Disebut Jadi Satu-Satunya Zona Merah COVID-19, Jokowi Bertolak Ke Aceh Tinjau Vaksinasi
Instagram/jokowi
Nasional
Vaksin COVID-19

Kota Banda Aceh diketahui menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Indonesia yang masih berada pada zona merah COVID-19. Di lain sisi, Presiden Jokowi bertolak ke Aceh dalam rangka kunjungan kerja.

WowKeren - Pandemi COVID-19 di Indonesia hingga saat ini belum juga berakhir, bahkan pemerintah telah menyebut tidak akan pernah hilang. Selain itu, saat ini pun pemerintah mulai mempersiapkan roadmap transisi dari pandemi ke endemi COVID-19.

Mengenai kondisi COVID-19 di Indonesia saat ini telah menunjukkan perubahan yang baik yakni terjadi tren penurunan selama beberapa waktu belakangan. Namun masih ada satu daerah yang termasuk ke dalam zona merah yakni Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Kota Banda Aceh disebut menjadi satu-satunya wilayah di Indonesia yang masih tercatat sebagai zona merah atau wilayah dengan tingkat penularan COVID-19 tinggi atau rawan. Hal ini sesuai dengan data terbaru Satgas COVID-19 per 12 September 2021. Sebaran wilayah zona merah ini sudah lebih sedikit dibandingkan pekan sebelumnya yang berada di angka 5 kabupaten/kota.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, pada Kamis (16/9) melakukan kunjungan kerja ke dua provinsi sekaligus hari ini. Adapun kunjungan itu ke Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19.


Jokowi dan rombongan bertolak dari Jakarta pada pukul 06.30 WIB, mereka menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI Au Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Aceh, Jokowi langsung menuju tempat pelaksanaan vaksinasi.

"Setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Besar, Presiden akan langsung menuju Desa Lambro Bileu, Kecamatan Kuta Baro, untuk meninjau kegiatan vaksinasi bagi masyarakat secara pintu ke pintu," bunyi keterangan Sekretariat Presiden.

Selain itu, Jokowi juga akan meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pondok Pesantren/Dayah Istiqamatuddin Darul Mu'arrif. Vaksinasi tersebut ditujukan kepada santri dan pelajar. Tak hanya itu, Jokowi juga akan memberikan arahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seluruh Aceh.

Setelah itu, Jokowi dijadwalkan terbang ke Sumatera Utara untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Dusun 1, Desa Emplasmen Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, dan juga SMKN 1 Beringin. Kemudian Jokowi dijadwalkan kembali ke Jakarta pada sore hari.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts