Murah Dan Bebas Kimia, 8 Bahan Alami Ini Bisa Kalian Manfaatkan Untuk Segarkan Ruangan Di Rumah
pixabay.com
SerbaSerbi

Beberapa pengharum ruangan ini ternyata mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, kalian sebaiknya kini beralih ke beberapa bahan alami untuk mengharumkan ruangan.

WowKeren - Berbagai ruangan di dalam rumah seperti kamar tidur, ruang keluarga, hingga ruang tamu tentu harus nyaman supaya orang yang tinggal di dalamnya betah. Salah satu indikasi ruangan yang nyaman adalah tidak memiliki bau mengganggu seperti bau apek, anyir, hingga busuk.

Beberapa keluarga biasanya menggunakan pengharum ruangan untuk mengatasinya. Namun rupanya, beberapa pengharum ruangan ini ternyata mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Dalam sebuah studi, bahaya pengharum ruangan lain adalah sifatnya yang karsinogenik, atau memiliki potensi menyebabkan kanker.

Zat kimia yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker ini bernama formaldehyde. Kandungannya dapat ditemukan pada pengharum ruangan berbentuk gel. Untuk itu, kalian sebaiknya kini beralih ke beberapa bahan alami untuk mengharumkan ruangan. Berikut tim WowKeren rangkum 8 bahan alami yang bisa kalian gunakan sebagai penyegar alami. YuK disimak!

(wk/putr)

1. Kopi


Kopi
pxhere.com

Sudah bukan rahasia umum lagi bila biji kopi telah dikenal secara luas sebagai salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai pewangi alami di ruangan. Aroma khas yang dimiliki biji kopi memang seakan dapat memberikan sentuhan yang menarik bagi siapapun yang berada di sana.

Oleh sebab itu, tak heran bila kemudian banyak yang memanfaatkan biji kopi sebagai bahan untuk pembuatan pengharum ruangan. Biasanya, biji kopi akan dihaluskan atau dipanaskan hingga aromanya menguar keluar. Tak heran banyak orang yang memanfaatkan kopi sebagai bahan campuran dalam lilin aromaterapi.

2. Kulit Jeruk


Kulit Jeruk
pixabay.com

Aroma segar yang dimiliki jeruk sebagian besar berasal dari kulitnya. Tak heran banyak makanan yang ditambahkan parutan kulit jeruk agar beraroma kuat. Kalian bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai pewangi ruangan alami. Bahan pertama yang kalian butuhkan adalah kulit jeruk. Kemudian minyak zaitun atau minyak sayur dan pemantik api

Cara Membuatnya juga gampang. Potong jeruk menjadi setengah dengan pisau. Ambil jeruk menggunakan sendok atau garpu dan jangan sampai lapisan putih di kulit jeruk ikut terangkat. Tuangkan minyak zaitun atau minyak sayur biasa dan iarkan selama 45 menit dan nyalakan api menggunakan pemantik api. Pengharum ruangan alami ini mampu membuat seluruh ruangan kalian jadi wangi, sekaligus segar berhari-hari.

3. Serai


Serai
pxhere.com

Batang serai enggak hanya dapat kalian manfaatkan untuk mengusir aroma amis dari daging loh. Kalian juga dapat memanfaatkan batang serai sebagai alternatif pengharum ruangan yang alami dan terjangkau. Tak sulit sebab kalian hanya perlu mengeringkan batang serai beserta daunnya dan rendamlah pada air.

Setelah itu, kalian dapat memanfaatkan air rendaman sebagai penyemprot atau pengharum ruangan. Seprotkan air serai ini di atas ruangan agar aromanya menyebar. Selain itu kalian juga bisa menyemprotkannya pada tirai atau sofa yang memiliki bau apek atau bau jamur.

4. Lemon


Lemon
pxhere.com

Jika kalian ingin ruangan memiliki keharuman menyegarkan, kalian bisa mencoba memanfaatkan campuran lemon dan rosemary. Caranya gampang banget. Kalian bisa memasukkan air perasan lemon atau 10 tetes lemon essential oil ke dalam botol spray, lalu tambahkan 5 tetes rosemary essential oil.

Campurkan dengan secangkir air matang yang sudah didinginkan, lalu tambahkan 2 tetes sabun pembersih piring. Setelah semua bahan dimasukan kalian bisa mengocoknya hingga tercampur sempurna. Selain harum, lemon dan rosemary juga punya sifat anti-bakteri, sehingga cocok untuk mengatasi berbagai kuman bakteri yang ada di dalam ruangan.

5. Daun Pandan


Daun Pandan
pixabay.com

Daun yang satu ini memang diketahui punya harum yang khas. Penggunaan daun pandan juga dapat mengusir nyamuk dan serangga karena aromanya tersebut. Kalian bisa memanfaatkan daun satu ini sebagai salah satu pengharum ruangan alami loh. Caranya juga enggak ribet sama sekali.

Pertama, masukkan irisan daun pandan ke mangkuk, wadah yang terbuka, atau kantong berpori besar. Kalian bisa meletakkan mangkuk di atas kloset, rak, sudut ruangan, atau meja dapur. Wangi daun pandan ini bisa bertahan selama tiga hari sampai satu minggu loh. Rasakan harum daun pandan yang lembut menyelimuti ruanganmu.

6. Kayu Manis


Kayu Manis
pixabay.com

Kulit batang kayu manis dikenal sebagai salah satu rempah berkhasiat untuk meredakan sakit gigi, meringankan kram menstruasi hingga mencegah diabetes. Selain itu, rempah satu ini juga memiliki aroma yang khas dan sering digunakan dalam masakan. Aroma khas dari kayu manis juga dapat dijadikan pengharum ruangan alami, loh.

Cara untuk membuat pengharum ruangan alami dari kayu manis dengan meletakkan kayu manis di sekitar lilin yang sedang dinyalakan atau menggunakan tungku aroma terapi. Cara lainnya dengan merebus kayu manis hingga aromanya menguar memenuhi ruangan. Kalian juga bisa menyemprotkan air rebusan itu ke seluruh ruangan agar aromanya menyebar.

7. Vanili


Vanili
pixabay.com

Siapa sangka jika, bahan yang digunakan sebagai penambah aroma pada roti atau makanan ini bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Aroma vanili yang lembut dan manis dapat mengharumkan ruangan rumah secara alami. Untuk menjadikan vanili sebagai pengharum ruangan alami sangat gampang loh.

Kalian bisa merebusnya di atas tungku aroma terapi yang sudah dipanaskan. Setelahnya wangi vanili akan menguap dan membuat kita lebih rileks. Selain itu, kalian juga bisa menaruh beberapa batang vanili yang utuh di sebuah vas atau gelas. Aroma batang vanili utuh tersebut sudah cukup kuat untuk mengharumkan seluruh ruangan.

8. Baking Soda


Baking Soda
pixabay.com

Baking soda memang enggak memiliki bau spesifik, namun bahan serba guna yang satu ini juga bisa kalian manfaatkan sebagai bahan penghilang bau di dalam ruangan. Ada berbagai cara untuk menggunakan baking soda sebagai pengharum ruangan.

Yang pertama kalian cukup menyebarkan bubuk baking soda pada karpet dan diamkan selama 15 menit sebelum dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Cara kedua adalah dengan memasukkan bubuk baking soda ke dalam jar kecil, lalu tuangkan beberapa tetes essential oil favorit kalian. Kombinasi dua bahan alami ini akan menciptakan keharuman yang menyegarkan, sekaligus menyerap bau tak sedap.

Selain menghilangkan bau tak sedap di ruangan, intip juga artikel ini untuk mengetahui fungsi lain dari baking soda yang jarang kalian ketahui. Simak juga artikel ini untuk mengetahui life hack hand sanitizer selain untuk membersihkan tangan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru