Birthday Spotlight: Happy Siwan Day
Selebriti

Im Siwan berulang tahun ke-32 pada 1 Desember. Untuk merayakannya, WowKeren akan mengulas tuntas karier aktor yang dulunya idol itu melalui rubrik Birthday Spotlight.

WowKeren - Im Siwan atau lebih dikenal sebagai Siwan berulang tahun ke-32 (menurut perhitungan internasional) pada 1 Desember. Untuk merayakannya, WowKeren akan mengulas tuntas karier aktor yang dulunya idol itu melalui rubrik Birthday Spotlight.

Im Siwan merupakan penyanyi dan aktor Korea Selatan yang cukup terkenal. Ia adalah anggota boyband Korea Selatan ZE:A serta sub-grupnya ZE:A Five.


Sebagai seorang aktor, Im Siwan terkenal karena membintangi film "The Attorney" (2013) dan drama hits tvN "Misaeng: Incomplete Life" (2014), yang sama-sama sukses di box office dan rating.

Im Siwan dikenal karena visualnya yang tampan dan imut. Aktingnya juga sangat keren. Tak perlu berlama, yuk intip perjalanan karier Im Siwan sejak pra debut hingga kini.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Im Siwan lahir dengan nama Im Woongjae di Busan, Korea Selatan dan bersekolah di Busan Gudeok High School, Busan National University, University of East Broadcasting Arts serta kini belajar di Woosong Information College. Ia secara resmi mengubah nama depannya dari Woongjae menjadi Siwan sebelum debutnya.

Saat menghadiri Chin Chin Song Festival di Busan, Star Empire merekrut Im Siwan sebagai trainee. Ia kemudian bergabung dengan grup beranggotakan sembilan orang yang disebut Children of Empire, di mana ia berlatih selama tiga tahun.

Pada 2009, Children of Empire mulai melakukan pertunjukan gerilya di seluruh negeri. Pada 7 Januari 2010, Siwan bersama grup ini memulai debutnya dengan mini album bertajuk "Nativity" dengan nama ZE:A.

2. Debut


Debut

Im Siwan bersama ZE: A pertama kali memulai debutnya dengan mini album "Nativity" pada 7 Januari 2010 di Korea Selatan. Dengan lagu utama "Mazeltov", para member sukses membuat penggemar kagum dengan penampilan hardcore mereka serta menampilkan vokal live mereka.

Ketika debut ZE:A harus mengikuti tren serta menyamarkan suara mereka dengan suara latar. Apa yang sebenarnya tidak diketahui kebanyakan orang adalah bahwa ZE:A mencapai nomor 1 di tangga album Daum dan tangga lagu artis serta menempati posisi ke-3 di tangga lagu Oricon pada hari debut mereka.

Im Siwan memulai debutnya sebagai aktor pada 2012 dengan membintangi drama hits "The Moon Embracing The Sun". Saat itu ia mendapatkan peran remaja dari salah satu aktor pemeran utama drama tersebut. Akting dan visualnya menerima respons positif.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Sebagai idol, Siwan tidak pernah meraih kemenangan perdana acara musik bersama ZE:A. Namun kariernya di dunia akting cukup sukses. Ia menerima sejumlah penghargaan berkat aktingnya di drama maupun film.

Pada 2013, Im Siwan membintangi film "The Attorney", memerankan seorang aktivis mahasiswa muda yang ditahan dan disiksa oleh polisi atas tuduhan simpatisan komunis. Film ini sukses kritis dan komersial, menjual lebih dari 11 juta tiket untuk menjadi film Korea terlaris ke-8 sepanjang masa. Siwan memenangkan Aktor Baru Terbaik di Max Movie Awards dan Marie Claire Film Festival.

Kemudian pada 2014, Im Siwan membintangi drama adaptasi webtoon "Misaeng: Incomplete Life" yang sukses besar. Drama ini mencatat rating pemirsa yang tinggi, dengan puncak 8,4 persen dan dijuluki sebagai "fenomena budaya". Siwan memenangkan Excellence Award di APAN Star Awards ke-4, serta penghargaan Aktor Baru Terbaik di Cable TV Broadcasting Awards dan Baeksang Arts Awards saat itu.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Im Siwan menandai aktivitas solonya sebagai aktot dengan membintangi drama kerajaan "The Moon Embracing The Sun" pada 2012, memainkan versi muda Heo Yeom. Drama yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Han Ga In ini melampaui rating 40 persen dan memperoleh status "drama nasional", membuat Siwan menjadi terkenal.

Kemudian pada 2013, Im Siwan membintangi film "The Attorney" membuat aktingnya sebagai idol-aktor semakin diakui. Ia kembali ke layar televisi pada 2014 dengan membintangi "Triangle" dan "Misaeng: Incomplete Life".

Im Siwan terus melanjutkan karier aktingnya dengan membintangi dua film, "One Line" dan "The Merciless". Pada tahun yang sama, Siwan membintangi melodrama sejarah "The King in Love", berperan sebagai putra mahkota yang ambisius.

Im Siwan sempat hiatus karena dinas militernya. Pada 2019, Siwan berperan dalam drama thriller "Strangers from Hell", drama adaptasi webtoon dengan nama yang sama. Ini menandai proyek pertamanya setelah wajib militer.

5. Kontroversi


Kontroversi

Im Siwan secara resmi memulai dinas wajib militernya pada 11 Juli 2017 dan terpilih menjadi asisten instruktur untuk anggota baru karena penampilannya yang bagus. Namun Siwan sempat menuai kontroversi pada 2019 setelah jatah cutinya terungkap.

Im Siwan menarik perhatian yang tidak diinginkan dari para kritikus setelah terungkap bahwa ia mengambil 123 hari libur saat bertugas di militer. Menanggapi kontroversi, Markas Besar Tentara Korea merilis pernyataan sehubungan dengan perlakuan istimewa di militer yang melibatkan Siwan.

Im Siwan dituduh menggunakan status selebritisnya untuk mendapatkan perlakuan istimewa. Agensinya menanggapi dengan mengklarifikasi bahwa ia tidak menerimanya.

Markas Besar Angkatan Darat Korea menegaskan lebih lanjut bahwa Im Siwan tidak menerima keuntungan yang tidak adil sehubungan dengan hari-hari liburannya. "Tidak ada keuntungan yang tidak adil sehubungan dengan jumlah hari libur Im Siwan. Tentara lain yang bukan selebriti juga mendapat hari libur berdasarkan standar yang sama," jelas mereka.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Im Siwan kembali aktif di dunia akting setelah merampungkan dinas militernya pada 2019. Ia segera menyapa penggemar melalui drama barunya yang berjudul "Run On" bersama Shin Se Kyung, Sooyoung Girls' Generation serta Kang Tae Oh. Drama ini dijadwalkan tayang perdana pada 16 Desember mendatang di JTBC.

"Run On" menceritakan kisah cinta Kim Sun Gyeom (Siwan) dan Oh Mi Joo (Shin Se Kyung). Ki Sun Gyeom pernah menjadi pelari cepat populer untuk tim nasional. Karena suatu kasus, ia berhenti dari olahraga tersebut. Sun Gyeom kemudian mulai bekerja sebagai agen olahraga.

Sementara itu, Oh Mi Joo menulis terjemahan subtitle untuk film. Ia sangat senang ketika dia pertama kali menyebut namanya sebagai penerjemah di bagian akhir kredit. Ia bertemu Ki Sun Gyeom, yang baru saja berhenti menjadi pelari cepat dan merasa mereka ditakdirkan untuk bertemu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait