Saudara Kembar Identik Asal Jepang Berusia 107 Tahun Dinobatkan Sebagai yang Tertua di Dunia
guinnessworldrecords.com
Dunia

Pada 1 September, Umeno Sumiyama dan Koume Kodama telah mencatat rekor dengan usia 107 tahun dan 300 hari, memecahkan rekor sebelumnya yakni 107 tahun 175 hari.

WowKeren - Dua saudara perempuan Jepang berusia 107 tahun dan 300 hari telah disertifikasi sebagai kembar identik tertua di dunia. Guinness World Records Jepang mengatakan pada Senin (20/9) mereka juga menjadi orang tertua yang pernah tercatat sebelumnya.

Pada 1 September, Umeno Sumiyama dan Koume Kodama telah mencatat rekor mereka. Keduanya melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh saudara kembar selebritas Jepang yang berusia seratus tahun, Kin Narita dan Gin Kanie.

Kin Narita dan Gin Kanie sebelumnya mencatat rekor dengan usia 107 tahun 175 hari. Namun, keduanya kini telah meninggal. Narita meninggal pada tahun 2000 dan Kanie pada tahun 2001. Keduanya telah dikenal publik sebagai Kin-san dan Gin-san, kakak beradik ini terkenal di Jepang, telah muncul di berbagai acara televisi dan iklan.

Sementara itu, Sumiyama dan Kodama lahir pada 5 November 1913, di Pulau Shodo, Prefektur Kagawa. Mereka adalah anak ketiga dan keempat dari total 11 bersaudara. Mereka hidup terpisah setelah lulus dari sekolah dasar. Namun menurut sertifikasi, keduanya mulai berziarah ke 88 kuil di Pulau Shikoku pada usia 70-an.


Guinness World Records melaporkan bahwa kedua pemegang rekor itu pada dahulu kala sempat bercanda untuk mengalahkan rekor yang dibuat oleh Narita dan Kanie. Siaran tersebut juga mengatakan bahwa Komiyama yang menderita kehilangan ingatan mengalami kesulitan memahami penghargaan yang diperolehnya.

Berbeda dengan Sumiyama, ia menangis saat menerima sertifikat dari staf di fasilitas tersebut. Keduanya diketahui tinggal di panti jompo yang terpisah.

Sementara itu di Jepang, tidak sedikit orang yang berusia 100 tahun atau lebih. Jumlah orang berusia 100 atau lebih di negara itu diperkirakan mencapai 86.510, sebagaimana dilaporkan Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan pekan lalu. Jumlah ini menjadi rekor baru untuk negara tersebut.

Usia senior di Jepang menyumbang 29,1 persen dari populasinya pada bulan ini. Institut Nasional Penelitian Kependudukan dan Jaminan Sosial memproyeksikan bahwa lansia Jepang akan mencapai 30 persen dari populasi pada tahun 2025 dan 35,3 persen pada tahun 2040.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts