Presiden Korea Selatan Dukung Larangan Konsumsi Daging Anjing
pixabay.com/Ilustrasi/Vizslafotozas
Dunia

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Moon saat bertemu dengan Perdana Menteri Kim Boo-kyum. Keduanya membahas rencana meningkatkan perawatan untuk hewan peliharaan yang ditelantarkan.

WowKeren - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada hari Senin (27/9) ikut mendorong kemungkinan terciptanya larangan nasional untuk mengonsumsi daging anjing. Konsumsi daging anjing di negara itu telah menjadi sebuah praktik tradisional yang menurun dalam beberapa tahun terakhir, namun masih dianggap legal.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Moon selama menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Kim Boo-kyum. Keduanya membahas rencana untuk meningkatkan perawatan untuk hewan peliharaan yang ditelantarkan oleh para pemiliknya.

Kantor berita Yonhap mengatakan bahwa Moon telah membuka kemungkinan untuk mempertimbangkan larangan tersebut. "Bukankah sudah waktunya untuk mempertimbangkan dengan hati-hati untuk melarang konsumsi daging anjing?" Moon bertanya selama pertemuan itu.

Korea Selatan memang telah memiliki undang-undang yang melarang perilaku kejam terhadap hewan maupun hewan peliharaan. Namun, negara itu belum memiliki undang-undang yang melarang konsumsi daging anjing.


Seoul dapat mengumumkan tindakan yang melarang konsumsi daging anjing secepatnya minggu ini. Sementara itu diketahui dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah peternakan anjing telah ditutup.

Hal ini disebabkan karena popularitas untuk mengonsumsi daging anjing mulai menurun di tengah masyarakat. Moon adalah pecinta anjing yang terkenal dan memiliki beberapa ekor yang tinggal bersamanya sebagai hewan peliharaan di Gedung Biru kepresidenan.

Pada tahun 2020 lalu, banyak dari peternakan di Korea Selatan telah ditutup, yang mana penutupan ini difasilitasi oleh kelompok hak asasi hewan yang berbasis di Washington D.C., Humane Society International. Daging anjing biasanya dikonsumsi pada hari-hari terpanas musim panas.

Namun seiring berjalannya waktu, daging anjing semakin tidak disukai, terutama di kalangan anak muda Korea. Sebuah jajak pendapat Nielsen yang disponsori oleh HSI, menemukan bahwa 84 persen orang Korea Selatan mengatakan mereka tidak mengonsumsi daging anjing atau tidak akan memakannya di masa depan.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts