Media Tiongkok Olok Kerusuhan Massa Trump di Capitol, Samakan dengan Kericuhan Hong Kong
Getty Images
Dunia

Meski tampak serupa, namun ada perbedaan mencolok terkait penyebab dan motivasi dari kericuhan yang terjadi di Capitol Hill pada Rabu (6/1) dan di Hong Kong pada 2019 lalu.

WowKeren - Media Tiongkok rupanya menjadikan kerusuhan yang terjadi di Capitol Hill, Amerika Serikat, sebagai bahan olok-olokan. Tabloid pemerintah Tiongkok, Global Times, bahkan membandingkan kerusuhan itu dengan aksi protes anti-pemerintah Hong Kong pada 2019 melalui sebuah gambar yang diposting di Twitter.

Dalam postingannya, terlihat foto demonstran Hong Kong yang menduduki Kompleks Dewan Legislatif kota pada Juli 2019 berdampingan dengan foto dari kerusuhan di Washington pada Rabu (6/1) waktu setempat.

"Nancy Pelosi (ketua DPR AS) pernah menyebut kerusuhan Hong Kong sebagai 'pemandangan yang indah untuk dilihat'- masih belum terlihat apakah dia akan mengatakan hal yang sama tentang perkembangan terkini di Capitol Hill," ejek Global Times di Twitter.

Di platform media sosial Tiongkok, Weibo, Liga Pemuda Komunis Tiongkok juga mengejek kerusuhan AS sebagai "pemandangan indah".


Di sisi lain, meski tampak serupa, namun ada perbedaan mencolok terkait penyebab dan motivasi dari kericuhan di Hong Kong dan AS. Demonstran Hong Kong menerobos ke badan legislatif untuk menuntut demokrasi penuh dan menghentikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Keamanan Nasional.

Sejak itu, Tiongkok bersikap keras terhadap Hong Kong dengan memberlakukan undang-undang tersebut, menangkap sejumlah kritikus, dan membungkam perbedaan pendapat.

Sementara di Capitol Hill, AS, kerusuhan dipicu oleh massa pendukung Donald Trump yang mencoba membatalkan pengesahan hasil pemilihan presiden 2020. Mereka menyerbu dan merusak Gedung Capitol sebagai bentuk penolakan pengukuhan kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden tahun ini oleh Kongres.

Menurut sumber seorang anggota Kongres AS, petugas kepolisian pengamanan obyek vital langsung bersiaga dengan mencabut senjata api mereka ketika massa Trump hendak menerobos ke ruang sidang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait