Birthday Spotlight: Happy Joy Day
Selebriti

Joy merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada 3 September kemarin. Ini menjadi tahun kedelapan pemilik nama asli Park Sooyoung tersebut yang dirayakan usai dirinya debut sebagai member Red Velvet

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, penyanyi populer yang juga sempat merambah dunia akting yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Joy Red Velvet.

Joy merayakan ulang tahunnya yang ke-25 (26 tahun menurut perhitungan Korea) pada 3 September kemarin. Ini menjadi tahun kedelapan pemilik nama asli Park Sooyoung tersebut yang dirayakan usai dirinya debut sebagai member Red Velvet, Agusts 2014. Tidak perlu berlama-lama, yuk intip perjalanan karier idol cantik ini.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Joy lahir di Pulau Jeju dan dibesarkan di Dobong, Seoul. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Sebagai seorang anak, Joy tertarik pada musik trot modern dan terpengaruh untuk menjadi penyanyi setelah menerima pujian untuk membawakan lagu band rock Korea Cherry Filter "Flying Duck" selama festival sekolah dasar.

Joy mengikuti audisi dan dicasting oleh SM Entertainment di SM Global Audition di Seoul pada tahun 2012. Pada Februari 2015, Joy lulus dari School of Performing Arts Seoul. Setelah dua tahun pelatihan, seorang pelatih vokal memberinya nama panggung "Joy".

Joy secara resmi diperkenalkan sebagai anggota keempat Red Velvet pada 29 Juli 2014. Joy adalah satu-satunya anggota grup yang tidak diperkenalkan sebagai bagian dari SM Rookies, tim pelatihan pra-debut yang dibuat oleh SM Entertainment. Red Velvet memulai debutnya pada Agustus 2014 dengan single digital "Happiness".

2. Debut


Debut

Pada 1 Agustus 2014, Joy melakukan debut resminya sebagai anggota Red Velvet, menjadi member termuda grup. Joy bersama Red Velvet menampilkan debut resmi mereka di program musik "Music Bank". Single debut "Happiness" dirilis secara digital pada 4 Agustus. Video musik resmi memperoleh ditonton lebih dari 2 juta kali di YouTube dalam 24 jam pertama rilis sebelum dihapus karena kontroversi gambar latar belakang yang bermasalah dan diganti dengan versi yang diedit.

"Happiness" adalah video musik K-Pop yang paling banyak dilihat di seluruh dunia untuk bulan Agustus 2014. Red Velvet juga merupakan grup cewek K-Pop pertama yang mengirim single debut mereka ke tangga lagu Billboard, di mana lagu menduduki peringkat 4.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Joy bersama Red Velvet meraih kemenangan pertama mereka di program musik "Music Bank". Grup tersebut melawan anggota Girl's Day, Minah untuk tempat pertama dengan title track mereka, "Ice Cream Cake".

Dengan 5.156 poin lebih dari 4.964 poin, Red Velvet meraih kemenangan pertama mereka sejak memulai debutnya pada 2014 dengan "Happiness". Para member terlihat menangis penuh emosi ketika mereka dengan tulus menyampaikan terima kasih kepada keluarga, agensi, penggemar, dan banyak lagi.

Sejak debut, Red Velvet telah merilis dua album studio, satu album repackage, satu album kompilasi, dan sembilan OST drama Korea, dengan sebelas di antaranya menduduki tangga lagu Gaon Album Chart Korea Selatan. Single mereka "Happiness", "Ice Cream Cake", "Dumb Dumb", "Russian Roulette", "Rookie", "Peek-a-Boo", "Bad Boy", dan "Psycho" semuanya masuk dalam lima besar di Gaon Digital Chart, sementara single mereka "Red Flavour" dan "Power Up" menduduki puncak tangga lagu pada rilis.

Dianggap sebagai salah satu grup K-Pop paling populer di dunia oleh Time dan Billboard, Red Velvet telah menerima beberapa penghargaan untuk musik, koreografi, dan popularitas, termasuk Golden Disc New Artist Award pada 2015 dan Mnet Asian Music Award untuk Best Female Group pada 2017.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
tvN

Pada Juni 2015, Joy memulai aktivitas televisi solo pertamanya dengan musim keempat variety show MBC "We Got Married" di mana ia dipasangkan dengan Sungjae BTOB. Pada November 2016, Joy berkolaborasi dengan Im Seulong dalam duet berjudul "Always In My Heart". Lagu ini mencapai nomor satu di beberapa tangga lagu dan nomor sepuluh di Gaon Digital Chart.

Pada 2017, Joy membuat debut aktingnya sebagai pemeran utama wanita dalam drama berbasis musik tvN "The Liar and His Lover", sebuah adaptasi Korea Selatan dari manga populer "Kotomi Aoki Kanojo wa Uso o Aishisugiteru". Untuk penampilannya sebagai aktris utama, Joy menerima Penghargaan Pendatang Baru di Penghargaan TV Kabel OSEN.

Pada 2018, Joy memulai posisi hosting tetap pertamanya sebagai co-host musim kedua "Sugar Man" JTBC bersama tokoh TV top Yoo Jae Seok, Yoo Hee Yeol, dan Park Na Rae. Pada tahun 2018, Joy membintangi drama MBC "Tempted", berdasarkan novel Prancis berjudul "Les Liaisons dangereuses".

Pada Januari 2019, diumumkan bahwa Joy terpilih menjadi pembawa acara utama program kecantikan populer OnStyle "Get It Beauty". Pada Maret 2020, Joy merilis OST solonya, "Introduce Me a Good Person" untuk soundtrack drama TVN "Hospital Playlist". Lagu ini mencapai nomor satu di beberapa tangga lagu, nomor lima di Billboard K-Pop Hot 100 Chart, nomor enam di Gaon Digital Chart, dan telah melampaui 493 Juta Poin Indeks Digital di Gaon.

Pada 12 Mei 2021, diumumkan bahwa Joy akan membuat debut solo resminya dengan album spesial bertajuk "Hello" yang terdiri dari 6 lagu remake dari tahun 1990-an hingga 2000-an. Semua 6 lagu dari album debut di Gaon Digital Chart, dengan Joy juga mencapai nomor satu sebagai solois di Melon Female Solo Artist Chart.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/_imyour_joy

Sepanjang kariernya sebagai idol, Joy tak pernah dililit kontroversi. Namun pada 23 Agustus, media Korea Sports Chosun mengabarkan bahwa Joy tengah menjalin hubungan asmara dengan musisi Crush. Mereka berdua sebelumnya pernah bekerja sama dalam proyek kolaborasi untuk salah satu rilisan Crush.

Menurut Sports Chosun, Joy dan Crush mulai memiliki perasaan suka untuk satu sama lain setelah bekerja sama dalam lagu "Mayday" yang dirilis pada 2020 lalu. Setelah menggarap lagu tersebut, mereka berdua tetap menjalin hubungan sebagai teman dekat.

Masih menurut Sports Chosun, Joy dan Crush baru mengembangkan hubungan menjadi sepasang kekasih belum lama ini. Keduanya memiliki ketertarikan yang sama dalam hal merawat hewan peliharaan dan kabarnya menikmati acara kencan sederhana dengan mengajak anjing mereka jalan-jalan.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/_imyour_joy

Pada 9 Juni 2021, diumumkan bahwa Joy bersama Red Velvet akan merilis album baru pada bulan Agustus. Pada 16 Agustus, mini album Korea keenam mereka, "Queendom" yang berisi enam lagu, termasuk title track dengan judul yang sama, dirilis.

Sedangkan untuk aktivitas solo, pada Juni 2021 lalu, telah dipastikan bahwa Joy akan kembali berakting dalam drama JTBC "Only One Person", yang akan tayang pada Desember 2021. Joy diharapkan akan tetap aktf di berbagai bidang seperti musik, akting, modelling, serta variety show.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru