Mendorong Anak Agar Mau Berpuasa, Tantri Kotak Sampai Konsultasi Ke Tokoh Ini
Instagram/tantrisyalindri
Selebriti
Ramadhan 2021

Mendorong agar anak mau berpuasa tentu saja membutuhkan usaha ekstra, seperti yang Tantri Kotak lakukan. Bahkan ia sampai harus berkonsultasi dengan seorang tokoh ternama dalam menerapkan metode pengajaran berpuasa untuk anak.

WowKeren - Tantri Kotak sedang mengalami tantangan baru sebagai orangtua. Pasalnya, anak pertamanya baru mulai belajar puasa di Ramadan tahun ini.

Dalam mengajari anak berpuasa, Tantri menemui kendala. Seperti yang ia ungkapkan lewat postingan di Instagram pada Sabtu (17/4). Tantri bercerita bahwa anaknya sulit dibangunkan sehingga melewatkan sahur dan berujung tidak kuat puasa.

"Kara belajar puasa mulai tahun ini, dari hari pertama dia udah kuat untuk puasa sampe jam 2 siang tanpa sahur karena susah banget dibanguninnya," buka Tantri dalam pada caption-nya.

Selanjutnya, Tantri mengungkapkan jika Kara masih sulit dibangunkan sehingga hanya berpuasa sampai jam 10 siang. Baginya, kelakuan anak pertamanya itu sangat lucu.

Lalu ia mengaku bahwa tidak menjanjikan hadiah agar anak semangat puasa. Hal itu disebabkan, Tantri sempat bertemu dengan ulama Quraish Shihab yang memberi masukan agar tidak menjanjikan hadiah saat mengajari anak berpuasa.


"Nah pas ada kesempatan ketemu abi Quraish shihab beliau bilang itu cara pengajaran yang salah, beribadah dengan syarat," ungkapnya. "Beribadah itu harus ikhlas, beritahu puasa untuk Allah."

Untuk menumbuhkan rasa ikhlas dalam beribadah, Tantri menerima nasihat untuk menceritakan hal baik tentang puasa. Tak hanya itu, pengertian yang diberikan haruslah dapat dimengerti oleh sang anak. Sehingga peran orangtua sangat besar untuk memupuk rasa ikhlas anak untuk beribadah.

Kemudian Tantri menceritakan bahwa Kara sudah bisa belajar puasa tanpa diberi hadiah apapun di usia lima tahun. Selain itu, Kara sudah bisa jadi teman yang baik saat melaksanakan ibadah tarawih.

"Kalo kalian pake metode apa untuk ngajarin anak berpuasa? Share dong," tutupnya.

Pada postingan tersebut, Tantri mengunggah foto selfie dirinya sendiri. Tak lupa ia bertanya pada netizen bagaimana cara mengajari anak berpuasa. Kemudian pertanyaan Tantri itu dijawab beragam oleh netizen.

Senada dengan Tantri, mayoritas netizen di kolom komentarnya tidak menerapkan sistem pemberian hadiah. Sebagai gantinya, dengan memberitahu anak untuk berpuasa agar disayangi Allah sudah cukup. Meski dalam prosesnya tidaklah seketika membuat anak mau berpuasa.

"Sama anaku juga belajar puasa tanpa di kasih reward,,bertahan sampai bedug 😂😂😂 kadang dikit ² haus 'aku minum dulu ya haus,nanti puasa lagi' 😂," kata @alo****swbxn. "Anakku belum genap 5 th...sdh belajar puasa...ada reward ya...di sayang Allah...," ujar akun @wij****aqcmf.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts