Kris Wu Resmi Ditahan Polisi atas Kasus Pemerkosaan, Ini yang Akan Terjadi
Selebriti
Isu Pelecehan Seksual Kris Wu

Dalam sebuah wawancara dengan media Tiongkok Sina, seorang pengacara Tiongkok Zhang Qi Huai menjelaskan apa arti penahanan ini bagi Kris Wu dan apa yang akan terjadi selanjutnya.

WowKeren - Polisi Tiongkok mengungkapkan pada 31 Juli bahwa mereka sekarang telah menahan Kris Wu atas dugaan pemerkosaan. Tindakan ini diambil kepolisian menyusul postingan Weibo yang meresahkan Du Meizhu tentang perilaku predator artis tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan media Tiongkok Sina, seorang pengacara Tiongkok Zhang Qi Huai menjelaskan apa arti penahanan ini bagi Kris Wu. Jika Polisi Chaoyang telah menahan Kris, artinya mereka telah menemukan bukti kejahatan. Pengacara kemudian menjelaskan apa yang akan terjadi selanjutnya.

"Kasus pidana biasanya dimulai dengan seseorang yang melaporkan kejadian tersebut ke badan keamanan publik. Setelah menerima laporan tersebut, penyelidikan pendahuluan dilakukan dan orang yang melaporkan menerima pemberitahuan yang menandakan bahwa kasus tersebut telah diterima," ungkap Zhang Qi Huai.

"Ini tidak berarti kasus tersebut telah diajukan. Kasus ini diajukan setelah penyelidikan awal menunjukkan bahwa laporan tersebut cukup substansial bagi badan keamanan publik untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk menyelidiki, jadi mengajukan kasus itu adalah langkah pertama," lanjutnya.


"Setelah kasus diajukan, polisi memulai penyelidikan dan mereka hanya menahan tersangka jika pada tahap awal mereka menentukan bahwa a. orang tersebut telah melanggar hukum dan perlu dihukum dan/atau b. kebutuhan untuk mencegah orang tersebut melakukan lebih banyak kejahatan atau membawa kerugian bagi masyarakat dan/atau c. bahwa ada kebutuhan untuk mencegah orang tersebut dari kemungkinan melarikan diri. dilakukan pada tahap awal penyelidikan kriminal."

"Biasanya, 'tersangka' dipanggil selama 12 jam dan ditahan pada tahap akhir kasus ketika telah berkembang menjadi sesuatu yang sah dan kompleks. Saat ini, Kris Wu sebenarnya ditahan, yang menandakan bahwa penyelidikan awal telah menunjukkan ada bukti bahwa telah terjadi suatu tindak pidana," pungkas Zhang Qi Huai.

"Ini bisa juga untuk mencegahnya melarikan diri, seperti keluar negeri atau bersembunyi sehingga penyidikan dan proses hukum tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sekali lagi, penahanan hanyalah dilakukan ketika ada pemahaman dasar tentang kebenaran dan bukti kejahatan yang telah terjadi," jelasnya.

Sementara itu, Du Meizhu yang mengaku sebagai salah satu korban membuat beberapa postingan di Weibo pada 8 Juli 2021, mengklaim bahwa ia ditipu untuk menghadiri pesta minum di rumah Kris Wu. Ia mengatakan bahwa penyanyi tersebut dibuat mabuk dan berhubungan seks dengannya, dan ia bukan satu-satunya korban.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts