CEO Twitter, Google, dan Facebook Disidang Senator AS Terkait Pemilu
Getty Images
Dunia

Sidang itu adalah semacam uji coba publik untuk CEO Facebook Mark Zuckerberg, CEO Google Sundar Pichai, dan CEO Twitter Jack Dorsey. Mereka membahas UU yang dikenal sebagai Section 230.

WowKeren - Para pimpinan Google, Facebook, dan Twitter dicecar oleh Senator AS atas cara mereka menangani komentar yang diunggah oleh sejumlah pengguna platform. Ketiga raksasa teknologi tersebut telah dituduh selama kampanye pemilihan presiden yang ketat.

Disebutkan bahwa anggota parlemen di Komite Perdagangan Senat mengadakan pertemuan untuk membahas undang-undang yang dikenal sebagai Section 230. Undang-undang itu menghindarkan situs media sosial agar tidak bertanggung jawab atas cara mereka mengawasi platform yang mereka buat.

Namun sidang tersebut adalah semacam uji coba publik untuk CEO Facebook Mark Zuckerberg, CEO Google Sundar Pichai, dan CEO Twitter Jack Dorsey. Mereka muncul secara virtual dan menghadapi pertanyaan sulit tentang cara mereka menangani perkataan yang mendorong kebencian, konten ekstremis, dan disinformasi pemilu, termasuk komentar daring paling kontroversial dari Presiden Trump.

Senator telah menanyakan tentang bias anti-konservatif. Mereka telah mencecar para CEO tentang penanganan mereka atas jabatan Presiden Donald Trump. Sidang itu konon diadakan untuk membahas kemungkinan pembaruan undang-undang Section 230.

Akan tetapi, banyak Senator mengajukan pertanyaan tentang topik yang telah mendominasi banyak dengar pendapat kongres dengan CEO Big Tech dalam dua tahun terakhir, yang klaim tidak berdasar dari Partai Republik tentang bias terhadap kaum konservatif.


Senator Roger Wicker mencecar CEO Twitter Jack Dorsey tentang pelabelan cuitan Trump dan cuitan terdaftar oleh pengguna lain, termasuk seorang pejabat Tiongkok. Dia mengkritik Dorsey karena terlalu lambat untuk menanggapi atau tidak mengambil tindakan sama sekali.

"Kami telah mengambil tindakan atas cuitan dari para pemimpin di seluruh dunia, termasuk presiden," kata Dorsey membela keputusan tersebut.

CEO Facebook Mark Zuckerberg justru memuji kemajuan perusahaannya dalam mengatasi lebih dari 100 jaringan disinformasi yang mencoba ikut campur dalam pemilihan umum di seluruh dunia. "Itu seharusnya memberi rakyat Amerika 'kepercayaan diri' untuk ikut pemilu," katanya.

Namun Zuckerberg mengatakan pada akhirnya adalah tanggung jawab pemerintah AS untuk menghentikan negara-negara seperti Rusia ikut campur dalam demokrasi AS. Ia mengungkapkan separuh dari jaringan tersebut mencoba memengaruhi negara mereka sendiri dan bukan merupakan contoh campur tangan asing.

Meskipun sidang difokuskan pada Section 230, Google tidak luput dari pertanyaan tentang kekuatan pasarnya setelah Departemen Kehakiman mengajukan gugatan terhadapnya awal bulan ini. Gugatan itu menuduh Google mengandalkan campuran perjanjian khusus dan praktik bisnis bermasalah lainnya untuk mendapatkan keunggulan besar dalam penelusuran daring yang mendorong bisnis periklanannya yang menghasilkan uang.

Di sisi lain, pemungutan suara awal dalam pemilu AS sekarang telah mencapai 70 juta, lebih dari setengah dari total jumlah pemilih pada 2016. Banyak dari mereka yang memberikan suara lebih awal berusaha mengurangi paparan virus corona.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait