Donald Trump Ngaku Calonkan Diri Jadi Presiden AS Karena Joe Biden, Kok Bisa?
Dunia

Hal ini disampaikan Trump dalam debat Calon Presiden (Capres) Amerika Serikat kedua yang digelar di Nashville, Tennessee, pada Kamis (22/10) malam waktu setempat atau Jumat (23/10) pagi waktu Indonesia.

WowKeren - Debat Calon Presiden Amerika Serikat (AS) yang kedua telah digelar pada Kamis (22/10) malam waktu setempat atau Jumat (23/10) pagi waktu Indonesia. Debat ini merupakan kali terakhir Capres Donald Trump menghadapi Capres Joe Biden sebelum pemungutan suara pada 3 November 2020 mendatang.

Dalam debat final ini, Trump sempat menuduh Biden tak kompeten. Trump juga mengaku mencalonkan diri sebagai Presiden AS karena Biden.

Awalnya, kedua Capres ini berbicara tentang ketidakadilan rasial di seluruh AS. Trump lantas menyatakan bahwa Biden dia tidak dapat mengubah sistem peradilan saat ia masih menjabat sebagai Wakil Presiden.

"Kenapa Anda tidak melakukan itu empat tahun lalu? Anda adalah Wapres," kata Trump. "Anda bicara ini itu soal apa yang sudah Anda lakukan. Tapi itu waktu yang lampau dan di saat itu Anda tak berbuat apa-apa."

Hal tersebut membuat Trump mempertanyakan kemampuan Biden dalam menyelesaikan pekerjaannya. Diketahui, Biden merupakan Wapres AS di masa pemerintahan Barack Obama pada periode 2009 hingga 2017.


"Saya mencalonkan diri karena Anda," ujar Trump kepada Biden, dilansir Politico. "Jika saya pikir Anda melakukan pekerjaan dengan baik, saya tidak akan pernah mencalonkan diri."

Menanggapi pernyataan Trump tersebut, Biden memberikan respons dengan santai. Biden pun menimpalinya sembari beralih ke audiens.

"Anda semua tahu saya. Anda semua tahu dia (Trump)," tutur Biden. "Anda semua tahu karakternya. Anda semua tahu karakter saya. Anda semua tahu bahwa reputasi saya adalah menghormati dan mengatakan yang sebenarnya. Saya ingin sekali mengikuti kontestasi ini. Karakter Negara ada di surat suara. Karakter kami ada di surat suara."

Di sisi lain, Trump dipastikan telah negatif COVID-19 sebelum mengikuti debat Capres final ini. Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany menyatakan bahwa Trump telah menjalani tes COVID-19 di Air Force One saat dia melakukan perjalanan ke lokasi debat di Nashville, Tennessee.

Trump dan Biden sebelumnya telah bertemu dalam debat pertama yang dinilai berlangsung secara berantakan dan menghebohkan pada 29 September 2020 lalu. Beberapa hari setelah debat Capres pertama, Trump mengumumkan bahwa ia dan istrinya, Melania Trump, dinyatakan positif COVID- 19.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru