Pernah Jadi Pemulung, Wali Kota Manila Kini Siap Maju Pilpres Filipina 2022
Facebook/Isko Moreno Domagoso
Dunia

Isko Moreno diketahui pernah menjadi seorang pemulung kala masih anak-anak sebelum akhirnya sukses menjadi aktor dan kemudian terjun ke dunia politik serta menjabat sebagai Wali Kota Manila.

WowKeren - Wali Kota Manila, Francisco Domagoso atau akrab disapa Isko Moreno, menyatakan niatnya untuk menjadi Calon Presiden di Pilpres Filipina 2022. Kepada Associated Press, Moreno yang pernah menjadi seorang pemulung mengaku akan terus memerangi pandemi COVID-19 serta mempromosikan demokrasi jika ia menang dalam pemilihan 9 Mei 2022 mendatang.

Moreno diketahui pernah menjadi seorang pemulung kala masih anak-anak sebelum akhirnya sukses menjadi aktor dan kemudian terjun ke dunia politik. Moreno mendeklarasikan pencalonannya dalam pidato di sebuah sekolah umum di daerah kumuh dekat tempat dia dibesarkan.

Moreno menggandeng seorang dokter ahli jantung bernama Willie Ong sebagai Calon Wakil Presiden-nya. Diketahui, Willie Ong kerap memberikan nasihat medis untuk orang Filipina biasa di akun Facebook-nya yang memiliki lebih dari 16 juta pengikut.

"Dengan segala kerendahan hati, saya umumkan kepada Anda saudara-saudara sebangsa saya, Mei mendatang, terimalah lamaran saya sebagai Presiden Filipina," ujar Moreno yang disambut tepuk tangan para pendukungnya.


Lebih lanjut, Moreno mengaku pencalonan dirinya ini bukan didorong oleh ambisi tinggi, melainkan oleh keadaan negara yang dinilainya menyedihkan. Ia mengkritik tanggapan pandemi pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte, termasuk kurangnya obat-obatan yang menyelamatkan jiwa untuk memerangi COVID-19.

"Saya telah menarik diri saya keluar dari selokan tanpa dibantu oleh Daddy Warbucks," kata Moreno. Diketahui, Daddy Warbucks adalah karakter fiksi dari komik strip "Little Orphan Annie" yang menggambarkan seorang dermawan kaya yang filantropis.

Moreno menambahkan bahwa dirinya percaya pada kerja keras dan bicara lurus. Tentang orang miskin, Moreno berkata, "Anda memberi mereka perlakuan dengan karpet merah, bukan birokrasi berlebihan (red tape)."

Pria berusia 46 tahun dinilai akan mengandalkan kisah hidupnya yang berawal dari kesusahan hingga menuju kesuksesan. Selain itu, Moreno juga didukung oleh tampang bintang filmnya serta proyek-proyek sukses penuh pujian di Manila.

Meski demikian, Moreno akan menghadapi politisi dan selebriti nasional yang tangguh di Pilpres Filipina 2022. Bintang tinju internasional Manny Pacquiao dan mantan Kepala Polisi Nasional Filipina Panfilo Lacson juga telah menyatakan niat mereka untuk mencalonkan diri.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts