Dirjen WHO Akui Kecewa Berat Tim Investigasi Covid-19 Tak Diizinkan Masuk Tiongkok
Dunia

Tim yang terdiri atas 10 orang pakar dari seluruh dunia itu harusnya sudah berangkat pada awal Januari setelah menunggu lama izin masuk dari Negeri Tirai Bambu.

WowKeren - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan bahwa ia sangat kecewa lantaran Tiongkok belum mengizinkan tim pakar internasional untuk masuk. Sebagaimana diketahui, tim tersebut rencananya akan meneliti asal mula virus corona yang pertama kali dideteksi di Wuhan, Tiongkok.

"Hari ini kami mengetahui, Pemerintah Tiongkok belum memfinalisasi izin yang dibutuhkan tim tiba di Tiongkok," kata Tedros dalam konferensi pers di Jenewa, Swiss, pada Selasa (5/1) waktu setempat.

Tim yang terdiri atas 10 orang pakar dari seluruh dunia itu harusnya sudah berangkat pada awal Januari setelah menunggu lama izin masuk dari Tiongkok. Tedros mengatakan ia sudah menghubungi pejabat senior pemerintah Negeri Tirai Bambu atas hal ini. "Dan sekali lagi saya tegaskan, misi ini prioritas bagi WHO," tambahnya.

Lebih lanjut, Tedros juga mengatakan bahwa misi tersebut dikembangkan bersama Beijing. Misi tersebut dipimpin pakar penyakit lintas spesies WHO Peter Ben Embarek yang melakukan penelitian awal pada Juli lalu.


Sementara itu, Kepala Bagian Kedaruratan WHO, Mike Ryan, mengatakan bahwa dua anggota tim internasional itu sudah memulai perjalanan mereka ke Tiongkok. Salah satu di antaranya sudah pulang dan satu lagi transit di negara ketiga.

"(Namun) kami yakin dan berharap ini hanya masalah birokrasi dan logistik yang dapat diselesaikan dengan cepat," katanya.

Menjelang misi ini digelar, Beijing berusaha mengubah bentuk narasi mengenai bagaimana pandemi dimulai. Diplomat senior Tiongkok, Wang Yi, mengatakan bahwa semakin banyak penelitian justru menunjukkan virus muncul di berbagai kawasan.

Di sisi lain, hingga kini Tiongkok sendiri terus menepis kritikan terhadap penanggulangan penyebaran virus di awal-awal pandemi akhir tahun 2019 lalu.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait