Penyeimbang Iklim Hingga Sediakan Air Bersih, Ini 8 Alasan Krusial Hutan Harus Dijaga Kelestariannya
Pxhere
SerbaSerbi

Keberadaan hutan memainkan peranan yang sangat penting bagi makhluk hidup di muka bumi. Salah satunya yang tak tergantikan adalah fungsinya sebagai penyedia oksigen.

WowKeren - Persoalan terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih marak terjadi di Indonesia. Karhutla terus terjadi hampir setiap tahun di sebagian wilayah Tanah Air. Seperti yang belum lama ini terjadi di Kalimantan.

Awal pekan lalu, Senin (1/3) karhutla dilaporkan kembali terjadi di Kalimantan Barat. Karhutla yang terjadi di wilayah ini sebelumnya bahkan telah melahap dua bangunan sekolah menengah. Selain itu, asap akibat karhutla juga bisa berdampak buruk bagi pernapasan.

Sejatinya, keberadaan hutan memainkan peranan yang sangat penting bagi makhluk hidup di muka bumi. Salah satunya yang tak tergantikan adalah fungsinya sebagai penyedia oksigen. Ada banyak alasan hutan harus tetap dijaga kelestariannya demi keberlangsungan makhluk hidup di muka bumi. Berikut beberapa di antaranya.

(wk/zodi)

1. Menyediakan Oksigen untuk Bernapas


Menyediakan Oksigen untuk Bernapas
Pixahive

Aktivitas fotosintesis yang dilakukan tumbuhan hijau menghasilkan oksigen yang diperlukan oleh hewan dan manusia untuk bernapas. Bahkan hutan hujan Amazon disebut-sebut menghasilkan seperlima oksigen di muka bumi. Yang mana, karhutla juga pernah dilaporkan terjadi di tempat ini.

Pohon-pohon di hutan akan menyerap karbon dioksida dari udara dan dengan bantuan sinar matahari akan mengubahnya menjadi oksigen. Satu pohon dewasa dan berdaun diperkirakan menghasilkan suplai oksigen sehari untuk dua sampai 10 orang.

2. Sumber Air Bersih


Sumber Air Bersih
Pixnio

Sebagian besar wilayah permukaan bumi terdiri dari perairan. Sebagai informasi, perbandingan luas daratan dan lautan di muka bumi adalah sekitar 3:7. Meski demikian, 90 persen lebih air berupa lautan sedangkan air bersihnya hanya sekitar 3,5 persen saja.

Di Amerika Serikat, lebih dari 3.000 komunitas mendapatkan air minum dari daerah aliran sungai yang terletak di hutan lindung dan padang rumput. Air bersih yang dihasilkan dari hutan merupakan sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

3. Sebagai Penyeimbang Iklim


Sebagai Penyeimbang Iklim
Pixabay

Manfaat hutan yang satu ini pasti sudah sering kita dengar, bukan? Karbon dioksida yang dihasilkan oleh makhluk hidup, terutama oleh manusia melalui kegiatan industri mampu memperburuk pemanasan global yang terjadi di permukaan bumi.

Di sinilah hutan memainkan perannya dengan menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Dengan kata lain, hutan membantu memerangi pemanasan global. Selain CO2, pohon juga menyerap polutan udara lainnya seperti sulfur dioksida dan karbon monoksida.

4. Menjadi Tempat Tinggal Jutaan Hewan


Menjadi Tempat Tinggal Jutaan Hewan
Pxhere

Berbicara mengenai manfaat hutan memang tidak akan ada habisnya. Selain menjaga iklim dan menghasilkan oksigen, hutan menyediakan tempat tinggal bagi jutaan spesies hewan di muka bumi. Hutan menjadi rumah bagi 80 persen keanekaragaman hayati bumi yang ada di daratan.

Jadi, bisa kamu bayangkan ketika terjadi kebakaran hutan maka kehidupan jutaan spesies hewan ini bisa terancam. Sejatinya, selain karhutla, dampak deforestasi juga menjadi masalah yang cukup serius karena bisa mengancam habitat makhluk hidup.

5. Mencegah Banjir


Mencegah Banjir
Pixabay

Tidak seperti pohon di pekarangan rumah, pohon-pohon yang ada di hutan memiliki akar yang lebih kokoh dan tebal. Akar pohon ini adalah kunci utama dalam mencegah banjir ketika hujan lebat terjadi. Terutama untuk daerah yang ada di bantaran sungai.

Akar-akar ini akan menyerap air hujan yang jatuh ke permukaan tanah. Sistem akar pohon yang kokoh akan menahan tanah pada tempatnya sehingga mencegah terjadinya erosi. Beberapa waktu lalu bencana banjir dilaporkan terjadi di beberapa wilayah Indonesia, yang mana salah satu faktornya disebut-sebut karena semakin berkurangnya daerah hijau.

6. Menjaga Tanah Tetap Bersih


Menjaga Tanah Tetap Bersih
Pixnio

Masih berkaitan dengan poin nomor 5, jaringan akar pohon yang kuat mampu mencegah erosi. Penggundulan hutan tidak hanya mengganggu semua itu, tetapi erosi tanah yang terjadi selanjutnya dapat memicu masalah baru yang mengancam jiwa.

Misalnya seperti tanah longsor dan badai debu. Selain itu, hutan juga dapat menggunakan fitoremediasi untuk membersihkan polutan tertentu yang berguna untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Fitoremediasi adalah upaya menggunakan bagian tanaman untuk dekontaminasi limbah.

7. Sumber Makanan Bagi Makhluk Hidup


Sumber Makanan Bagi Makhluk Hidup
Hippopx

Alasan mengapa banyak makhluk hidup bisa tinggal di hutan adalah karena di tempat ini mereka mendapatkan makanan yang diperlukan. Bagi karnivora, hutan menyediakan hewan untuk dikonsumsi dan bagi herbivora, hutan menyediakan tanaman untuk mereka makan.

Selain itu bagi manusia, pohon juga menghasilkan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian maupun getah tertentu. Selain itu, berbagai jamur yang bisa dimakan maupun buah beri juga bisa ditemukan di hutan.

8. Sumber Mata Pencaharian


Sumber Mata Pencaharian
Pixabay

Menurut data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari 1,6 penduduk dunia menggantungkan hidup mereka pada hutan sebagai mata pencaharian. Sepuluh juta orang bahkan dipekerjakan untuk mendukung upaya konservasi hutan.

Hutan menyumbang sekitar 1 persen dari produk domestik bruto global. Tak hanya produk kayu tetapi juga non-kayu, yang mana produksi ini telah membantu lebih dari 80 persen penduduk di negara berkembang. Kertas maupun pakaian adalah hasil hutan dari sumber daya yang terbarukan.

Demikian berbagai manfaat hutan yang sangat penting. Hilangnya daerah resapan bisa memicu terjadinya banjir, yang mana hal ini juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips evakuasi aman saat banjir.

You can share this post!

Related Posts