Jokowi Dan Anies Divonis Bersalah, Melanie Subono Sebagai Penggugat Beri Reaksi Ini
Instagram/melaniesubono
Selebriti

Presiden Joko Widodo hingga Anies Baswedan divonis bersalah dalam gugatan polusi DKI Jakarta. Lantas Melanie Subono selaku penggugat memberikan reaksi berikut ini atas kabar tersebut.

WowKeren - Baru-baru ini Melanie Subono terlihat mengungkapkan rasa bahagianya di media sosial. Hal ini lantaran Pengadilan Negeri Jakarta Pusat telah menjatuhkan vonis bersalah Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Anies Baswedan dan beberapa kepala daerah lainnya.

Diketahui bahwa Melanie bersama 31 penggugat memenangkan gugatan terhadap Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Banten dan Gubernur Jawa Barat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Para petinggi negara itu divonis bersalah atas kelalaian lingkungan yang diajukan penggugat sejak 2019, mengatasnamakan Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibu Kota).

Kendati demikian, kini Melanie pun merasa bahwa vonis tersebut adalah kemenangan rakyat. “People power. Setelah dua tahun sidang mulu, diulur ulurlah akhirnya kemarin kita, kalian menang!,” ungkap Melanie mengiringi postingannya.


Melanie kemudian menerangkan jika gugatan itu berangkat dari rasa sedihnya soal Jakarta sering menjadi kota terpolusi di dunia. "Padahal kita bahkan enggak ada pabrik. Makanya kota-kota sebelah yang mengirimkan kita imbas, pun tergugat. Plus KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup). Sedih liat angka kematian bayi tinggi dll. ISPA. Orang lansia. dan lainnya,” sebutnya.

Selain menuntut para tergugat, Melanie juga menjelaskan jika dirinya sendiri juga sedang berupaya mengurangi polusi udara. “Di awal mulai gugatan ini, gue sudah enggak punya mobil. Enggak punya hairdryer, microwave dan lain-lain. Dan hari ini gue sudah berhasil mengurangi rokok dari dua bungkus jadi 5 batang dan gradually harus turun,” terangnya.

Mengakhiri ulasannya, Melanie pun mengingatkan agar apa yang sudah diputuskan pengadilan atau gugatannya jangan dipolitisasi. Ia juga mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan padanya.

Karena ini terjadi di tiap pemimpin. Baru kali ini aja pengadilan mau menerima dan gue ada yang ngajarin dan ngajak. Anyway makasih buat support ya, dijaga ya plis,” pungkasnya.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru