40 Tahun Iwan Fals Tekuni Karate, Demi Jaga Keselamatan Keluarga?
Instagram/iwanfals
Selebriti

Iwan Fals mengungkap fakta mengejutkan mengenai kehidupannya di luar sebagai musisi. Tak disangka, Iwan Fals rupanya telah belajar bela diri Karate selama lebih dari 20 tahun.

WowKeren - Di usianya yang sudah tak muda lagi, Iwan Fals rupanya masih rajin belajar ilmu beladiri Karate. Bahkan Iwan Fals rupanya telah belajar karate selama 40 tahun. Awalnya, olahraga bela diri itu mulai ditekuni oleh Iwan Fals sejak usia 21 tahun.

Hal itu diketahui lewat obrolan Iwan Fals dengan Soleh Solihun di kanal YouTube miliknya. Dalam kesempatan itu, Iwan Fals mengungkap berbagai cerita kehidupannya dalam obrolan yang santai.

"Mulai pas anak saya lahir almarhum Galang belajarlah lebih tekun. Nah diumur 21 itu sampe sekarang belajar karate, sekitar 40 tahun lah ikut karate," ujar Iwan Fals di kanal YouTube Soleh Solihun, Senin (6/9).

Keputusan itu diambil Iwan Fals bukan tanpa alasan. Iwan Fals rupanya merasa perlu belajar ilmu bela diri agar bisa melindungi keluarganya. Iwan pun mengaku jika awalnya ia memang mempersiapkan ilmu bela diri yang dipelajarinya itu untuk perkelahian.


"Suatu saat keluarga saya terancam dulu. Akhirnya yaudah saya latihan aja. Ya, memang persiapan untuk berkelahi sebenarnya. Karena saya takut tadi makanya saya latihan," beber Iwan Fals.

Iwan Fals kemudian juga mengenang kembali momen-momen saat dirinya benar-benar semangat untuk berlahit karate . Tapi kini Iwan Fals menyebut antusiasnya tidak seperti dulu lagi.

"Biasanya kalau masih sabuk biru masih semangat tuh pengen praktekan, tapi setelah biru ke atas baru dah, Apalagi kalau sering komite (pertarungan) itu jadi males ya, karena sehari-hari bertarung kan," tutur Iwan Fals.

Tapi ternyata karate bukan satu-satunya olahraga bela diri yang dikuasai oleh musisi senior yang dihormati di dunia musik Indonesia itu. Iwan Fals ternyata juga pernah berlatih judo hingga pencak silat.

Kedua olahraga bela diri itu dipelajari Iwan Fals saat SD dan SMP. "Saya tuh SD sempet juara nasional Judo dulu awalnya,terus SMP sempet belajar silat," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru