Istri Ridwan Kamil Positif COVID-19 Walau Sudah Terima 2 Dosis Vaksin, Kemenkes Buka Suara
Instagram/ridwankamil
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil dikonfirmasi positif COVID-19 ketika statusnya sudah menerima vaksin sebanyak 2 kali. Lantas apa penyebab di balik kasus infeksi ini?

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengabarkan bahwa sang istri, Atalia Praratya, kini dikonfirmasi positif COVID-19. Yang kemudian menjadi sorotan, Atalia rupanya juga telah menerima dua kali suntikan vaksin COVID-19.

Kabar positif ini tentu memicu pertanyaan, apakah pertanda vaksin yang disuntikkan tidak efektif menangkal infeksi virus Corona? Kementerian Kesehatan pun buka suara dan menegaskan bahwa penerima vaksin pun masih memiliki peluang untuk terjangkit COVID-19 karena nilai efikasi atau kemanjurannya yang tidak sampai 100 persen.

"Selama masa pandemi, kemungkinan penularan akan tetap terjadi. Semua vaksin memiliki efikasi 65 sampai 95 persen, tidak ada yang 100 persen. Artinya, risiko kita menjadi sakit sudah turun lebih dari 50 persen," terang Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, Minggu (18/4).

Dijelaskan Siti Nadia, vaksin hanya untuk mencegah supaya infeksi virus Corona yang terjadi tak sampai menimbulkan gejala berat. "Semua vaksin mencegah gejala berat dan perawatan RS sampai dengan 90 persen dan mencegah kematian lebih dari 95 persen," ungkap Siti Nadia, dikutip dari Detik News, Senin (19/4).


Kemudian, terdapat pula 3 faktor yang mempengaruhi penularan COVID-19. Yakni manusia, agen atau virusnya, lalu yang terakhir faktor lingkungan.

"Jadi kalau mobilitas tinggi dan juga kita ini dalam situasi pandemi, yang artinya jumlah dan laju penularan sangat besar," ujar Siti Nadia. "Maka risiko untuk tertular juga besar."

Karena itulah, kembali Siti Nadia mengingatkan, bahwa penerima vaksin COVID-19 tidak serta-merta bisa menganggap dirinya kebal virus. Bahkan saat ini juga terjadi kembali peningkatan kasus COVID-19 di negara yang sebelumnya seolah sudah berhasil mengatasi.

"Betul (tidak boleh merasa kebal karena sudah divaksin)," pungkas Siti Nadia menegaskan. "Kan sudah ada juga contohnya negara-negara yang meningkat kasusnya."

Atalia Praratya bukan satu-satunya penerima vaksin COVID-19 yang kemudian dikonfirmasi positif terjangkit penyakit tersebut. Di sisi lain, Ridwan Kamil sang suami mengabarkan bahwa dirinya beserta anak-anak mereka dalam kondisi negatif COVID-19.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts