Tiongkok Bakal Beri Vaksin Covid-19 Gratis untuk Myanmar
Dunia

Hal tersebut disepakati dalam kunjungan pertama Menlu Tiongkok, Wang Yi, ke Myanmar. Beijing akan mengirimkan vaksin Covid-19 ke Myanmar untuk mengendalikan pandemi.

WowKeren - Tiongkok akan memberikan vaksin Covid-19 secara gratis pada Myanmar. Hal tersebut disepakati dalam kunjungan pertama Menteri Luar Negeri (Menlu) Tiongkok, Wang Yi, ke Myanmar pada Senin (11/1) waktu setempat.

"Tiongkok akan terus menyediakan materi anti-epidemi sesuai kebutuhan Myanmar. Kami akan memberikan satu batch vaksin virus corona gratis dan akan melanjutkan diskusi tentang kerja sma vaksin," ujar Kementerian Luar Negeri Tiongkok dalam sebuah pernyataan.

Disebutkan bahwa Beijing akan mengirimkan vaksin Covid-19 ke Myanmar untuk mengendalikan pandemi. "Saya yakin persahabatan antara China dan Myanmar akan semakin dalam melalui uji pandemi Covid-19," kata Wang kepada Presiden Myanmar U Win Myint di Naypyitaw.


Kementerian juga mengatakan bahwa ketika diplomat tertinggi, Wang Yi, bertemu dengan panglima tertinggi militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing, dia meminta dukungan militer untuk Koridor Ekonomi Tiongkok-Myanmar.

Dilansir dari Republika, Koridor adalah jaringan yang sebagian sudah ada dan sebagian terencana untuk proyek transportasi dan infrastruktur lainnya yang melewati daerah di mana faksi etnis minoritas saling berperang dan pasukan pemerintah. Pertempuran di timur laut Myanmar terkadang membuat para pengungsi melarikan diri dari perbatasan ke Tiongkok.

Sementara itu, kementerian luar negeri Tiongkok mengatakan Menlu Wang Yi melakukan perjalanan dinas resmi enam hari ke wilayah Asia akan mencakup kunjungan resmi ke Indonesia, Brunei dan Filipina, serta ibu kota Myanmar Naypyidaw.

Pada pekan sebelumnya, Menlu Wang Yi mengunjungi lima negara di Afrika. Dalam kunjungannya, Tiongkok berjanji untuk memperkuat kerja sama dalam segala hal mulai dari kesehatan, pertanian, militer, hingga infrastruktur.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru