Jubir Presiden Sebut Indonesia Sebagai Salah Satu Negara Terbaik Tangani Pandemi COVID-19
Twitter/fadjroeL
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Angka kasus COVID-19 saat ini telah jauh menurun dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini merupakan buah manis dari kebijakan yang telah diterapkan pemerintah selama ini.

WowKeren - Pandemi COVID-19 di Indonesia hingga saat ini masih belum berakhir juga. Meski demikian, angka kasus COVID-19 di Indonesia telah mengalami tren penurunan. Hal ini merupakan buah hasil dari kerja keras pemerintah dan juga masyarakat.

Fadjroel Rahman selaku Juru Bicara (Jubir) Presiden Joko Widodo menuturkan bahwa Jokowi telah bekerja keras selama dua tahun demi menyelamatkan Indonesia dari ancaman pandemi COVID-19, baik di bidang kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Menurutnya, kebijakan yang telah diterapkan Jokowi selama ini bertumpu pada kondisi yang sesuai.

"Kebijakan Presiden Joko Widodo bertumpu pada aspirasi rakyat, sains, good governance, demokrasi, dan konstitusi," beber Fadjroel dalam keterangan, Selasa (28/8). "Oleh karenanya, Presiden menciptakan strategi yang sesuai (kontekstual) dengan kondisi sosial Indonesia yaitu pendekatan keseimbangan kesehatan dan ekonomi melalui praktik ‘gas dan rem’."

Lebih lanjut, Fadjroel mengungkapkan bahwa kondisi Indonesia saat ini merupakan bukti dari kebijakan Jokowi telah berhasil mengatasi pandemi dibandingkan negara-negara lain. Bahkan Fadjroel menyebut bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terbaik dalam penanganan COVID-19.


"Keberhasilan ini merupakan buah dari upaya Presiden Joko Widodo memperkuat pemerintahan secara kolektif kelembagaan (governing government), bergotong-royong dalam penanganan pandemi," beber Fadjroel. "Selain menunjukkan kepemimpinan sebagai governing president."

Sementara itu berdasarkan rilis survei dari Indikator Politik Indonesia, menunjukkan bahwa ikhtiar Jokowi pada penguatan kinerja pemerintahan berhasil dengan baik. Berdasarkan hasil survei tersebut, 81,5 persen masyarakat puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani pandemi melalui protokol kesehatan (prokes). Kemudian 77,6 persen masyarakat menilai pemerintah tegas melalui kebijakan prokes.

Fadjroel mengungkapkan bahwa Jokowi terus membangun kinerja kelembagaan pemerintahan sebagai kunci kesuksesan penanganan pandemi COVID-19. Mengenai kekurangan yang ditunjukkan oleh hasil survei, bisa menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah.

"Presiden Joko Widodo telah melaksanakan kewajiban konstitusionalnya dan tetap menjunjung tinggi prinsip bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," tandas Fadjroel.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts