Wali Kota di Rumania Terpilih Lagi Setelah Meninggal Akibat COVID-19
Reuters
Dunia
Pandemi Virus Corona

Wali kota tersebut telah meninggal di ibu kota Bukares pada 15 September lalu. Tapi namanya terlanjur tercetak dalam surat suara pemilu wali kota Deveselu dan tidak dapat dihapus.

WowKeren - Mendiang Ion Aliman berhasil memenangkan pemilihan wali kota Deveselu di Rumania. Aliman mempertahankan jabatan tersebut untuk ketiga kalinya, meskipun kali ini kemenangan itu diperoleh setelag ia meninggal akibat COVID-19.

Aliman telah meninggal di ibu kota Bukares pada 15 September lalu. Tapi namanya terlanjur tercetak dalam surat suara pemilu wali kota Deveselu dan tidak dapat dihapus. Tak disangka pula bahwa Aliman bakal kembali memenangkan pemilu tersebut untuk ketiga kalinya.

Sejumlah pendukung mengunjungi dan berkumpul di sekitar makam Aliman setelah dia diumumkan memenangkan pemilu. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan. "Ini adalah kemenanganmu," kata seorang pendukungnya.


Stasiun televisi lokal ProTV sempat mewawancarai seorang perempuan pendukung Aliman. Menurut dia, Aliman adalah figur pemimpin yang berpihak pada rakyat.

"Dia benar-benar wali kota bagi kami. Dia berpihak pada desa, menghormati semua hukum. Kurasa kita tidak akan melihat wali kota seperti dia lagi," ujarnya, sebagaimana dilansir dari Reuters pada Rabu (30/9).

Ion Aliman sendiri adalah seorang mantan perwira angkatan laut berusia 57 tahun. Dia merupakan anggota Social Democrat Party (PSD), partai berhaluan kiri. Karena Aliman telah meninggal, menurut beberapa pejabat, pemilu wali kota di Deveselu bakal digelar ulang.

Rumania sendiri telah mencatatkan sebanyak 125,414 kasus COVID-19 dengan 1,470 kasus baru yang dikonfirmasi selama 24 jam terakhir. Dari jumlah tersebut, sekitar 4,792 pasien dinyatakan meninggal dunia, dengan 100,636 lainnya dikonfirmasi sembuh. Saat ini, ada 19,986 kasus aktif yang masih ditangani.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts