Terjual Rp50 Miliar, 'Hekking Mona Lisa' Pecah Rekor Sebagai Lukisan Tiruan Termahal
Dunia

Sebuah lukisan replika bertajuk 'Hekking Mona Lisa' terjual sebesar EUR2,9 juta atau sekitar hampir Rp50 miliar dan menjadikannya rekor terbaru harga lukisan tiruan paling mahal.

WowKeren - Siapa yang tidak kenal dengan mahakarya penuh magis bertajuk "Mona Lisa"? Karya pelukis Italia Leonardo da Vinci itu begitu dikenal dan dikagumi, hingga memicu munculnya beberapa lukisan tiruan.

Salah satunya bertajuk "Hekking Mona Lisa" yang baru-baru ini terjual dengan harga luar biasa. Tak tanggung-tanggung, lukisan tiruan itu terjual lewat lelang di Prancis sampai senilai EUR2,9 juta, setara USD3,45 juta atau hampir Rp50 miliar, menjadikannya lukisan tiruan dengan rekor harga terbaru.

Setidaknya ada 14 orang yang terlibat dalam lelang tersebut, dengan angka tawaran beragam mulai dari EUR500.000 hingga EUR2,4 juta. Adalah rumah lelang Christie yang menggelar penjualan lukisan tersebut.

Tak dijelaskan detail apa yang membuat lukisan "Hekking Mona Lisa" sampai dihargai sedemikian mahal. Hanya saja pihak Rumah Lelang Christie memastikan bahwa lukisan tersebut memang benar-benar replika semata meski Raymond Hekking, sang pemilik lukisan sebelumnya, meyakini lukisan miliknya adalah barang orisinal.


"(Lukisan) itu terlihat seperti Mona Lisa," kata Direktur Internasional Lukisan Lama Rumah Lelang Christie, Pierre Etienne. "Tetapi kualitas eksekusinya bukan seperti Leonardo da Vinci."

Memang dalam pengisahannya, Hekking meyakini bahwa lukisan yang ia miliki adalah lukisan Mona Lisa yang asli. Sebab menurutnya lukisan karya da Vinci itu sudah dicuri dan malah dijual di sebuah toko di Provinsi Magagnosc di Prancis, sementara yang di Museum Louvre adalah barang palsu.

Tak banyak informasi yang bisa digali soal lukisan "Hekking Mona Lisa" selain bahwa lukisan tersebut dibuat oleh seorang pelukis tak bernama pada awal abad ke-17. Alias sekitar seratus tahun setelah Mona Lisa yang asli menjadi koleksi kerajaan Francois I, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Nilai penjualan yang fantastis ini pun ditanggapi positif oleh Etienne yang bertanggung jawab atas lelang "Hekking Mona Lisa". "(Penciptaan rekor baru harga penjualan lukisan replika ini) menunjukkan masih berlanjutnya sikap terpesona publik terhadap Mona Lisa, bahkan setelah berabad-abad setelah pembuatannya," tegas Etienne.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru