Fenomena Gelombang Pasang Merah Beracun Sebabkan Ratusan Ton Ikan Mati di Florida
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Pasang merah adalah fenomena alami yang telah diamati di Teluk Meksiko sejak zaman penjelajah Spanyol. Namun, fenomena ini diperburuk dengan adanya zat nitrogen.

WowKeren - Sebuah fenomena gelombang merah beracun telah melanda Tampa Bay Florida baru-baru ini. Akibat fenomena ini, ratusan ton ikan mati.

Para pejabat mengatakan lebih dari 600 ton ikan mati dan kehidupan laut lainnya telah terdampar di sepanjang garis pantai St. Petersburg dalam beberapa pekan terakhir. Sayangnya, belum ada tanda-tanda fenomena ini akan segera berakhir. Sejumlah ahli bahkan mengatakan masalahnya bisa bertahan selama berbulan-bulan.

"Teluknya tidak dalam kondisi bagus sekarang, setidaknya demikian," kata Robert Weisberg, profesor oseanografi fisik di University of South Florida, kepada Tampa Bay Times. "Prognosisnya tidak terlalu bagus."

Walikota St. Petersburg Rick Kriseman mengatakan pada konferensi pers hari Rabu bahwa bantuan negara diperlukan untuk mengatasi gelombang pasang merah ini. Sejauh ini, tidak ada pernyataan darurat yang datang dari Gubernur Ron DeSantis.


Ia menggambarkan kondisi kali ini cukup mengerikan sehingga wilayah tersebut perlu segera dibersihkan. Tak hanya itu, fenomena tersebut juga mengeluarkan bau yang menyengat.

"Saat ini, ini semua tentang pembersihan," kata Kriseman. "Ini cukup mengerikan. Bau itu menempel di hidung Anda. Plus, ada kerugian emosional melihat hewan mati terdampar hari demi hari."

Pasang merah adalah fenomena alami yang telah diamati di Teluk Meksiko sejak zaman penjelajah Spanyol. Namun, fenomena ini diperburuk dengan adanya zat nitrogen. Kehadiran mikroorganisme penghasil racun sebesar ini di Tampa Bay tidak biasa, dengan beberapa sampel menunjukkan konsentrasi 10 hingga 17 kali di atas apa yang dianggap tingkat tinggi.

Salah satu penyebab potensial adalah kebocoran puluhan juta galon air yang terkontaminasi dari pabrik pupuk Piney Point lama di sepanjang teluk di dekat Manatee County pada April lalu. Meski demikian, para ilmuwan belum menunjukkan penyebab terjadinya gelombang merah besar-besaran.

Namun mereka mengatakan jika kebocoran itu adalah kemungkinan yang utama. "Kami tidak punya alasan untuk tidak menghubungkan kedua hal itu bersama-sama," kata Maya Burke, asisten direktur Tampa Bay Estuary Program.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts