong Ki. Pria tampan satu ini telah wara-wiri di sejumlah drama dan film populer Korea Selatan. Misalnya seperti drama "Sungkyunkwan Scandal", "The Innocent Man", "Descendants of the Sun", "Arthdal Chronicles", film "A Werewolf Boy", "The Battleship Island" dan masih banyak lagi.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Song Joong Ki di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Song Joong Ki lahir pada 19 September 1985 dan merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Dia memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan yang tujuh tahun lebih muda darinya. Song Joong Ki tinggal di sebuah daerah kecil di pinggir kota Daejeon, namun kemudian pindah ke Seoul untuk mengejar kariernya.

Sebelum terjun ke dunia hiburan, Song Joong Ki terlebih dahulu menggeluti bidang olahraga. Meski cukup pemalu, dia sangat berbakat dalam bidang olahraga dan memiliki nilai akademik yang memuaskan. Ia bahkan membanggakan kota kelahirannya dengan memenangkan berbagai kompetisi skating baik di tingkat daerah maupun nasional. Sayangnya perjuangan Song Joong Ki untuk menjadi atlet harus terhenti setelah mengalami cedera pada tahun pertama SMA.

Kepribadian Song Joong Ki yang pemalu sempat membuat orangtuanya khawatir. Agar putranya lebih percaya diri dan banyak bersosialisasi, mereka kemudian memasukkannya ke dalam kelas akting, yang merupakan akar dari keberhasilannya saat ini. Setelah itu Song Joong Ki terus berlatih akting sambil mempertahankan prestasi akademiknya.

Berkat ketekunannya, Song Joong Ki berhasil masuk ke Universitas Sungkyunkwan yang dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Korea Selatan. Pada tahun 2012, ia akhirnya lulus dengan gelar di bidang Administrasi Bisnis dari tempatnya menimba ilmu.

Sebelum memulai debutnya, Song Joong Ki juga sempat muncul di TV nasional tepatnya dalam program KBS "Quiz Korea". Ia menjadi salah satu kontestan yang pergi ke acara tersebut untuk menggantikan seniornya yang sakit. Meski kepergiaannya cukup mendadak, Song Joong Ki pada akhirnya berhasil memenangkan tempat kedua. Hal ini kemudian membuatnya jadi pusat perhatian dan ia dipilih sebagai model sampul untuk majalah universitas College.

2. Debut


Debut

Setelah terjun ke dunia model, Song Joong Ki mulai dilirik untuk menjadi aktor. Ia memulai debut akting dengan peran kecil di dalam drama "Get Karl! Oh Soo Jung" yang tayang pada tahun 2007. Dalam drama pertamanya ini, Song Joong Ki masih terlihat polos dan lugu saat berperan sebagai seorang reporter.

Setahun kemudian, Song Joong Ki mendapat peran dalam film "A Frozen Flower" bersama Song Ji Hyo, Joo Jin Mo dan Jo In Sung. Dalam film tersebut Joong Ki sebenarnya tak diberi kesempatan untuk mengucapkan dialog karena sutradara memberikannya pada aktor lain yakni Lim Ju Hwan. Namun karena merasa tersentuh dengan kesungguhan Song Joong Ki, sang sutradara akhirnya memberikan dialog yang lain untuknya.

Meski mengucapkan dialog yang cukup terbatas, keterampilan akting Song Joong Ki sebagai No Tak dalam film ini berhasil melambungkan namanya. Buktinya pada 2009, ia mendapat kesempatan untuk bermain di beberapa drama dan film seperti "My Precious Child", "Triple", "Five Senses of Eros" dan "Where the Truth Lies".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Jika dilihat dari penghargaan dan popularitas yang diterimanya, karier Song Joong Ki benar-benar mencapai puncaknya ketika membintangi drama "Sungkyunkwan Scandal", "The Innocent Man" dan "Descendants of the Sun" serta film "A Werewolf Boy". Melalui berbagai proyek tersebut Song Joong Ki memenangkan banyak sekali penghargaan dan popularitasnya meningkat pesat.

"Sungkyunkwan Scandal" adalah drama yang dibintanginya pada tahun 2010. Melalui drama ini dia sukses membawa pulang piala Popularity Award dan Best Couple Award bersama Yoo Ah In dalam ajang penghargaan KBS Drama Awards 2010.

Drama "The Innocent Man" juga membuat Song Joong Ki menyabet beberapa piala sekaligus. Dua di antaranya adalah penghargaan bergengsi Top Excellence Award (Actor) di ajang Korean Culture and Entertainment Awards ke-20 dan K-Drama Star Awards ke-1. Kemudian dalam ajang KBS Drama Awards 2012 ia berhasil meraih tiga piala sekaligus yakni Best Actor, Netizen Award serta Best Couple Award bersama Moon Chae Won.

Masih di tahun 2012, Song Joong Ki juga membintangi film hit yang berjudul "A Werewolf Boy" bersama aktris cantik Park Bo Young. Film ini sendiri sempat diputar di berbagai festival bergengsi di dalam maupun di luar Korea Selatan. Meski tidak meraih banyak penghargaan, film ini tergolong cukup sukses hingga benar-benar melambungkan nama Song Joong Ki. Berkat aktingnya di film ini, ia berhasil menyabet penghargaan Favorite Actor dalam ajang Nickelodeon Korea Kids Choice Awards ke-6.

Di samping tiga proyek di atas, "Descendants of the Sun" bisa dibilang sebagai drama tersukses Song Joong Ki. Perannya sebagai tentara ganteng bernama Yoo Shi Jin dalam drama ini sukses meluluhkan hati banyak pemirsa, baik wanita maupun pria. Total ada belasan piala bergengsi yang didapatkan Song Joong Ki berkat aktingnya dalam drama ini, termasuk kategori Daesang di ajang KBS Drama Awards dan APAN Star Awards 2016.

Kesuksesan "Descendants of the Sun" tak hanya melejitkan nama Song Joong Ki, namun sangat mempengaruhi perjalanan kariernya di industri hiburan. Terlebih ketika dia terlibat cinta lokasi dengan Song Hye Kyo, lawan mainnya dalam drama ini, yang juga dikenal sebagai salah satu aktris top negeri ginseng.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

Kehidupan asmara Song Joong Ki memang sangat menarik untuk dibahas. Kabar kencan dan pernikahannya dengan Song Hye Kyo sempat membuat publik heboh dan keduanya dianggap sebagai salah satu pasangan ideal sebelum resmi bercerai pada Juli 2019 lalu.

Banyak yang mengira jika pasangan yang dikenal dengan Song Song Couple ini mulai mengembangkan perasaannya sejak syuting bersama dalam "Descendants of the Sun". Namun menurut keterangan seorang kenalan dekat, keduanya mulai memiliki perasaan pada satu sama lain sebelum drama ini tayang.

"Keduanya mulai jatuh cinta pada akhir Februari sebelum syuting 'Descendants of the Sun'. Drama tersebut mulai syuting pada pertengahan tahun 2015 dan ditayangkan setelah proses syuting selesai," terang kenalan dekat Song Joong Ki dan Song Hye Kyo.

Meski demikian, Song Joong Ki dikabarkan telah jatuh cinta pada Song Hye Kyo sejak awal 2013. Kala itu Song Joong Ki mendatangi lokasi syuting "That Winter, The Wind Blows" yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan sahabat Song Joong Ki, Jo In Sung. Setelah itu keduanya kembali dipertemukan dalam drama "Descendants of the Sun" dan kisah mereka benar-benar dimulai setelah melakukan pembacaan naskah pertama.

Selama tujuh bulan syuting "Descendants of the Sun", perasaan mereka semakin berkembang. Dalam beberapa kesempatan, Song Joong Ki terlihat sangat romantis dan perhatian pada wanita idamannya tersebut. Terlebih, pasangan ini tidak pernah berusaha untuk menutupi hubungannya dari orang terdekat. Mereka bahkan berniat memberi tahu penggemar, meski akhirnya terlebih dahulu diungkap oleh Dispatch.

Setelah yakin dengan satu sama lain, pasangan ini akhirnya menikah pada 31 Oktober 2017. Keduanya menggelar pesta pernikahan tertutup di The Shilla Hotel, Jung-gu, Seoul, pada jam 4 sore waktu setempat. Para tamu yang hadir sebagian besar merupakan rekan mereka di industri hiburan seperti Lee Kwang Soo, Park Bo Gum, Yoo Ah In, Cha Tae Hyun dan lain sebagainya.

Pada Februari 2019, keduanya dikabarkan segera bercerai setelah Song Hye Kyo kedapatan tidak mengenakan cincin kawin. Namun penggemar keduanya ramai-ramai membantah kabar tersebut. Beberapa bulan kemudian tepatnya pada 26 Juli 2019, Song Joong Ki resmi melayangkan gugatan cerai. Kabar perceraian ini tentu saja mengagetkan banyak pihak, terutama karena hubungan keduanya selama ini dikenal adem ayem dan kerap dijadikan sebagai relationship goals.

Meski sempat ada isu orang ketiga, perbedaan kepribadian menjadi alasan utama Song Song Couple berpisah. Kendati demikian, keduanya mengatakan ingin berpisah secara baik-baik dan berjanji untuk menjadi selebriti yang lebih baik lagi di masa depan.

Setelah bercerai dengan Song Hye Kyo, Song Joong Ki terlibat rumor kencan pada bulan Juni lalu. Hal ini bermula ketika rumor tak berdasar menyebar di kalangan hukum yang menyebutkan bahwa mantan member "Running Man" ini tengah menjalin hubungan asmara dengan seorang pengacara. Meski demikian, rumor tersebut langsung dibantah tegas oleh History D&C selaku agensi Song Joong Ki.

5. Kontroversi


Kontroversi

Meski tergolong urusan pribadi, perceraian Song Song Couple ternyata berimbas besar terhadap industri hiburan di Korea Selatan. Salah satunya adalah selebriti Korea Selatan akan dikenai denda jika bercerai di tengah-tengah proyek. Hal ini diusulkan oleh perusahaan-perusahaan produksi drama yang memasukkan klausul perceraian ke dalam kontrak mereka dengan aktor atau aktris yang sudah menikah.

"Sebelum berita Song Hye Kyo dan perceraian Song Joong Ki, kontrak untuk penampilan drama antara perusahaan produksi dan agensi aktor tidak termasuk klausul yang berkaitan dengan perceraian. Jika seorang aktor menyebabkan kontroversi karena perceraian di tengah-tengah drama, mereka harus membayar denda paling banyak tiga kali biaya kontrak mereka," terang seorang sumber kala itu.

Seperti yang diketahui, ketika berita perceraian Song Song Couple mencuat, "Arthdal Chronicles" sedang tayang di layar kaca. Akibatnya, publik lebih fokus pada kehidupan pribadi Song Joong Ki daripada dramanya karena isu ini terus dibahas selama beberapa minggu. Karena itulah perusahaan produksi merasa hal itu lebih merusak reputasi drama daripada mendatangkan keuntungan.

Terlepas dari besarnya anggaran drama tersebut, "Arthdal Chronicles" gagal memenuhi ekspektasi yang tinggi dalam hal rating. Padahal sebelum tayang drama ini digadang-gadang akan sukses besar karena dibintangi oleh Song Joong Ki, Kim Ji Won, Jang Dong Gun dan Kim Ok Bin. Meskipun perceraian Song Joong Ki tidak dapat dijadikan alasan kegagalan tersebut, perusahaan produksi tampaknya sudah mantap untuk menetapkan preseden baru tentang perceraian dalam kontrak aktor yang sudah menikah.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Song Joong Ki sebenarnya memiliki banyak proyek masa depan, namun pandemi virus Corona membuat sejumlah proses produksi film tertunda yang berakibat pada berubahnya jadwal sang aktor. Pada akhrinya Song Joong Ki memutuskan mundur dari salah satu filmnya yang berjudul "Season of You and Me".

Meski demikian, empat proyek Song Joong Ki lainnya patut dinanti. Proyek Song Joong Ki yang terdekat adalah film blockbuster "Space Sweepers" yang akan dirilis pada 23 September mendatang. Film yang juga dibintangi Kim Tae Ri ini mengikuti kisah awak kolektor sampah luar angkasa yang menjelajah menggunakan pesawat The Victory pada tahun 2092. Suatu hari mereka menemukan robot humanoid bernama Dorothy yang dikenal sebagai senjata pemusnah masal. Usai penemuan tersebut, mereka terlibat dalam kesepakatan bisnis yang berisiko.

Selanjutnya adalah film "Bogota" yang sebagian besar adegannya direkam di Kolombia. Kru dan aktor film ini sempat menjalani proses syuting di Kolombia pada Januari lalu. Namun mereka kembali ke Korea lebih awal, tepatnya pada bulan Maret, karena perkembangan virus Corona yang semakin luas.

Setelah itu sempat tersiar kabar jika penggarapan film ini telah gagal dan perusahaan produksi film memangkas staf seminimal mungkin. Namun kabar burung tersebut langsung dibantah oleh tim produksi dan mereka berencana untuk menunda syuting sampai tahun depan ketika situasi sudah membaik.

Proyek Song Joong Ki yang tak kalah menarik berikutnya adalah sebuah drama berjudul "Vincenzo" yang akan dibintanginya bersama Jeon Yeo Bin dan Taecyeon 2PM. Drama ini akan menceritakan kisah pengacara Italia bernama Vincenzo Cassano yang bekerja untuk mafia sebagai seorang consigliere. Ia memiliki nama Korea Park Joo Hyung dan diadopsi oleh keluarga Italia saat masih kecil.

Karena konflik antar kelompok mafia, Vincenzo melarikan diri ke Korea Selatan dan terlibat dengan pengacara bernama Hong Cha Young. Vincenzo kemudian benar-benar jatuh cinta kepadanya dan berusaha mencapai keadilan sosial dengan caranya sendiri. Drama ini sendiri dikabarkan telah melakukan pembacaan naskah pertama pada 9 Agustus lalu dan dijadwalkan tayang pada paruh pertama tahun 2021 mendatang.

Selain itu, Song Joong Ki juga akan membintangi "Arthdal Chronicles" season 2 bersama Kim Ji Won, Jang Dong Gun dan Kim Ok Bin. Sayangnya, produksi drama ini dikabarkan ditunda akibat pandemi virus Corona. Bagi kalian yang ingin mengetahui perkembangan terbaru drama tersebut, pastikan untuk terus memantau WowKeren ya.

You can share this post!

Related Posts