Rilis Lagu 'Merah Putih', Iwan Fals Ajak Masyarakat Lebih Produktif dan Bangun Indonesia
Instagram/iwanfals
Musik

Iwan Fals merilis karya terbaru berjudul 'Merah Putih' di momen peringatan Kemerdekaan Indonesia. Iwan Fals mengajak masyarakat bersatu membangun negeri dalam lagu tersebut.

WowKeren - Sejumlah musisi memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 dengan meluncurkan karya terbaru. Salah satunya adalah musisi senior, Iwan Fals. Dikenal vokal menyuarakan kritik mengenai Indonesia, Iwan Fals kini merilis lagu berjudul "Merah Putih".

Iwan Fals merilis lagu Merah Putih tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 yang jatuh pada Selasa (17/8) kemarin. "Merah Putih" merupakan single kedua yang dari album yang sedang dipersiapkan. Lagu ini dirilis untuk merayakan Indonesia yang penuh dengan dinamika yang bergulir cepat.

"Indonesia, ya Indonesia; Merah Putih, Pancasila, NKRI dengan segala macam sejarahnya, baik yang modern atau masa lalu. Setiap Senin nyanyi Indonesia Raya di sekolahan. Terus kalau dalam kejuaraan menang, bangga setengah mati. Tanpa bisa dijelaskan kenapa bangga," kata Iwan Fals dalam siaran pers yang diterima baru-baru ini.

"Lalu kalau diledekin marah, juga sedih kok kita gini-gini aja. Padahal sudah merdeka, tapi masih banyak yang belum percaya kalau kita sudah merdeka. Ya, Indonesia di antara itu," sambungnya.


Iwan Fals ingin Indonesia terus bergerak dan berproses. Dia menganalogikan seperti gabungan dari melodi dan syair dalam konteks musik.

Iwan Fals pun mengajak masyarakat untuk mengambil sikap lewat lagu "Merah Putih". Iwan Fals ingin masyarakat Tanah Air bersatu dan tak saling mengusik satu sama lain demi membangun Indonesia ke agar lebih maju lagi. Iwan Fals juga berharap bahwa semangan nasionalisme tak luntur dan tetap diturunkan pada generasi muda.

"Ayo deh kita harmonis, jangan saling ganggu. Sadar bahwa kita semua ditunggu kematian. Tapi, jangan nyerah. Kita gembira aja menunggu itu datang sambil terus produktif. Karena kita punya generasi berikutnya. Kita jelasin, ‘Eh, jangan jadi pengecut. Elo gagah, kita bisa hadapin semuanya.’ Dan hidup itu kayak ngelempar gelas ke ubin; Pecahannya kita nggak pernah tahu ke mana itu. Seninya di situ," pungkasnya.

Seperti diketahui, bercerita tentang Indonesia bukan hal baru buar Iwan Fals. Sebagai penyanyi lawas, dia melewati berbagai fase penting yang terjadi di Tanah Air.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait