Donald Trump Dinyatakan Negatif Corona Sebelum Ikut Debat Capres AS Terakhir
Dunia

Debat yang berlokasi di Curb Event Center di Belmont University, Nashville, tersebut akan menjadi kali kedua dan kali terakhir Trump harus berhadapan dengan Biden sebelum pemungutan suara pada November 2020 mendatang.

WowKeren - Debat final Calon Presiden Amerika Serikat (AS) digelar pada Kamis (22/10) malam waktu setempat atau Jumat (23/10) pagi waktu Indonesia. Gedung Putih pun memastikan bahwa Presiden Donald Trump telah dinyatakan negatif virus corona (COVID-19) sebelum berhadapan dengan Joe Biden di debat Capres terakhir ini.

Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany menyatakan bahwa Trump telah menjalani tes COVID-19 di Air Force One saat dia melakukan perjalanan ke lokasi debat di Nashville, Tennessee. Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows, juga telah menyampaikan informasi serupa. Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows, juga telah menyampaikan informasi serupa.

Debat yang berlokasi di Curb Event Center di Belmont University di Nashville tersebut akan menjadi kali kedua dan kali terakhir Trump harus berhadapan dengan Biden sebelum pemungutan suara pada November 2020 mendatang. Moderator debat kali ini adalah penyiar berita NBC News yang juga merupakan wartawan Gedung Putih, Kristen Welker.

Adapun debat ini akan dibagi menjadi enam segmen yang masing- masing berdurasi 15 menit. Setiap kandidat akan memiliki waktu dua menit tanpa interupsi di awal setiap segemen.


Trump dan Biden sebelumnya telah bertemu dalam debat pertama yang dinilai berlangsung secara berantakan dan menghebohkan pada 29 September 2020 lalu. Beberapa hari setelah debat Capres pertama, Trump mengumumkan bahwa ia dan istrinya, Melania Trump, dinyatakan positif COVID- 19.

Meski demikian, tidak dijelaskan kapan Trump pertama kali terinfeksi COVID-19 atau oleh siapa. Gedung putih dan Trump sendiri berulang kali menolak mengatakan kapan sang Presiden terakhir kali dinyatakan negatif sebelum acara debat itu.

Dalam wawancaranya dengan NBC pada pekan lalu, Trump menyebutkan bahwa ia tak yakin telah diuji COVID-19 pada hari debat pertamanya dengan Biden. "Mungkin ya, mungkin tidak," tutur Trump kepada jurnalis Savannah Guthrie.

Di sisi lain, salah satu topik yang diangkat pada debat Capres AS final ini adalah mengenai pandemi corona. Diketahui, AS kini menjadi negara dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi di dunia, yakni lebih dari 8,4 juta kasus. Sementara itu, jumlah korban jiwa akibat COVID-19 di AS kini telah mencapai lebih dari 222 ribu jiwa.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts