Fitur Terbaru WhatsApp Bisa Buat Transfer Uang, Bagaimana Caranya?
Tekno

Layanan pesan instan terpopuler, WhatsApp baru saja secara resmi meluncurkan sebuah fitur untuk mengirim uang di platform mereka. Bagaimana cara kerjanya?

WowKeren - Layanan pesan instan WhatsApp secara resmi telah meluncurkan fitur terbaru mereka pada Selasa (10/11). WhatsApp baru saja meluncurkan fitur untuk melakukan transfer uang di platform mereka.

Dilansir dari laman resmi WhatsApp, fitur baru kirim uang bekerja sama dengan dengan National Payments Corporation of India (NPCI). Nantinya, sistem pembayaran melalui WhatsApp akan menggunakan Unified Payment Interface (UPI).

Fitur transfer uang via WhatsApp ini dirilis pertama di India. “Mulai hari ini, masyarakat di seluruh India dapat mengirim uang melalui WhatsApp,” tulis tim WhatsApp.

Tim dari WhatsApp menjelaskan fitur tersebut dipastikan aman dan membuat transfer uang dapat dilakukan semudah mengirim pesan. Fitur ini juga membuat pengguna WhatsApp tidak perlu repot-repot menuju ke bank.


”Pengalaman pembayaran yang aman ini membuat transfer uang semudah mengirim pesan,” jelas tim WhatsApp. “Orang dapat dengan aman mengirim uang kepada anggota keluarga atau berbagi biaya jarak jauh tanpa harus menukar uang tunai secara langsung atau pergi ke bank lokal.”

Nantinya, sistem UPI yang diterapkan akan memungkinkan transaksi lebih dari 160 bank. Namun untuk melakukan transaksi keuangan, setiap pengguna WhatsApp harus memiliki rekening bank dan kartu debit di India. WhatsApp juga akan mengirimkan instruksi ke bank yang telah disusupi sistem UPI.

”Dalam jangka panjang, kami percaya kombinasi WhatsApp dan arsitektur unik UPI dapat membantu organisasi lokal mengatasi beberapa tantangan utama di zaman sekarang,” jelas pihak WhatsApp. “Termasuk meningkatkan partisipasi pedesaan dalam ekonomi digital.”

Saat ini, WhatsApp di India bekerja sama dengan lima bank yaitu ICICI Bank, HDFC Bank, Axis Bank, State Bank of India, dan Jio Payments Bank. Sistem pembayaran dirancang dengan seperangkat prinsip keamanan dan privasi yang kuat, termasuk memasukkan PIN UPI pribadi untuk setiap pembayaran. Fitur ini sudah tersedia di sistem operasi Android dan iPhone versi terbaru.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru