Rafael Tan Pernah Sholat Hingga Dalami Agama Budha, Alasan Unik Masuk Kristen Terkuak
Instagram/rafaell_16
Selebriti

Semasa kecil, Rafael Tan pernah memeluk tiga agama sekaligus. Ia mengungkap jika pagi ia ikut sekolah minggu di gereja, siang berdoa di vihara hingga sholat pada sore harinya.

WowKeren - Sosok seleb sekaligus penyanyi tampan Rafael Tan sempat mengungkap masa lalunya. Tak disangka, member SMA*SH tersebut ternyata pernah memeluk tiga agama sekaligus.

Rafael mengungkap di podcast Daniel Mananta jika ia pernah memeluk agama Islam. Selain itu, Rafael juga mempelajari agama Budha dan Kristen.

"Gue juga dibesarkan dengan keluarga yang berbagai macam budaya, berbagai macam agama. Bokap saat itu, pas gue udah lahir itu bokap sudah muslim, sebelumnya Budha. Kalau nyokap Budha. Terus kenapa gue ada di gereja?" seru Rafael.

Ia kemudian mengungkap kalau dirinya sejak kecil kerap diajak ke gereja. "Waktu kecil dari mungkin umur 1 sampai berapa tahun ya? Sampai kelas 1 SD itu ya masih ikut-ikutan aja. Cuma waktu SD kelas 2 kalo ga salah nyokap bawa gue ke gereja," terangnya.

Rafael sempat mengungkap alasan unik terkait dirinya dibawa ke gereja hingga memeluk agama Kristen. Rupanya semua berawal dari keinginan sang ibu untuk menyekolahkan Rafael yang jago menyanyi.


"Ini ada ceritanya sih, jadi dari kecil gua suka nyanyi. Nyokap gue ingin gua sekolah nyanyi yang proper, terus ada salah satu temannya bilang bawa ke gereja aja. Di gereja kan ada paduan suara, nyokap gue ikutin aja karena ya enggak ada pilihan, akhirnya bawa gue ke gereja. Jadi alasan gue dibawa ke gereja ya karena supaya gue masuk paduan suara, bukan karena kenal Tuhan Yesus, supaya belajar firman Tuhan, enggak," seru Rafael.

Disaat bersamaan, Rafael juga mengungkap kalau dia menunaikan sholat dan beribadah di vihara. Hal itu ia lakukan dari pagi, siang hingga sore.

"(Agama) Tiga-tiganya. Jadi gini, misalnya hari Minggu, waktunya ke gereja, pagi-pagi gue ke gerja sekolah minggu," terang Rafael. "Siangnya itu gua ikut nyokap, karena di vihara pun ada satu komunitas kayak sekolah Minggu anak-anak kecil yang untuk belajar Kitab Tripitaka untuk sembayang. Nah, sore pulang ke rumah, bokap sholat Maghrib, gue ikut sholat Maghrib juga."

Bahkan Rafael juga punya perlengkapan sholat. "Gua punya sajadah sendiri, sarung, sampai peci sendiri," tuturnya.

Namun setelah mendalami tiga agama tersebut, Rafael ternyata lebih mantap memeluk agama Kristen. Beranjak besar, ia terus konsisten mendalami agam Kristen. Tak cuma itu, Rafael memutuskan tobat dan dibaptis pada akhir 2020.

"Tapi dalam hati kecil sih gue, meskipun gue mengikuti 3 agama ini, tapi dalam hati kecil gue, gue kalau berdoa selalu sama Tuhan Yesus," tuturnya. "Gua baru bertobat tahun lalu, gua masih belajar memahami."

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts