Thailand 'Buka Pintu' Mulai November, Pendatang yang Sudah Divaksin Hanya Karantina 7 Hari
Dunia
Pandemi Virus Corona

Thailand melanjutkan rencana pembukaan Bangkok cs mulai November 2021. Namun per 1 Oktober besok, seluruh pendatang yang sudah divaksinasi boleh hanya menjalani karantina 7 hari setibanya di Thailand.

WowKeren - Thailand terus mempersiapkan pelonggaran pembatasan COVID-19. Salah satu keputusan yang diambil dalam rapat Pusat Situasi Administrasi COVID-19 Thailand (CCSA) pada Senin (27/9) hari ini adalah rencana pembukaan 10 provinsi yang siap dilanjutkan pada November 2021 mendatang.

Kesepuluh provinsi yang dimaksud adalah Bangkok, Krabi, Phang Nga, Prachuap Khiri Khan (Hua Hin and Nong Gae), Phetchaburi (Cha-am), dan Chon Buri (Pattaya, Bang Lamung, Jom Thien, Bang Sare). Lalu ada pula Ranong (Koh Phayam), Chiang Mai (Muang, Mae Rim, Mae Taeng, and Doi Tao), Loei (Chiang Khan), dan Buriram (Muang).

Bukan hanya itu, pemerintah Thailand juga akan melonggarkan kewajiban karantina untuk para pendatang. Kewajiban karantina untuk pendatang per 1 Oktober 2021 besok resmi dikurangi dari 14 ke 7 hari, khusus untuk pendatang yang sudah menerima vaksinasi COVID-19.

Tentu pelonggaran ini berarti tidak berlaku untuk pendatang yang belum divaksin atau tak bisa membuktikan status vaksinasi mereka. Khusus kategori ini harus menghadapi karantina selama 10-14 hari.


Mengutip The Thaiger, CCSA juga memberi restu perpanjangan kembali dekrit darurat COVID-19 hingga akhir November 2021. Sebelumnya dikabarkan dekrit ini siap dicabut pada rentang September-Oktober menyusul semakin baiknya pengendalian COVID-19 di Thailand.

CCSA juga akan mengurangi ketentuan jam malam yang berlaku di provinsi-provinsi "merah gelap" seperti Bangkok. Bila sebelumnya jam malam berlaku mulai pukul 21.00 sampai 04.00, kini diubah menjadi 22.00 sampai 04.00, demikian dilansir dari Thai PBS World.

Meski demikian, per 1 Oktober 2021 pula bisnis-bisnis di provinsi merah gelap bisa kembali dibuka. Seperti sekolah anak usia dini dan penitipan anak, gym, spa, salon tato, hingga bioskop. Pusat perbelanjaan juga boleh buka sampai pukul 21.00, sedangkan bar dan klub malam masih belum diizinkan buka hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sebelumnya pemerintah Thailand menjadi bulan-bulanan pengusaha karena menunda kembali jadwal pembukaan 10 provinsi seperti Bangkok. Sedianya Bangkok dkk dibuka per Oktober 2021, namun akhirnya ditunda ke bulan November.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts