Korea Utara Gelar Parade Di Tengah Krisis Pangan, Tubuh Kurus Kim Jong Un Jadi Sorotan
Dunia

Pada Kamis (9/9) dini hari, Korea Utara mengadakan parade tak biasa di tengah malam dalam rangka memperingati HUT negara yang dipimpin Kim Jong Un itu. Ada hal menarik yang menjadi sorotan publik dalam acara itu.

WowKeren - Korea Utara (Korut) telah melangsungkan Parade Militer pada Kamis (9/9) dini hari, sebagai peringatan hari jadi ke-73. Parade itu digelar dengan meriah oleh formasi jet tempur terbang dan jajaran pasukan yang diketahui mengenakan jas hazmat oranye. Namun dalam parade tersebut tidak terlihat ada nuklir balistik seperti biasanya.

Parade tersebut digelar di tengah krisis pangan yang saat ini dihadapi oleh Korut , sehingga menjadi sorotan publik. Seperti yang diketahui, Korut telah berjuang menghadapi krisis pangan yang memburuk dalam 10 tahun terakhir.

Selain itu, kondisi fisik Kim Jong Un yang terlihat lebih kurus dan energik itu juga menjadi sorotan publik. Pada parade tersebut, Kim tampak mengenakan setelan jas bernuansa warna krem saat muncul di tengah parade pada tengah malam di Lapangan Kim II Sung.

Dalam parade peringatan HUT Korut ke-73 itu, Kim tampak sumringah dan berseri-seri sambil melambaikan tangan kepada masyarakat. Ia juga memberikan sambutan hangat kepada anak-anak yang memberinya bunga, lalu berbincang dengan pejabat senior sepanjang acara.


Melansir AP News, kondisi fisik Kim itu disebut sebagai perubahan besar sejak 2018, saat sebuah TV menyiarkan Presiden Korut tersebut saat bersama dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in yang berjuang mengatur napas ketika menempuh perjalanan singkat ke Gunung Paektu selama periode keterlibatan diplomatik.

"Wajahnya jelas lebih kurus dan dia bergerak jauh lebih bersemangat," terang Park Won-gon yang merupakan seorang profesor studi Korut di Universitas Ewha Womans Seoul.

Penurunan berat badan Kim itu telah terlihat sejak Juni lalu, ketika ia tampil di hadapan publik untuk pertama kalinya setelah beberapa minggu tidak muncul, dalam rangka pertemuan partai. Beberapa pengamat Korut pun menyebut bahwa Kim telah kehilangan berat badan sekitar 10 hingga 20 kg.

Sebagian besar para ahli menyebut perubahan bentuk tubuh Kim itu tidak berkaitan dengan masalah kesehatan. Menurut mereka, itu merupakan upaya untuk memperbaiki berat badan yang mungkin juga memiliki tujuan politik.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru