Jarang Muncul Di Layar Kaca, Ucok Baba Curhat Kena ‘Efek’ Corona
Instagram/ucokk.baba
Selebriti
Seleb vs Corona

Ucok Baba kini kembali muncul di hadapan publik setelah jarang terlihat di layar kaca. Ia turut menceritakan kehidupannya sekarang yang rupanya terkena ‘efek’ COVID-19.

WowKeren - Pelawak Ucok Baba memang sudah jarang terlihat di layar kaca. Rupanya, Ucok Baba kini telah “banting setir” menekuni usaha lainnya yang tidak berhubungan dengan dunia hiburan.

Pria pemilik nama lengkap Usnan Batubara saat ini tengah fokus merintis usaha sebagai pengusaha durian. Usaha duren tersebut ternyata sudah ditekuninya selama kurang lebih 1,5 tahun. Saat bertemu dengan awak media, ia secara ramah turut mempromosikan durian yang dijualnya.

“Iya saya usaha kuliner, duren ya,” kata Ucok Baba saat ditemui di kawasan Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan pada Kamis (12/11). “Mungkin teman-teman banyak rasain ya.”

Adapun durian yang dijualnya berasal dari tanah kelahirannya, Sumatera Utara. Ia menjual durian Medan yang memang terkenal dengan rasanya yang enak. Bisnis durian Medan ini dibuka Ucok di Jakarta. “Awalnya kita pikir duren Medan sudah terkenal, makanya kita buka di Jakarta,” ujar Ucok Baba.

Namun, bisnis yang dirintis Ucok Baba ini terkena imbas pandemi virus corona. Ia mengaku mengalami penurunan omset yang cukup signifikan akibat pandemi COVID-19.


Akibatnya, komedian berusia 49 tahun ini terpaksa harus memangkas sejumlah karyawannya karena tidak sanggup menggaji mereka. Sebagai gantinya, Ucok berusaha menangani beberapa tugas dalam bisnisnya seorang diri. Hal itu diakui membuatnya cukup kewalahan.

”Wah, sangat menurun. Kalau sekarang ini saya lebih repot ketimbang sebelum pandemi,” cerita Ucok Baba. “Karena kita harus kurangin karyawan, karena nggak bisa menggaji. Sehingga saya pontang panting urus ini itu sehingga jadi sibuk.”

”Saat ini tinggal beberapa lah, masih di atas 10 lah,” sambungnya. “Nggak PHK juga, Kita secara baik-baik lah, kita kasih saran, nggak semata-mata putus (hubungan kerja). Nanti ketika normal, kita juga mau tarik mereka lagi.”

Besarnya dampak pandemi dalam bisnis Ucok membuatnya sudah tidak lagi memikirkan keuntungan. Ia mengaku hanya fokus untuk membuat usahanya tidak tutup dan bisa menggaji sejumlah karyawan yang masih bertahan beserta keluarganya.

”Kalau masalah untung udah nggak saya lihat lagi, yang penting itu bisa jalan, teman-teman bisa kerja dan beli makan untuk anak. itu aja,” ungkap Ucok Baba. “Sebelum pandemi duren saya ini laku keras, keren deh pokoknya. Sehari itu bisa kirim ke reseller di seluruh Indonesia. Dengan pandemi ini, berkurang reseller itu.”

”Kalau saya bilang pada nangis. Pokoknya dari 10, sekarang jadi 1,5 (omsetnya),” sambungnya. “Karena sekarang tidak ada orang yang mikirin duren. Orang mikirin bisa makan nggak besok. Duren kan buat ngenakin mulut aja, kalau makan kan untuk anak juga.”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts