Sejumlah Kepala Negara Hadiri Majelis Umum Sesi Khusus Krisis Virus Corona
Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggelar Majelis Umum PBB sesi khusus virus corona, hari ini (3/12), untuk membahas tentang pandemi COVID-19 yang kian mengkhawatirkan.

WowKeren - Hampir 100 kepala negara dan puluhan menteri dari seluruh dunia akan berbicara dalam Majelis Umum sesi khusus PBB yang dimulai pada Kamis (3/12) hari ini. Para pemimpin tersebut membahas tentang pandemi COVID-19.

Pada kesempatan ini, mereka akan mendiskusikan cara terbaik untuk pulih dari pandemi yang telah menewaskan 1,5 juta jiwa dan mengguncang perekonomian negara kaya maupun miskin tersebut.

Ketika ditunjuk sebagai presiden Majelis Umum sesi khusus ini bulan September lalu Volkan Bozkir berjanji akan menggelar pertemuan tingkat tinggi yang lebih baik daripada Sidang Umum bulan Juni lalu. "(Namun sidang bulan Juni itu) memberikan momen bersejarah bagi kami untuk bersama-sama mengalahkan COVID-19," katanya, Rabu (2/12).


Majelis Umum PBB sesi khusus virus corona ini akan digelar pada 3 hingga 4 Desember. Sesi tersebut akan memberikan kesempatan pada negara anggota, PBB, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menyampaikan situasi global saat ini dan respons terhadapnya.

Dalam siaran persnya, Rabu (2/12) kemarin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam sesi khusus itu negara anggota dan lembaga-lembaga PBB akan mengidentifikasi celah di kebijakan dan operasi dalam merespon pandemi. Mereka juga akan membentuk aksi bersama untuk mengatasi krisis ini.

Diketahui, pada hari pertama digelarnya majelis umum itu, negara anggota akan menyampaikan pidato pembukaan. Sedangkan di hari kedua, ada dialog interaktif dari para pemangku kepentingan.

Diskusi akan fokus membahas akses pada vaksin serta dampak sosial-ekonomi dan pemulihan pandemi termasuk pendanaan untuk memastikan tidak ada yang tertinggal dalam proses pemulihan. Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dan pejabat WHO lainnya akan terlibat dalam pertemuan virtual acara ini.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru