TikTok Tiongkok Batasi Akses Pengguna di Bawah 14 Tahun Maksimal 40 Menit Sehari
Max Pixel
Dunia

TikTok versi Tiongkok, Douyin, membatasi akses pengguna berusia di bawah 14 tahun menjadi maksimal 40 menit dalam sehari. Aplikasi juga tidak bisa diakses pada pukul 22.00-06.00.

WowKeren - Beberapa pekan lalu pemain permainan online di Tiongkok dibuat geger dengan pembatasan akses untuk pengguna berusia muda. Dan kini giliran aplikasi media sosial Douyin, yang merupakan versi Tiongkok dari TikTok, untuk membatasi jam akses penggunanya yang masih berusia di bawah 14 tahun.

Douyin kini membatasi durasi akses mereka menjadi maksimal 40 menit per hari. Selain itu akses mereka terhadap Douyin juga dilarang selama pukul 22.00 sampai 06.00 waktu setempat, atau dengan kata lain di jam istirahat.

Douyin mengklaim pembatasan ketat yang dilakukannya memiliki tujuan mulia. "Yakni melindungi remaja," tegas Douyin, dalam keterangan resmi perusahaannya, dikutip dari Mothership, Selasa (21/9).

Semua remaja berusia di bawah 14 tahun secara otomatis akan diarahkan ke "mode remaja" dan tidak ada opsi untuk keluar dari mode tersebut. Konten yang ditampilkan untuk mereka yang mengaktifkan "mode remaja" atau "mode pemuda" ini pun akan diatur sedemikian rupa.


"Memuat tentang eksperimen menarik, pameran museum dan seni, pemandangan indah di seluruh negeri, fakta sejarah, dan lain-lain," tutur Douyin. "Kami ingin merangsang minat remaja di bidang tertentu dan memungkinkan mereka untuk belajar saat menonton video."

Douyin pun menegaskan bahwa langkah ketat ini merupakan yang pertama dilakukan di kalangan platform aplikasi video pendek lain. Dengan pembatasan ini, nantinya bila sudah mencapai maksimal 40 menit pemakaian, akan keluar pemberitahuan "untuk beristirahat" disertai pukul berapa aplikasi bisa kembali diakses oleh para pengguna muda tersebut.

Sebelumnya beredar pula kabar bahwa Douyin sebenarnya hendak menerapkan dua pengaturan durasi maksimal pemakaian aplikasi untuk pengguna muda. Yaitu 40 menit sehari saat akhir pekan, dan 30 menit sehari selama hari kerja.

Sementara itu, Beijing pun juga menyampaikan pembatasan ketat durasi bermain online untuk pengguna di bawah usia 18 tahun. Per 1 September 2021 kemarin, pemerintah mengatur penyedia permainan online hanya boleh menawarkan layanan mereka ke pengguna di bawah 18 tahun maksimal 1 jam sehari, yakni pukul 20.00-21.00 pada hari Jumat, akhir pekan, dan libur nasional.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts