Kota di Jepang Punya Cara Unik Dongkrak Pariwisata: Rekrut Pramugari Jadi Pemandu Wisata Tur Taksi
Pexels/Tim Samuel
Dunia

Para pejabat telah memanggil pramugari JAL untuk memberikan layanan sebagai pemandu. Maskapai ini dikenal memiliki reputasi yang luar biasa untuk layanan pelanggan.

WowKeren - Negara-negara di dunia telah merasakan bagaimana pandemi COVID-19 memukul sektor pariwisata mereka. Tak terkecuali Jepang.

Salah satu kota di Jepang, Izumo, memiliki cara unik untuk memulihkan sektor wisatanya. Melirik sektor penerbangan, kota ini memberikan penawaran unik di mana mereka merekrut pramugari untuk mengantar wisatawan berkeliling kota dengan naik taksi.

Cara ini dilakukan untuk mendorong para wisatawan agar mau meluangkan lebih banyak waktu untuk tinggal lebih lama di Kota Izumo. Sebab, kota ini memiliki pemandangan dan atraksi yang bisa ditawarkan. Sering kali para pelancong hanya mengunjungi tempat paling terkenal, Kuil Izumo Taisha.

Tur taksi yang disebut Usagi-go (kelinci) dimulai pada bulan September tahun lalu. Pemandu wanita lokal akan menemani pengendara taksi dalam tur ke tempat-tempat wisata kota. Penawaran baru ini telah terbukti populer, dan gagasan ini menjadi harapan untuk taktik pariwisata taksi yang baru.


Para pejabat memutuskan bahwa pada musim semi, mereka akan memanggil pramugari dari Japan Airlines Co. (JAL) untuk memberikan layanan sebagai pemandu. Maskapai ini dikenal memiliki reputasi yang luar biasa untuk layanan pelanggan.

Seakan seperti simbiosis mutualisme, kerja sama ini dinilai cukup menguntungkan. Izumo sedang mencari cara baru untuk mempromosikan pariwisata sedangkan JAL berjuang untuk menangani personel tanpa tugas di mana jumlah penerbangan terjadwal telah dikurangi secara signifikan di tengah pandemi.

Sekitar 20 pramugari dan anggota staf lainnya menjalani program pelatihan untuk mempelajari Izumo pada bulan April. Langkah itu diambil sebagai persiapan untuk debut mereka pada tanggal 4 Mei.

Peluncuran rencana ini ditunda karena pemerintah telah mengeluarkan status darurat untuk Tokyo, Osaka dan daerah lainnya. Namun karena banyak yang menanyakan kesediaan tur ini, mendorong kota untuk segera meningkatkan jumlah yang ditawarkan.

"Karena perpanjangan versi pramugari Usagi-go memberi kami ledakan momentum," kata Toshiyuki Mitsunari, Kepala Departemen Pariwisata Kota. "Kami akan melanjutkan dengan promosi pariwisata untuk menarik lebih banyak orang untuk tinggal di kota."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait