Donald Trump Dikirimi Racun Risin, FBI Umumkan Sukses Tangkap Tersangka
Dunia

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan hampir menerima sebuah paket racun risin yang dialamatkan ke Gedung Putih. Setelah melakukan investigasi, FBI akhirnya berhasil menangkap tersangka.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump baru saja mendapatkan sebuah paket berisi racun risin. Paket tersebut diketahui dialamatkan ke Gedung Putih. Beruntung, surat berbahaya itu berhasil dicegat sebelum mencapai Gedung Putih dan tiba di tangan Presiden Trump.

Akibat paket tersebut, otoritas AS langsung melakukan investigasi dan penyelidikan untuk mencari pengirim paket beracun tersebut. Dalam waktu singkat, Biro Investigasi Federal (FBI) di Washington DC mengumumkan pihaknya berhasil menangkap tersangka yang mengirimkan racun ricin itu.

Dilansir dari Reuters, pelaku pengiriman racun mematikan itu diduga seorang wanita. Ia berhasil ditangkap dan kini sedang ditahan di perbatasan AS dan Kanada. Pihak FBI menyatakan jika investigasi terhadap tersangka masih dilakukan hingga sekarang.

"Penangkapan telah dilakukan terhadap seseorang yang diduga bertanggung jawab atas pengiriman sebuah surat mencurigakan," kata FBI dalam pernyataannya seperti dilansir dari Reuters, Senin (21/9). "Investigasi sedang berlangsung."


Sementara itu, seorang sumber penegak hukum AS yang ikut menyelidiki kasus ini membenarkan penangkapan tersebut. Ia mengatakan jika tersangka yang telah ditangkap merupakan seorang wanita dan memiliki kewarganegaraan Kanada.

Dalam pernyataan terpisah, Kepolisian Kanada juga mengakui FBI telah meminta bantuan pihaknya untuk menyelidiki upaya peracunan orang nomor satu di dunia tersebut. Rupanya, polisi menyebut jika surat mencurigakan itu diduga telah dikirimkan ke Gedung Putih dari wilayah Kanada.

Lebih lanjut Kepolisian Kanada mengungkapkan racun risin itu membutuhkan tindakan disengaja untuk mengubahnya menjadi senjata biologis. Orang yang terpapar racun risin berukuran sekecil kepala peniti saja bisa memicu kematian dalam waktu 36 jam hingga 72 jam. Racun ini semakin berbahaya lantaran belum ditemukan penawarnya hingga sekarang.

Sebelumnya, sebuah amplop berisi racun risit itu berhasil dicegat di pusat pemeriksaan surat pemerintah AS sebelum dilanjutkan ke Gedung Putih. Insiden ini langsung diselidiki oleh FBI bersama-sama Secret Service AS dan US Postal Inspection Service.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait