Tak Kalah Seru dan Menantang, 7 Profesi Ini Cocok Bagi Kamu yang Kurang Suka Kerja Kantoran
Unsplash/Ant Rozetsky
SerbaSerbi

Ada sebagian orang yang menganggap pekerjaan kantoran kurang seru dan menantang. Atau bagi mereka yang tak suka terikat dengan atasan dan seabrek aturan, akan memilih berhenti.

WowKeren - Bekerja adalah cara manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan bekerja, manusia mendapatkan penghasilan yang bisa digunakan untuk membeli keperluan hidup sehari-hari. Jenis pekerjaan pun juga bermacam-macam.

Pada umumnya, pekerjaan kantoran dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang ideal. Tergantung masing-masing bidang yang digeluti, masing-masing pekerjaan kantoran menawarkan benefit yang berbeda-beda. Meski demikian, rupanya tak semua orang cocok dengan pekerjaan yang satu ini.

Ada sebagian orang yang menganggap pekerjaan kantoran kurang seru dan menantang. Atau bagi mereka yang tak suka terikat dengan atasan dan seabrek aturan, terkadang banyak yang memilih untuk berhenti. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, sepertinya beberapa jenis pekerjaan ini cocok untukmu.

(wk/zodi)

1. Penulis


Penulis
Unsplash/Hannah Olinger

Bosan dengan pola pekerjaan di kantor? Kalau kamu cukup percaya diri dengan kemampuan menulis yang kamu miliki, kamu bisa melamar pekerjaan lepas untuk menjadi content writer ataupun copy writer. Pekerjaan ini boleh dibilang gampang-gampang susah.

Jika kamu merasa masih belum memiliki kemampuan yang mumpuni, ada banyak tutorial maupun tips-tips yang bisa kamu dapatkan untuk menjadi penulis andal. Oh ya. jika kamu kurang cocok dengan dua profesi yang disebutkan itu, kamu bisa kok menulis bukumu sendiri untuk dijual, asalkan kamu bisa membuat karya yang menarik.

2. Fotografer


Fotografer
Unsplash/Emmanuel gido

Opsi pekerjaan lain yang membuatmu tidak harus berada di kantor adalah menjadi seorang fotografer. Tentu saja, jika kamu memang sudah memiliki hobi yang satu ini dan ingin mengembangkannya. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang suka berkeliling dan mengabadikan momen menarik.

Jika kamu seorang pemula, tak perlu berkecil hati karena kamu bisa banyak belajar dari para fotografer profesional. Oh ya, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, jangan ragu untuk merogoh kocek lebih dalam guna membeli perlengkapan yang memang berkualitas.

3. Influencer


Influencer
Unsplash/Laura Chouette

Profesi yang satu ini sepertinya tengah naik daun akhir-akhir ini. Hal ini tak mengherankan mengingat penggunaan media sosial juga kian menjamur. Ditambah dengan semakin banyaknya masyarakat yang saban hari turut meramaikan jagat maya.

Kondisi ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menjalankan program marketing mereka. Di sinilah pekerjaan influencer dimulai. Semakin banyak pengikut akun media sosialmu maka akan semakin baik untuk mendukung pekerjaanmu sebagai endorser. Pengikut yang banyak adalah modal untuk bekerja sama dengan klien.

4. Online Seller


Online Seller
Unsplash/Sigmund

Opsi lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan berdagang. Bukan dengan menjajakan barang dagangan secara mulut ke mulut, tetapi kamu hanya perlu menjualnya secara online. Kamu bisa memasarkan barangmu secara langsung melalui akun media sosial.

Jika hasilnya kurang memuaskan, buatlah akun di lapak e-commerce untuk memasarkan daganganmu. Pekerjaan ini pada dasarnya tidak memerlukan keahlian khusus sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, banyaknya orang yang menyukai belanja online bisa menjadi peluang untuk mendongkrak usahamu, bukan?

5. Reporter


Reporter
Unsplash/engin akyurt

Kalau kamu memiliki jiwa petualang dan pemberani, bisa mencoba melamar sebagai reporter lapangan. Sebagai seorang reporter, kamu dituntut untuk setiap saat bersedia terjun ke lapangan untuk mencari sumber berita. Kamu juga akan dihadapkan pada narasumber dengan karakter yang beragam.

Pekerjaan ini memang cukup menantang. Terutama jika harus melaporkan berita dari tempat terjadinya bencana atau demonstrasi. Jika kamu merasa memang ini adalah pekerjaan yang kamu cari, maka segeralah mencari lowongan kerja untuk bidang ini.

6. Guru Les Privat


Guru Les Privat
Unsplash/Beci Harmony

Punya kemampuan membimbing orang lain untuk belajar? Kamu bisa menjadi guru les privat. Pahami di bidang apa kamu mempunyai kemampuan menonjol. Misalnya bidang bahasa, atau sains dan teknologi. Kamu bisa membantu adik-adik di jenjang SMP maupun SMA untuk mempelajari sesuatu yang tidak bisa mereka pahami dari penjelasan di sekolah.

Untuk terjun ke pekerjaan ini, kamu bisa membagikan info kontakmu kepada orang-orang terdekat atau tetangga yang membutuhkan. Jika belum membuahkan hasil maka bergabunglah dengan lembaga belajar. Pekerjaan ini memang tidak mudah namun memerlukan kesabaran yang lumayan tinggi.

7. Videografer


Videografer
Unsplash/Salemi Wenda

Profesi yang satu ini hampir sama dengan fotografer. Namun bedanya, dengan menjadi videografer, kamu akan mengabadikan momen berharga dalam bentuk video yang bisa dilihat dan didengar oleh banyak orang. Jasamu akan banyak diperlukan ketika orang melangsungkan acara penting seperti acara pernikahan atau ulang tahun.

Pada dasarnya tujuan bekerja adalah untuk mendapatkan uang agar bisa memenuhi kebutuhan. Tetapi bagi sebagian orang, bekerja memiliki makna lebih dari itu. Akan lebih baik jika kamu bekerja sesuai passion kamu sehingga kamu tidak akan merasa tertekan dalam menjalaninya.

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, kamu juga bisa berwirausaha untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Tak perlu khawatir soal modal, kamu bisa mendapatkannya dari sumber-sumber ini. Ingat, kamu juga harus memiliki sifat-sifat tertentu jika ingin sukses jadi seorang pengusaha.

You can share this post!

Related Posts